Tari Mejeng Besuko, Warisan Budaya dari Indonesia bagian Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Tari Mejeng Besuko, Warisan Budaya dari Indonesia bagian Selatan

Tari Mejeng Besuko

Tari Mejeng Besuko - ftoo diansilva2.blogspot.com

Tari Mejeng Besuko – Jika sudah membahas tentang budaya yang ada di Indonesia, tak bisa di pungkiri memang. Kita akan terus membicarakannya dengan berbagai sudut pandang dan berbagai pendapat yang ada.

Mengingat topik budaya merupakan topik yang akan selalu di bahas dan pembahasannya tidak akan selesai dalam satu maupun dua sesi. Termasuk Tari Mejeng Besuko dari Sumatera Selatan ini.

ASAL-USUL & SEJARAH TARIAN MEJENG BESUKO

Kota Palembang

Kota Palembang – foto jolygram.com

Tari Mejeng Besuko, merupakan tarian yang terlahir di tanah Sumatera Selatan, serta mempunyai makna di dalamnya. Ya, tari tradisional yang ada di Indonesia, pasti sudah memiliki banyak makna di dalamnya, dan hal tersebut memberikan wawasan luas kita kembali tentang budaya yang ada di Indonesia.

Tari ini merupakan tarian yang di maknai sebagai tanda dimana para remaja Sumatera Selatan sedang merasakan kebahagiaan akan sebuah acara pertemuan ataupun perjodohan yang di laksanakan oleh keluarga mereka.

Hal ini dikarenakan gerakan dari tari tersebut yang otomatis merepresentasikan bahwa mereka sedang berbahagia dan bersenda gurau, membuat para lawan jenis tertarik dengan mereka, dan bersedia menikah dengan mereka.

Baca juga yuk:

FUNGSI TARI MEJENG BESUKO

Tari Mejeng Besuko

Tari Mejeng Besuko – ftoo diansilva2.blogspot.com

Seperti yang sudah di singgung, dahulu tarian ini sering digunakan untuk memberikan tanda bahwa ada atau sedang diadakan sebuah pertemuan tertentu, atau ada salah satu keluarga yang sedang menjodohkan anak mereka dengan pria pilihan orang tua.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa tarian ini merupakan tarian yang sering di pakai sebagai alternatif untuk bisa menarik lawan jenis agar tertarik dengan mereka yang sedang menari, lalu mereka akhirnya mau menikah dan menjalani rumah tangga.

Leave a Reply