Pulau Lancang, Pulau Indah Lainnya di Kepulauan Seribu Jakarta - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pulau, Alam

Pulau Lancang, Pulau Indah Lainnya di Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Lancang

Pulau Lancang | Foto @lancang_island

Pulau Lancang – Tak banyak yang mengetahui dan mendengar keberadaan Pulau Lancang. Memang pulau ini tidak setenar pulau lain karena kebanyakan wisatawan lebih mengetahui pulau-pulau terkenal di sekitarnya seperti Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Pramuka atau Pulau Tidung yang sampai saat ini telah berkembang menjadi potensi wisata di Kepulauan Seribu.

Padahal Pulau Lancang adalah salah satu pusat kelurahan yang ada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pulau Lancang merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia.

Transportasi Menuju Pulau Lancang

Transportasi Menuju Pulau Lancang

Transportasi Menuju Pulau Lancang, Pulau Indah Lainnya di Kepulauan Seribu Jakarta | Foto : jejakpiknik.com

Durasi perjalanan ke Pulau Lancang tidak terlalu lama. Ada dua pelabuhan yang menjadi titik awal keberangkatan menuju Pulau Lancang. Pertama, kalian dapat melalui dermaga Muara Angke Kali Adem dengan menggunakan kapal cepat yaitu krapu sebesar Rp42.000 per orang.

Pembelian tiket baru dibuka mulai pukul 07.30 WIB. Kalian bisa datang lebih awal untuk mengurangi risiko kehabisan tiket karena kapal yang tersedia masih terbatas. Perjalanan dari dermaga ke Pulau Lancang kurang lebih di tempuh dalam waktu 45 menit, sedangkan keberangkatan dari Pulau Lancang ke Jakarta adalah pukul 15.00 WIB.

Kedua, kalian bisa melalui dermaga Rawasaban Tangerang dengan harga yang lebih murah yaitu sebesar Rp10.000 per orang. Akan tetapi, keberangkatan dari sini menggunakan kapal ferry tradisional. Keuntungan jika kalian menaiki kapal ini, ialah kalian dapat melihat pulau-pulau di Kepulauan Seribu lainnya sepanjang jalan menuju Pulau Lancang.

Potensi Pulau Lancang, Pulau Indah Lainnya di Kepulauan Seribu Jakarta

Sunset Pulau Lancang

Sunset di Pulau Lancang, Pulau Indah Lainnya di Kepulauan Seribu Jakarta | Foto : @lancang_island

Mengingat bahwa Pulau Lancang berbentuk pulau, mayoritas penduduk Pulau Lancang jelas adalah nelayan. Seringnya, nelayan pulau ini akan pergi ke laut sekitar pukul 5 sore hingga pukul setengah tujuh pagi.

Berbeda dengan nelayan pancing baronang dan nelayan slulup/bubu, biasanya mereka pergi melaut antara pukul enam pagi hingga pukul 10 siang. Selanjutnya sekitar pukul 05.30 WIB ikan hasil tangkapan dibawa ke pantai sekitar Pulau Lancang untuk dijual kepada tengkulak.

Sebelumnya tengkulak telah memberikan modal dan atau pinjaman kepada para nelayan untuk kebutuhan sehari-harinya. Hal tersebut berdampak pada nelayan Pulau Lancang yang tidak memiliki pilihan lain untuk menjual hasil tangkapannya kecuali kepada tengkulak.

Obyek Wisata di Pulau Lancang

Obyek wisata di Pulau Lancang, Pulau Indah Lainnya di Kepulauan Seribu Jakarta memiliki pesona keindahan yang sangat rugi untuk dilewatkan. Secara bertahap, obyek wisata Pulau Lancang saat ini sudah mulai berkembang menjadi potensi wisata di Kepulauan Seribu dan saat ini sudah memiliki cukup banyak wisatawan domestik.

Leave a Reply