Bukit

Rute Menuju Puncak Tempurung Garden Sarolangun, Negeri di Atas Awan

lautan awan di Bukit tempurung

lautan awan di Bukit tempurung - foto ig @widarto_sf

Puncak Tempurung Garden Sarolangun adalah destinasi wisata yang hits dan terkenal di Indonesia. Pengunjung yang datang ke tempat ini juga banyak, dan selalu bertambah di setiap harinya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya screen shoot foto puncak yang tersebar di jagat maya.

Puncak Tempurung Garden

Puncak Tempurung Garden – foto ig @arif_prasetyo25

Serta jika dilihat secara saksama dari unggahan tersebut, memang layak kalau destinasi ini diminati oleh banyak traveler.

Nah, untuk artikel travelling berikut ini, akan dijelaskan review singkat tentang Puncak Tempurung Garden.

Ulasannya seputar pesona dan rute menuju lokasi. Sedangkan di akhir nanti juga akan dijabarkan tentang harga tiket masuknya. Ini penjelasan selengkapnya:

Pesona Puncak Tempurung Garden

lautan awan di Bukit tempurung

lautan awan di Bukit tempurung – foto ig @widarto_sf

Puncak Tempurung Garden disebut “Negeri di Atas Awan’, karena destinasi ini memang berada di atas ketinggian. Tepatnya di atas Bukit Tempurung yang memang terkenal indah serta eksotis.

Salah satu pesona puncak terjadi ketika sunsite atau sunrise. Yang mana, ketika tiba di dua waktu tersebut, pemandangan bukit begitu luar biasa.

Pendar cahaya matahari yang redup disertai suhu yang sejuk menimbulkan sensasi kesyahduan yang tidak bisa dijelaskan keindahannya.

Baca juga :

Puncak Tempurung Garden Sarolangun

Puncak Tempurung Garden Sarolangun – foto ig @ronypart96

Pesona berikutnya adalah terdapat talun atau air terjun yang unik karena memiliki undakan mencapai 7 tingkat.

Lokasi curug ini tepat di lereng bukit dan berada di dalam hutan yang asri dan teduh. Karena adanya pesona talun inilah Puncak Tempurung Garden diharapkan bisa masuk 10 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Fasilitas Wisata Puncak Tempurung Garden

Puncak Tempurung Garden

Puncak Tempurung Garden // JALANBARENG.com

Karena sudah banyak traveler yang datang ke Puncak Tempurung Garden Sarolangun, maka pihak pengelola bersama warga setempat pun mulai membangun fasilitas wisata yang bagus.

Kabarnya, semua biaya pembangunan diambil dari anggaran Bumdes. Ini dia fasilitas yang dimaksud:

1. Homestay

Bukit Tempurung Batang Asai.

Bukit Tempurung Batang Asai – foto ig @al_dy_27

Karena destinasi di Puncak Tempurung Garden dibuka selama 24 jam, tentu dibutuhkan tempat menginap yang layak dan harganya terjangkau. Oleh sebab itu, pihak pengelola pun telah membangun homestay yang bagus.

Namun untuk menggunakan fasilitas ini, pengunjung harus memesan terlebih dahulu. Karena unitnya masih tidak terlalu banyak bahkan sebagian masih sedang dalam tahap pembangunan.

2. Gardu Pandang

puncak bukt tempurung

puncak bukt tempurung – foto ig @dang_edi

Fasilitas yang berikutnya di Puncak Tempurung Garden adalah gardu pandang. Satu tempat rehat tepat di posisi yang lapang dan lebih tinggi dibandingkan kawasan puncak selainnya. Dari sini, traveler bisa melihat sunsite dan sunrise dengan leluasa.

Untuk menggunakan fasilitas ini, pengunjung tidak ditarik biaya sepeserpun alias gratis. Namun, pastikan tetap menjadi kebersihan dan keamanan dengan senantiasa mematuhi ketentuan yang ada.

3. Gazebo Sederhana

Ketika memasuki pintu gerbang puncak hingga ke pusat wisata, pihak pengelola sudah menyediakan gazebo sederhana tempat para pendaki untuk melepas penat. Bahkan, sebagian juga dibangun di talun 7 tingkat dan di tugu teropong.

Sekalipun gazebo hanya terbuat dari kayu, tetapi karena dibuat oleh ahli, gazebo memiliki kekuatan yang maksimal. Ukurannya juga besar dan bisa dipakai istirahat oleh seluruh anggota keluarga.

Rute Menuju Puncak Tempurung Garden Sarolangun

Bukit tempurung

Bukit tempurung – foto ig @wilgosyahputra_09

Puncak Tempurung Garden Sarolangun berada di Bukit Tempurung tepatnya beralamat di Lubuk Bangkar, kecamatan Batang Asai kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi.

Rute terdekat ke lokasi adalah melalui Kabupaten Sarolangun yang berjarak 90 km saja. Jika melalui jalur ini, traveler cukup berkendara selama dua jam saja dengan kecepatan sedang.

Silakan berangkat dari Alun-alun Kabupaten Sarolangun menuju Desa Lubuk Bangkar.

Jika sudah sampai di pintu gerbang bukit, traveler harus berjalan kaki sepanjang 1,5 km ke arah lereng bukit. Baru setelah itu dilakukan pendakian sepanjang 900 meter ke destinasi wisata.

Harga Tiket Masuk Puncak Tempurung Garden Sarolangun

Puncak Tempurung Batang asai

Puncak Tempurung Batang asai – foto ig @
batangasaiindonesia

Untuk tiket masuk tempat wisata dijual dengan harga terjangkau. Per-orang hanya membayar Rp3.500 saja dan beban parkir Rp3.000. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah bisa menggunakan fasilitas yang ada.

Jika ingin menginap, maka dibutuhkan biaya baru untuk membayar homestay atau penginapan. Namun, jika pengunjung ingin camping, maka tinggal membawa perlengkapannya saja dari rumah.

Itulah review singkat tentang Puncak Tempurung Garden Sarolangun. Tempat wisata paling hits di Propinsi Jambi yang saat ini sudah mulai berdandan.

Leave a Reply