Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 1

Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi – Lagi berkunjung ke Provinsi Jambi? Jangan lewatkan kesempatan kamu buat jalan – jalan ke Muaro Jambi.

Selain Wisata Di Bangko Kabupaten Merangin, kabupaten dengan pusat pemerintahan di wilayah Sengeti ini punya berbagai destinasi menarik buat kamu para traveler lho! Apa saja tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi?

Berikut ini 6 tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi yang bisa jadi rekomendasi jalan – jalan kamu. Yuk, disimak ya!

Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi Terbaik

1. Lubuk Penyengat

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 2

Lubuk Penyengat – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: aknesta

Lubuk Penyengat berada di Desa Baru yang bisa kamu capai dengan menempuh perjalanan sekitar 15 km dari Kota Jambi. Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi yang satu ini baru dikembangkan sejak satu tahun terakhir.

Pada awalnya Lubuk Penyengat hanya berupa aliran sungai biasa yang bahkan sebagian tertutup oleh rumput – rumput dan semak liar ciri khas ekologi daerah gambut. Di bagian lubuk yang memiliki panjang sekitar 100 meter, aliran sungainya terlihat tenang dan bentuknya seperti danau.

Oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) setempat, kemudian tempat ini disulap menjadi tempat yang unik dan menarik sehingga menjadi Lubuk Penyengat sekarang ini dengan memanfaatkan potensi yang ada semaksimal mungkin.

Di sini kamu bisa menikmati suasana asri dan teduh sambil berfoto dengan latar yang instagramable. Ada beberapa spot unik dan menarik untuk kamu coba, mulai dari patung rotan berbentuk telapak tangan sampai ayunan yang mirip sarang burung dengan pemandangan air sungainya.

Lubuk Penyengat cocok buat kamu yang ingin berlibur santai sembari disuguhkan dengan pemandangan alam yang teduh.

2. Al-Fursan Stables

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 3

Al-Fursan Stables – Tempa wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: alfursan_stables_jambi

Ini dia tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi yang unik banget dan wajib kamu kunjungi. Namanya adalah Al-Fursan Stables yang merupakan sebuah obyek wisata berkuda.

Tempat wisata ini pas untuk liburan keluarga karena kamu bisa menghabiskan waktu melihat – lihat pacuan kuda ataupun mencoba pengalam seru mengunggang kuda.

Nggak perlu khawatir, akan ada pemandu profesional yang membantu kamu. Ditambah lagi, kuda – kuda pun sudah dilengkapi pelana sehingga lebih aman.

Lokasi Al-Fursan Stables ada di Sebapo KM 23 depan SMP 28 Muaro Jambi.

3. Candi Gedong

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 4

Candi Gedong – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: lepakasia

Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi terdapat pula wisata sejarah, seperti salah satunya Candi Gedong. Situs candi ini memiliki enam umpak batu dengan lubang 4 persegi di atasnya.

Hal menarik dari candi ini adalah adanya pecahan genting kuno yang diperkirakan dibuat pada abad 8 sampai 10 masehi, yakni dari tanah liat yang kemudian dibakar dengan kadar panas tinggi.

Kamu bisa mengunjungi Candi Gedong yang berlokasi di Desa Muaro Jambi untuk berwisata sekaligus menambah wawasan kesejarahan kamu.

4. Candi Muaro Jambi

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 5

Candi Muaro Jambi – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: candimuarajambi

Selanjutnya tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi ada Situs Purbakala Kompleks Percandian Muara Jambi. Wilayah ini adalah sebuah kompleks candi agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, yakni luasnya 3981 hektar.

Candi Muaro Jambi kemungkinan merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Destinasi wisata sejarah ini berada tidak jauh atau jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Jambi.

Kamu bisa belajar banyak hal di kompleks percandian ini seperti sejarah kebesaran bangsa Indonesia, yakni termasuk salah satunya soal kemajuan teknologi bangunan dan arsitektur pada zaman dulu,

5. Candi Koto Mahligai

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 6

Candi Koto Mahligai – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: lenny.diary

Candi Koto Mahligai termasuk salah satu candi dari kompleks Candi Muaro Jambi. Namun posisinya memang paling jauh sehingga masih banyak orang yang asing mendengar namanya.

Dari Sungai Batanghari sampai ke Candi Koto Mahligai diperkirakan ada kurang lebih 80 candi akan tetapi tidak semuanya terlihat di permukaan.

Kebanyakan masih ada yang terkubur atau berada di bawah tanah, sehingga kompleks percandian ini pun dinamakan The Lost City. Untuk mencapai ke tempat candi ini, kamu perlu melewati hutan dengan pepohonan duku yang lebat di kanan dan kirinya.

Panorama alam di wilayah candi ini begitu eksotis dengan ekosistem di sekitarnya yang didominasi pohon – pohon besar. Salah satu yang paling unik adalah Pohon Kundur yang diperkirakan usianya mencapai 600 – 700 tahun.

6. Sunge Simpur

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 7

Sunge Simpur – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: sariesui

Sunge Simpur berlokasi menjadi pilihan wisata yang pas buat kamu dan keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Suasana teduh serta alamnya yang masih asri akan menghilangkan kepenatan sejenak.

Nggak cuma menikmati panoramanya, kamu juga bisa mencoba naik perahu kecil menyusuri air sungainya. Buat pemburu foto instagramable pun di sini terdapat berbagai spot foto menarik untuk diambil mulai dari ayunan di atas air hingga patung perahu.

Nah, itulah tadi 6 tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi. Jadi, kamu mau berwisata ke mana nih? Semoga menyenangkan ya!

Leave a Reply