Rumah Adat Mandailing, Salah satu Suku di Sumatera Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Rumah Adat

Rumah Adat Mandailing, Salah satu Suku di Sumatera Utara

Rumah Adat Mandailing

Rumah Adat Mandailing - mediaindonesia.com

Rumah Adat Mandailing – Rumah adat di Indonesia memiliki aneka ragam, model serta arsitektur rumah adat atau rumah tradisional Indonesia. Termasuk salah satunya rumah adat asal suku mandailing.

Rumah ini dulunya adalah tempat tinggal bagi raja. Bangunan ini berbentuk menyerupai rumah panggung dengan banyak tiang penyangga. Bahan utama yang digunakan dalam membangun rumah ini adalah kayu.

Masyarakat Mandailing mengenal nilai-nilai luhur yang disebut dengan holong dohot domu. Holong berarti saling menyayangi sesama dan berbuat baik kepada orang lain. Domu berarti persatuan dari penduduk yang dianggap satu huta dan satu keturunan.

Baca Juga ya :

Rumah Adat Mandailing

Rumah Adat Mandailing – foto twitter.com

Domu dianggap sudah dibawa sejak lahir (na ni oban topak), juga disebut dengan surat tumbaga holing naso ra sasa, sesuatu yang sudah terpatri dalam hati dan tidak dapat dihapus. Nilai-nilai itu dianggap falsafah hidup Mandailing.

Bagian Rumah Adat Mandailing

Rumah adat ini umumnya berbentuk persegi panjang yang disangga kayu yang besar berjumlah ganjil. Di dalam rumah ini terdapat ruang depan, tengah, ruang tidur dan dapur. Rumah ini memiliki kolong dengan tujuh atau sembilan anak tangga. Selain itu dalam kompleks rumah ini terdapat beberapa bagian lain dengan fungsi masing – masing.

Bagian lain dari Rumah Adat Mandailing

Bagian- Bagian Rumah Adat Mandailing

Bagian- Bagian Rumah Adat Mandailing – foto kompasiana.com

Alaman Bolak adalah halaman yang memilik banyak fungsi. Selain berfungsi sebagai tempat prosesi adat, juga menjadi tempat berkumpul masyarakat suku mandailing. Tempat ini juga sering mendapat julukan alaman bolak silangse utang yang memiliki siapapun yang lari kehalaman ini mencari keselamatan, ia akan dilindungi raja.

Sopo Godang adalah tempat untuk memusyawarahkan peraturan adat. Selain itu, tempat ini juga dijadikan untuk pertunjukan kesenian, tempat belajar adat dan kerajinan, bahkan juga tempat pengelana untuk bermalam. Dirancang berkolong dan tidak berdinding agar penduduk dapat mengikuti berbagai kegiatan di dalamnya.

Sopo Godang juga disebut Sopo Sio Rangcang Magodang, inganan ni partahian paradatan, parosu-rosuan ni hula dohot dongan yang berarti Balai Sidang Agung, tempat bermusyawarah melakukan sidang adat, menjalin keakraban para tokoh terhormat dan para kerabat.

Leave a Reply