Pulau

Pulau Tabuhan, Pulau Kecil Dengan Pemandangan Mengagumkan

Kite surfing dan snorkling sampai puas

Kite surfing dan snorkling sampai puas

Kamu suka berlibur ke pantai? Pulau Tabuhan merupakan salah satu pulau terbaik yang jangan sampai kamu melewatkannya. Ujung Pulau Jawa bagian timur memang selalu menawarkan beragam tempat wisata yang tidak ada habisnya. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki tempat wisata alam dan terbaik di Indonesia.

Salah satu tempat yang harus kamu kunjungi adalah Pulau Tabuhan. Ketika kamu sampai di sini, kamu akan disapa oleh pasir yang halus putih alami dengan pemandangan hijau sepanjang mata memandang. Air laut yang memiliki warna gradasi hijau dan biru muda akan menjumpai turis yang datang ke sini.

Baca juga ya :

Pulau Tabuhan, Pulau Kecil Dengan Pemandangan Mengagumkan

Pulau Tabuhan, Pulau Kecil Dengan Pemandangan Mengagumkan – foto travelling yuk

Lokasi Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan berada di tengah laut dari Selat Bali. Namun sebenarnya masih berada di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya berlokasi di Desa Bangsring, Kec. Wongsorejo, Banyuwangi.

Akses Menuju Pulau Tabuhan

Untuk akses menuju Pulau Tabuhan ini akan kami bagi menjadi dua. Kamu bisa datang dari kota Banyuwangi maupun luar Kota Banyuwangi:

Ke Pulau Tabuhan Dari Banyuwangi

Untuk kamu yang datang dari Banyuwangi, kamu bisa ke Pulau Tabuhan dengan naik kapal dari beberapa tempat seperti Bunder Bangsring, Grang Watudodol, dan juga Kampe. Namun untuk jarak yang paling dekat adalah melalui Pantai Kampre atau Bangsring.

Dari Banyuwangi, kamu harus memilih arah Pelabuhan Ketapang, kemudian menuju Patung Watudodol, melewati pom bensin yang ada di kiri jalan, masuk ke tikungan kanan, Masjid Griya. Di bagian kanan jalan kamu akan melihat ada petunjuk jalan yang mengarahkanmu ke rumah apung. Tinggal kamu ikuti petunjuk jalan tersebut.

Ketika kamu sudah ada di Pulau Bangsring, kamu harus menyewa kapal lalu berlayar hingga sampai ke Pulau Tabuhan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit.

Ke Pulau Tabuhan Dari Luar Banyuwangi

Untuk wisatawan yang naik kereta api menuju Banyuwangi, kamu bisa turun di Stasiun Banyuwangi. Kemudian kamu bisa naik angkot atau ngojek. Kalu mau naik bis, pastikan bisnya menuju arah Situbondo. Mintalah turun di Desa Bangsring atau rumah apung.

Bagi kamu yang naik bisa berangkat dari Surabaya, pastikan kamu naik bis jurusan Banyuwangi-Bali yang nanti akan melewati Situbondo. Mintalah kondektur menurunkanmu di rumah apung atau Desa Bangsring.

Daya Tarik Pulau Tabuhan

1. Pesona besar di pulau kecil

Kite surfing dan snorkling sampai puas

Kite surfing dan snorkling sampai puas, foto: travelingyuk.com

Memang Pulau Tabuhan memiliki ukuran kecil, yakni hanya 5 sampai 6 hektar. Hanya diperlukan waktu 15 menit saja untuk berkeliling. Tapi jangan anggap remeh karena pesona yang ditawarkan begitu mengagumkan. Pulau ini dikelilingi tumbuhan hijau nan asri. Pasir yang begitu lembut di kaki yang sudah siap menyambut para wisatawan.

2. Memiliki air yang sangat jernih

Tidak sedikit yang mengakui bahwa Pulau Tabuhan memiliki air yang sangat jernih. Bahkan saking jernihnya sampai-sampai kamu sedang berenang di kristal. Gradasi airnya yang berubah-ubah membuat pemandangannya semakin mengagumkan. Warna hijau, biru sampai dengan biru pekat. Pasti tida ada alasan untuk kamu menolak ke sini.

3. Kite surfing dan snorkling sampai puas

Kite surfing dan snorkling sampai puas

Kite surfing dan snorkling sampai puas, foto: yukbanyuwangi.co.id

Bagi kamu yang hobi snorkling, Pulau Tabuhan merupakan surga dunia untukmu. Kamu bisa berenang dengan melihat pemandangan berbagai macam spesies ikan di sini. Terumbu karang yang masih terjaga membuat pemandangan lautnya semakin mengagumkan.

4. Kamu akan disuguhkan pemandangan Gunung Raung

Pantai di Pulau Tabuhan

Pantai di Pulau Tabuhan – foto: travelingyuk.com

Bagi kamu yang sudah datang ke Pulau Tabuhan, pasti kamu bisa langsung melihat pemandangan Gunung Raung dari jauh. Pemandangan ini bisa kamu nikmati di sisi barat. Selain Gunung Raung, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Ijen dan Gunung Balunara.

Leave a Reply