Air Terjun

Pesona Wisata Curug Layung Kabupaten Bandung Barat

Curug Layung Cimahi

Curug Layung Cimahi - foto ig @young.fahry

Curug Layung – Bandung memang terkenal sebagai kabupaten wisata di Indonesia. Apalagi wisata alamnya terkenal hingga ke mancanegara.

Salah satu area pelesir terbaik di Bandung adalah wisata Curug Layung. Curug Layung ini merupakan destinasi wisata alam yang menarik untuk didatangi.

Pesona Wisata Curug Layung

Curug Layung Komando

Curug Layung Komando – foto ig @hendarmin_gordon

Wisata Curug Layung Bandung adalah wisata alam yang berupa air terjun. Salah satu keistimewaannya adalah aliran airnya tidak terlalu deras sehingga pengunjung bisa berenang di bawahnya.

Selain itu, air curug yang dingin membuat tubuh terasa segar ketika sudah terkena percikannya. Makanya turis yang datang ke sini yang sedang tidak ingin berenang biasanya duduk-duduk saja di pinggir Curug.

Baca juga :

Destinasi Wisata di Curug Layung Bandung

Selain berenang ada banyak aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini. Berikut aktivitas-aktivitas yang dimaksud:

1. Hiking

Curug Layung Cimahi

Curug Layung Cimahi – foto ig @young.fahry

Aktivitas wisata yang pertama di area Curug Layung adalah aktivitas hiking. Ini juga salah satu keunggulan tempat wisata ini yang sudah difasilitasi dengan baik oleh pihak pengelola.

Ketika melakukan hiking pengunjung akan menyusui aliran sungai dari hulu curug hingga hilir. Turis bisa melewati curug dengan berjalan di atas jembatan kayu yang cukup kokoh.

Saat aktivitas hiking pengunjung akan menemukan area wisata lain salah satunya adalah Curug Tilu. Ini tempat wisata yang posisinya berada di bawah Curug Layung dengan keindahan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan.

2. Selfie di Perkebunan Teh Sukawana

hutan pinus di Curug Layung Cimahi

hutan pinus di Curug Layung Cimahi – foto ig @ritafauziah__

Aktivitas yang selanjutnya adalah pengunjung bisa melakukan selfie di area Perkebunan Teh Sukawana. Jaraknya dari Curug Layung tidak jauh hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit dengan berjalan kaki.

Sekalipun cukup lama tetapi pemandangan di sekitar perjalanan tidak akan membuat kamu merasa lelah. Area persawahan dengan gemericik air dari Curug Cimahi dan Layung akan menemani kamu dalam perjalanan. Belum lagi cuaca yang cukup dingin membuat rasa lelah tidak terasa.

Nah jika sudah sampai di Perkebunan Sukawana maka segala rasa penat pasti hilang. Bahkan kamu akan cepat-cepat mengeluarkan kamera untuk melakukan foto selfie di sana.

Fasilitas Tempat Wisata Curug Layung

Curug Layung Cimahi Bandung

Curug Layung Cimahi Bandung – foto ig @gunguncahyadi

Sekalipun tempat wisata Curug Layung adalah wisata jenis pemandangan atau wisata alam tetapi fasilitas yang dipersiapkan oleh pihak pengelola sangat bagus.

Selain sudah ada area parkir yang luas, kamar mandi dan toilet umum, di sini juga disediakan perlengkapan perkemahan serta warung makanan.

Tak hanya itu di beberapa lokasi wisata juga dibangun gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan indah karena gazebo memang dibangun dengan berlatar air terjun.

Selain itu juga ada beberapa spot foto yang sangat cantik dan instagramable. Uniknya spot foto selfie ini bisa digunakan secara gratis atau cuma-cuma.

Rute Menuju Tempat Wisata Curug Layung

rute menuju Curug Layung Bandung Barat

rute menuju Curug Layung Bandung Barat – foto ig @elhimmah_creative

Jika ingin pergi ke tempat wisata Curug Layung Bandung ada dua jalan utama yang dekat dengan area wisata. Silakan kamu lewat Jalan Komando atau bisa juga melewati jalur wisata CIC.

Jika kamu berangkat dari Bandung atau Lembang silakan pacu kendaraan memasuki Jalan Kolonel Masturi. Jika sudah sampai di sana lanjutkan perjalanan menuju Jalan Komando. Jika sudah sampai di jalan tersebut silakan ikuti rute yang agak menanjak. Itu biasanya sudah mengarah pada pintu gerbang wisata Curug Layung.

Selain melewati Jalan Komando kamu juga bisa melewati jalur ke arah Ciwangun Indah Camp (CIC). Caranya silakan kamu pacu kendaraan ke arah pintu gerbang wisata Curug Cimahi.

Jika sudah sampai di sana pilih area ke arah objek wisata CIC. Setelah sampai silakan beli tiket lalu tempuh perjalanan ke arah Curug Layung melalui jalur sungai atau bisa melalui perkebunan teh.

Harga Tiket Masuk Curug Layung Bandung

Curug Layung Bandung Barat

Curug Layung Bandung Barat – foto ig @araiirham_

Jika pergi ke tempat wisata Curug Layung kamu tidak perlu membawa budget yang besar. Karena harga tiket tempat wisata sangat terjangkau.

Jika kamu masuk melalui pintu gerbang Curug Layung kamu cukup membayar tiket seharga Rp10.000 rupiah. Namun jika melalui pintu gerbang Curug Cimahi kamu cukup membayar tiket Rp7.000 rupiah.

Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang luar biasa bahkan sebelum tiba di Curug Layung.

Jika melalui pintu gerbang curug kamu bisa melakukan hiking melalui hutan pinus yang sangat rindang. Sedangkan jika melewati pintu gerbang Curug Cimahi kamu bisa sampai ke Curug Layung melalui jalur kebun teh yang pemandangannya juga tidak kalah menakjubkan.

Demikian review singkat tentang tempat wisata Curug Layung yang sangat terkenal di Kabupaten Bandung Barat. Sebuah lokasi wisata yang beralamat di Kertawangi Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat.

Leave a Reply