Air Terjun, Bukit

Pesona Air Terjun Bukit Gibeon di Kabupaten Tobasa

Air Terjun Bukit Gibeon

Air Terjun Bukit Gibeon - Sumber: suara.com

Air Terjun Bukit Gibeon – Sumatera Utara merupakan salah satau provinsi di Indonesia  yang cukup terkenal dengan tempat wisatanya. Salah satu tempat wisata alam yang sangat terkenal adalah Danau Toba.

Nah, bukan keindahan Danau Toba yang akan kita bahas kali ini namun pesona air terjun yang bersumber dari sebuah bukit di Kawasan Danau Toba. Air terjun tersebut adalah air terjun Bukit Gibeon karena berasal dari mata air yang ada di Bukit Gibeon.

Air terjun Bukit Gibeon ternyata tidak hanya tempat wisata favorit warga sekitar saja tetapi juga ramai dikunjungi wisatawan dari luar Kabupaten Tobasa loh.

Bukit Gibeon, Pengucur Air Terjun Indah

Air Terjun Bukit GibeonAir Terjun Bukit Gibeon – Sumber: suara.com

Ternyata, Bukit Gibeon adalah sebuah kawasan sekolah umat Kristiani, tepatnya sekolah pendidikan pendeta. Sekolah itu dikenal juga dengan Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG).

Bahkan, Bukit Gibeon ini juga merupakan salah satu tempat yang cocok digunakan sebagai tempat berfoto loh. Letaknya yang berada di area perbukitan Danau Toba, membuatnya menjadi wilayah yang memiliki suasana udara yang sejuk dan asri.

Nah, dari kawasan Bukit Gibeon inilah terdapat sebuah mata air yang sangat jernih dan sejuk. Air mata airnya terus mengalir ke daerah lembah Bukit Gibeon, sehingga terbentuklah air terjun yang mempesona.

Walaupun merupakan kawasan Pendidikan umat Kristiani, kalangan umum tetap diperbolehkan datang ke kawasan Bukit Gibeon ini. Keindahan Bukit Gibeon dan air terjunnya menjadikannya sebagai tempat wisata alam yang patut dikunjungi.

Baca ini juga ya:

Uniknya lagi, air terjun yang mengalir dari Bukit Gibeon ini tidak jatuh membentur tanah melainkan tertampung dalam sebuah kolam.  Ya, ada sebuah kolam yang dibuat untuk menampung air terjun Bukit Gibeon tersebut.

Sehingga, para wisatawan yang ingin merasakan kesejukan dan kesegaran air terjun dari Bukit Gibeon ini bisa langsung nyebur ke kolamnya loh. Tenang, kolamnya cukup luas dengan air yang tetap jernih dan sejuk.

Bahkan, bila kamu mandi di kolam air terjun Bukit Gibeon ini, kamu bisa sambil menikmati pesona air terjun yang jatuh dari Bukit Gibeon. Tak hanya itu, kamu pantas mendapatkan pemandangan perbukitan mempesona yang mengelilingi kolam pemandiannya.

Tentunya semua orang sangat menginginkan mandi di kolam pemandian yang airnya bersumber dari air terjun yang sejuk dan segar. Silahkan datang ke air terjun yang indah ini ya.

Yuk Ke Sana, Ini Lokasinya!

Nah, air terjun Bukit Gibeon berada di kawasan Bukit Gibeon. Tempat wisata indah ini berada tepat di Parsaoran Sibisa, Ajibata, Sionggang Utara, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir,  Sumatera Utara.

Tempat wisata alam nan indah ini tidak jauh dari wisata Danau Toba yang hanya berjarak 3 km saja. Bahkan, untuk sampai ke air terjun Bukit Gibeon ini kamu bisa menempuh waktu selama 5 sampai 6 jam dari Kota Mmedan.

Saat diperjalanan, kamu akan bertemu dengan gapura besar yang bertuliskan Bukit Gibeon. Kamu masuk melewati gapura tersebut. Kira-kira 1 sampai 2 km perjalanan, kamu akan menemui bangunan Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG).

Bukit Gibeon

Bukit Gibeon – Sumber: explorewisata.com

Nah, bila ingin berfoto, kamu juga bisa mengambil foto di kawasan sekolah pendidikan Kristiani ini kok. Banyak tempat-tempat bagus untuk mendapatkan foto yang bagus di sana.

Perjaanan untuk sampai ke air terjun Bukit Gibeon tidak jauh lagi. Kamu akan mendapati banyak rambu-rambu sebagai petunjuk jalan. Jadi, kamu tidak perlu takut kesasar ya.

Selanjutnya, kamu akan menemukan pos satpam. Di pos satpam inilah kamu harus mengeluarkan biaya retribusi/ tiket masuk ke wisata air terjun Bukit Gibeon. Harga tiket masuknya cuma sebesar Rp 10.000/ orang ditambah uang parkir sebesar Rp 2.000.

Tunggu, belum sampai.

Kamu melanjutkan perjalanan hingga menemui pos yang kedua. Nah, di pos kedua ini kamu diminta untuk memberikan tiketmu sebagai syarat masuk ke kawasan air terjun Bukit Gibeon ya.

Setelah dipersilahkan masuk, kamu masih harus menempuh perjalanan yang berjarak 2 km untuk bisa sampai di air terjun Bukit Gibeon. Bila menemukan suara dentuman air jatuh, artinya kamu sudah semakin dekat dengan air terjun indah itu.

Air Terjun Bukit Gibeon

Air Terjun Bukit Gibeon – Sumber: blogspot.com

Kamu bisa turun melewati tangga yang disediakan untuk bisa sampai tepat di kolam tempat bermuaranya air terjun Bukit Gibeon.

Itulah sekilas tentang Air Terjun Bukit Gibeon dan perjalanan untuk bisa sampai ke tempat indah itu. Perjalananmu yang cukup panjang akan terbayarkan oleh sejuk dan segarnya air terjun khas Bukit Gibeon.

Leave a Reply