Alam, Air Terjun, Pengetahuan

Curug Larangan, Curug Lainnya di Cileteuh Sukabumi

Curug Larangan

Curug Larangan - Sumber: Infosmi

Curug Larangan – Tidak akan habis rasanya jika membahas destinasi wisata di Sukabumi. Daerahnya yang sejuk dan jauh berbeda dengan situasi di kota-kota besar menjadikan kota ini menjadi salah satu kota favorit untuk dikunjungi apalagi dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Destinasi wisata di Sukabumi pun tergolong masih sangat asri dan merupakan destinasi wisata alami, salah satunya adalah curug. Di Kota Sukabumi terdapat lebih dari 10 curug alami yang tersohor karena kecantikannya. Salah satunya adalah Curug Larangan.

Lokasi Curug Larangan

Curug Larangan

Curug Larangan – Sumber: Infosmi

Curug Larangan berada di Desa Girimukti kawasan Geopark Nasional Ciletuh Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat. Untuk bisa sampai di curug, pengunjung harus terlebih dahulu melakukan perjalanan hingga Desa Giri Mukti.

Curug Larangan dapat ditempuh melalui akses jalan Puncak Darma – Loji dengan tujuan yaitu Jembatan Cisaar. Tidak perlu khawatir akan kendaraan Anda karena terdapat tempat parkir aman di warung sekitar jembatan. Tidak jauh dari jembatan, kurang lebih 100 meter, terdapat jalan setapak yang harus pengunjung lewati dengan berjalan kaki selama 15-20 menit.

Rute terbilang cukup licin dan pengunjung pun harus banyak melewati batu yang berukuran relatif besar dan juga sungai dengan aliran air yang cukup deras. Disarankan agar selalu waspada dan memakai alas kaki yang memadai untuk medan seperti ini demi keamanan. Curug Cipamingkis berjarak kira-kira 500meter dari perkampungan warga.

Daya Tarik Curug Larangan

Dikisahkan bahwa zaman dulu setiap orang yang igin berkunjung ke curug ini akan menghilang dan tidak akan kembali. Julukan Curug Larangan pun dilatarbelakangi oleh akses yang sulit untuk dilewati karena rute yang terjal.

Curug Larangan

Curug Larangan – Sumber: Infosmi

Tapi terlepas dari mitos menyeramkan tersebut, air terjun ini menyajikan keindahan alami dengan bebatuan sekitar air terjun yang berwarna kehitaman. Apabila arus air sedang deras, biasanya pengunjung hanya akan bermain di tepian air terjun dengan alasan keamanan.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50meter dengan kedalaman di pinggir 1.5meter dan 5meter untuk bagian tengah. Air yang dingin serta angin yang menyejukkan, sudah pasti memberikan kesegaran bagi para pengunjung. Lingkungan yang asri, pohon rindang, dan bebatuan alami menjadikan curug ini menjadi tempat yang pas untuk melepas penat dan menikmati suasana.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Curug Larangan

Curug Larangan

Curug Larangan – Sumber: Plukme

Banyak yang bisa dilakukan oleh pengunjung curug. Salah satunya adalah pikinik bersama teman maupun keluarga, pengunjung dapat memilih pohon rindang untuk berteduh di bawahnya sambil membuka perbekalan yang bisa dinikmati sambil bersenda gurau.

Baca juga: Berwisata ke Curug Citaman  Sukabumi yang indah ini

Jika arus air tidak terlalu deras, pengunjung juga dapat berenang ke bagian tengah air terjun maupun hanya merendam kaki di pinggiran air terjun ketika air sedang deras. Satu lagi kegiatan yang wajib dilakukan adalah dokumentasi berupa foto-foto. Para pengunjung yang gemar fotografi dapat menikmati curug ini dari berbagai sudut.

Harga Tiket Masuk Curug Larangan

Untuk dapat menikmati salah satu keindahan alam di Kota Sukabumi ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Curug Larangan sebesar Rp 5.000/orang. Biaya tersebut sebenarnya sudah termasuk tarif parkir untuk masuk ke dalam dana pengembangan air terjun yang dikelola oleh pemuda setempat.

Jika hari libur, Curug Larangan sangat ramai oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Sukabumi maupun dari Bandung atau Jakarta. Meski ditempat ini ada warung kecil yang menjual makanan seadanya namun penting buat kalian membawa bekal sendiri dan bisa dinikmati sembari melihat keindahan curug larangan.

 

Leave a Reply