Budaya, Daftar Wisata, Harga Tiket, Museum

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu-sumber: JejakPiknik.com

Museum Ullen Sentalu – Kota Yogyakarta memang penuh dengan tempat wisata yang beraneka ragam baik pesona wisata alamnya maupun tempat wisata dengan konsep homestay yang bisa membuat pengunjung betah.

Seperti halnya tempat wisata yang berada di dekat kawasan Gunung Merapi tepatnya di sisi lereng Merapi sebelah barat ada sebuah museum bernama museum Ullen Sentalu. Museum ini konon juga merupakan museum terbaik di Indonesia yang terletak di Jalan Boyong Kaliurang, Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 1

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta-sumber: Pesonatravel.com

Museum Ullen Sentalu ini dulunya dibangun dari struktur tanah yang tidak rata, sehingga di sini kalian akan menjumpai lorong-lorong kecil yang tertata dengan bagus. Selain itu di museum ini banyak sekali pepohonan rimbun yang membuat hawanya terasa sejuk.

Banyak Peninggalan Budaya Mataram Jawa

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 2

Museum Ullen Sentalu-sumber: Jejakpiknik.com

Di museum Ullen Sentalu ini kalian akan disuguhi banyak koleksi dari peninggalan Dinasti Mataram yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman yang berada di Yogyakarta serta Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Praja Mangkunegaran yang berada di Surakarta. Dimulai dari seni lukisan, alat musik, kain batik dan peninggalan bersejarah lainnya dari Dinasti Mataram ini.

Asal muasal nama Ullen Sentalu adalah kepanjangan dari kata dalam bahasa Jawa yaitu “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang artinya sendiri adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filosofi lampu blencong merupakan lampu yang biasa digunakan pada pertunjukan wayang kulit khas Jawa.

Baca Juga ya :

Fasilitas yang Ada di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 3

Museum Ullen Sentalu-sumber: Eksotisjogja.com

Di museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan yang bisa kalian kunjungi satu persatu.

  • Ruang yang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan dimana di sini kalian bisa melihat seperangkat gamelan Jawa.
  • Ruang yang kedua adalah ruang yang menyimpan empat lukisan pengangeng dari Dinasti Mataram. Di ruangan ini kalian bisa menyaksikan replika raja-raja beserta permaisurinya dan juga pakaian kebesaran yang dulu pernah dikenakan.
  • Ruang selanjutnya adalah Ruang Kampung Kambang. Ruangan ini terbagi menjadi 5 ruangan dan masing-masing ruangan terdapat beberapa koleksi batik, kumpulan syair dan juga album hidup dari Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau yang biasa dikenal dengan nama Gusti Nurul.
  • Ruang yang terakhir kebetulan lokasinya berada di luar ruangan bukan di dalam. Ruangan tersebut adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa.

Di tengah-tengah perjalanan ketika kalian mengelilingi Museum Ullen Sentalu ini akan disuguhi minuman jamu dengan rasa yang khas terbuat dari rempah-rempah seperti wedang jahe khas keraton yang selain menyegarkan juga konon berkhasiat untuk obat awet muda.

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 4

Museum Ullen Sentalu-sumber: Zesthotel.com

Saat berkunjung ke museum ini kalian jangan khawatir akan tersesat karena setiap perjalanan akan dipandu oleh seorang tour guide yang mumpuni dan ia akan menjelaskan setiap detail cerita dari benda koleksi yang ada di Museum Ullen Sentalu ini.

Di Museum ini juga terdapat larangan untuk tidak membawa kamera sepanjang perjalanan yang merupakan kebijakan privasi dari pihak museum. Namun, kalian masih bisa berfoto sepuas hati di tempat yang sudah disediakan yaitu di luar ruangan museum. Di luar ruangan juga banyak spot foto bangunan unik dan ikonik.

Restoran Beukenhof di Dalam Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 5

Restoran Beukenhof-sumber: Tripadvisor.com

Jika kalian merasa lapar tidak usah jauh-jauh karena di dalam Museum terdapat restoran dengan nama Beukenhof. Restoran ini pun memiliki desain arsitektur serba kayu yang unik sama dengan pada masa kolonial dan juga hiasan-hiasan indah di dinding maupun meja. Menu makanan di restoran ini sudah pasti lezat dan nikmat terutama hidangan khas Eropa yang wajib kalian cicipi.

Harga Tiket Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Untuk berkunjung ke museum ini kalian akan dikenakan biaya masuk seperti di bawah ini.

  • HTM Dewasa : Rp 30.000,00 (Domestik/WNA Pemegang Kitas) dan Rp 50.000 (WNA).
  • HTM Anak-anak : Rp15.000,00 (Domestik/WNA Pemegang Kitas) dan Rp 30.000 (WNA).

Lokasi Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 6

Museum Ullen Sentalu-sumber: Sahabatransel.com

Lokasinya berada jauh dari pusat kota Jogja atau berada di dekat lereng Gunung Merapi. Oleh karena itu kalian sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada fasilitas transportasi umum baik dari dan menuju ke Museum ini.

Alamat lokasi Museum Ullen Sentalu:

Di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber: tripjogja.co.id, alodiatour.com

Leave a Reply