Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Daftar Wisata, Harga Tiket, Museum

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu-sumber: JejakPiknik.com

Museum Ullen Sentalu – Kota Yogyakarta memang penuh dengan tempat wisata yang beraneka ragam baik pesona wisata alamnya maupun tempat wisata dengan konsep homestay yang bisa membuat pengunjung betah.

Seperti halnya tempat wisata yang berada di dekat kawasan Gunung Merapi tepatnya di sisi lereng Merapi sebelah barat ada sebuah museum bernama museum Ullen Sentalu. Museum ini konon juga merupakan museum terbaik di Indonesia yang terletak di Jalan Boyong Kaliurang, Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 1

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta-sumber: Pesonatravel.com

Museum Ullen Sentalu ini dulunya dibangun dari struktur tanah yang tidak rata, sehingga di sini kalian akan menjumpai lorong-lorong kecil yang tertata dengan bagus. Selain itu di museum ini banyak sekali pepohonan rimbun yang membuat hawanya terasa sejuk.

Banyak Peninggalan Budaya Mataram Jawa

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 2

Museum Ullen Sentalu-sumber: Jejakpiknik.com

Di museum Ullen Sentalu ini kalian akan disuguhi banyak koleksi dari peninggalan Dinasti Mataram yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman yang berada di Yogyakarta serta Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Praja Mangkunegaran yang berada di Surakarta. Dimulai dari seni lukisan, alat musik, kain batik dan peninggalan bersejarah lainnya dari Dinasti Mataram ini.

Asal muasal nama Ullen Sentalu adalah kepanjangan dari kata dalam bahasa Jawa yaitu “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang artinya sendiri adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filosofi lampu blencong merupakan lampu yang biasa digunakan pada pertunjukan wayang kulit khas Jawa.

Baca Juga ya :

Fasilitas yang Ada di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang Bersejarah 3

Museum Ullen Sentalu-sumber: Eksotisjogja.com

Leave a Reply