Uncategorised

Pantai Pangi, Indahnya Pantai Perawan di Blitar

Pantai Pangi Blitar

Sumber: Gmap: Miftachul Munir

Pantai Pangi – Selama ini, wisatawan pergi ke Jawa Timur hanya seputar, Malang, Batu, Surabaya, dan Pacitan. Padahal, Jawa Timur memiliki tempat – tempat wisata yang memukau seperti di Blitar. Blitar menjadi kabupaten yang sangat bersejarah karena menjadi tempat lahir dan bersemayamnya Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno.

Selain sebagai tempat bersejarah, Kabupaten Blitar pun memiliki garis pantai yang panjang. Tak heran jika Blitar memiliki pantai – pantai dengna pemandangan alam nan eksotis, laut biru, serta pasir putih yang menawan. Salah satu yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah Pantai Pangi.

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar – foto : Gmap/ROLLY NASARANI

Keindahan Pantai Pangi yang masih Perawan

Pantai Pangi dapat dikategorikan pantai perawan, karena objek wisata ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini membuat Pantai Pangi tenang dan bersih. Keindahan Pantai Pangi pun tak boleh dilewatkan.

Ketika tiba di Pantai Pangi, pengunjung akan langsung disambut dengan alami dan asrinya pantai ini. Deburan ombak berkejaran mencapai bibir pantai yang langsung mengenai putihnya pasir pantai. Hamparan pasir putih membentang luas di bibir pantai, menjadikannya terlihat seperti permadani putih. Suara deburan ombak yang khas menjadi irama yang menemani waktu di pantai.

Baca juga :

Diluar indahnya Pantai Pangi, mengunjungi pantai ini harus tetap berhati – hati. Karena, ombak di Pantai Pangi cukup besar. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena bentuk Pantai Pangi yang cekung dengan kanan kiri batu karang, membuat ombak besar dihadang oleh batu karang sebelum mencapai bibir pantai. Sehingga, pengunjung tetap aman bermain di tepi pantai.

Deretan pohon pinus pun menjadi pemandangan yang turut mempercantik Pantai Pangi. Pohon – pohon pinus ini tumbuh dengan lebat, yang seolah menyediakan tempat berteduh untuk menikmati indahnya pantai.

Telaga di dekat Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar – foto : Gmap/Romi Anshorulloh

Tidak hanya pantai dengan air lautnya yang biru, pengunjung pun dapat menikmati indahnya telaga di Pantai Pangi. Telaga ini merupakan muara sungai yang ada di dekat pantai dan memiliki air payau. Telaga ini berada di batu karang sebelah kiri yang mengapit Pantai Pangi.

Telaga ini memiliki air jernih kehijauan khas sungai. Di kanan kirinya terdapat pohon – pohon bakau yang batangnyatinggi menjulang. Akarnya pun tampak besar menghujam ke air dan menembus tanah di bawahnya. Pemandangan ini tampak sangat eksotis dan begitu rimbun.

Pengunjung dapat berkeliling telaga dengan perahu kayu yang disewakan. Selain itu, pengunjung juga dapat berenang di telaga tersebut. Lebih menyegarkan daripada berenang di air pantai dan lebih teduh tempatnya. Berenang di telaga dapat menjadi pilihan setelah berenang di Pantai Pangi.

Berenang di Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar – Sumber: Gmap/Miftachul Munir

Di dekat bibir pantai, pengunjung dapat melihat dasar pantai karena airnya sangat jernih. Disamping itu, pengunjung pun dapat berenang di sini, karena perairannya yang dangkal dan tidak banyak batuan karang. Batu – batu karang yang ada pun tidak runcing dan tidak berbahaya bagi pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi

Untuk masuk ke lokasi Pantai Pangi, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 8.000. Ditambah biaya parkir jika pengunjung membawa kendaraan, Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika pengunjung ingin menyusuri telaga dengan perahu, pengunjung diharuskan membayar sejumlah tiket lagi sebesar Rp 5.000 per orang atau Rp 30.000 per perahu.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Pangi

Pantai Pangi berada di Dusun Krajan, Desa TUmpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Blitar.

Untuk menuju ke Pantai Pangi, dari pusat Kota Blitar, berjalan menuju ke selatan di perempatan Kawi. Ikuti jalan hingga menuju Kecamatan Kademangan, kemudian lanjut menuju Jalan Trisula. Ketika sampai di Kantor Desa Tumpakkepuh, belok kanan dan wisatawan akan menjumpai pintu masuk Pantai Pangi.

Leave a Reply