Pantai

Eksotisnya Pantai Jatimalang Dengan Pasir Hitamnya

Pantai Jatimalang

visitingjogja.com

Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang menyimpan banyak spot wisata. Salah satu spot wisata yang terkenal di sana adalah Pantai Jatimalang. Pantai Jatimalang sendiri berlokasikan di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah.

Untuk meenuju Pantai Jatimalang sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Tapi, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum tidak mengantarkan sampai ke spot wisata.

Daya tarik Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang memiliki pasir yang berwarna gelap cenderung hitam dan air laut yang bergradasi warna biru dan hijau toska. Meskipun pantai ini tidak memiliki pasir yang berwarna putih seperti kebanyakan spot wisata pantai yang lain, tapi keindahannya tidak bisa diragukan lagi.

Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang – foto pantainesia.com

Selain keindahan panorama alam, penduduk lokal di daerah Pantai Jatimalang juga ramah. Jadi kamu tidak usah merasa sungkan untuk bertanya kepada penduduk lokal yang ada. Tidak heran jika Pantai Jatimalang selalu ramai pengunjung.

Untuk wisatawan yang datang ke Pantai Jatimalang sendiri tidak hanya wisatawan lokal, tetapi banyak juga wisatawan asing. Mereka ingin menyaksikan langsung keindahan yang terpancar dari Pantai Jatimalang.

Selain panorama alam yang indah, di sana juga terdapat spot snorkeling yang bisa kamu coba. Meskipun tidak seindah spot snorkeling yang lain, namun spot snorkeling di sana sudah cukup untuk memenuhi keinginan wisatawan. Berbagai batu karang dan biota laut siap menyambutmu saat kamu snorkeling. Untuk peralatan snorkeling sendiri bisa kamu sewa di sana.

Meskipun begitu, ombak yang ada di Pantai Jatimalang merupakan ombak besar. Hal ini dikarenakan Pantai Jatimalang terletak di selatan Pulau Jawa yang memang sudah terkenal dengan ombak besar, apalagi saat air laut sedang pasang.

Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang – foto visitingjogja.com

Dengan adanya ombak yang besar, banyak juga wisatawan yang berselancar di sana. Mereka membawa papan selancar ke lautan untuk menaklukan gulungan ombak besar di Pantai Jatimalang.

Saat sunset, Pantai Jatimalang akan terlihat lebih indah dari biasanya. Pantai ini memang salah satu spot wisata yang tepat untuk menikmati momen matahari terbenam. Tidak hanya sunset, saat sunrise pun Pantai Jatimalang akan sangat indah.

Baca juga:

Fasilitas di Pantai Jatimalang

Untuk fasilitas yang tersedia di Pantai Jatimalang memang bisa dibilang tidak semewah fasilitas pantai-pantai yang lain. Tapi, fasilitasnya sudah bisa mencukupi kebutuhan wisatawan.

Di Pantai Jatimalang sudah ada kolam renang air tawar. Kolam renang air tawar ini biasa digunakan oleh wisatawan yang tidak suka dengan ombak besar. Jika kamu seperti itu, kamu bisa berenang di kolam renang tersebut.

Jika sudah puas berenang dan kamu lapar, kamu bisa makan di warung makan sekitar pantai. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membawa bekal karena di sana sudah disediakan warung makan. Tapi jika kamu ingin membawa bekal, tidak dilarang kok. Di warung makan tersebut menyediakan seafood khas Pantai Jatimalang dan beberapa kuliner ekstrim, seperti makanan yang terbuat dari daging ikan hiu.

Selain itu, di Pantai Jatimalang juga terdapat penginapan, toilet, dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Pantai ini juga sangat cocok untukmu yang suka berbelanja ikan mentah untuk dimasak sendiri di rumah.

Harga tiket masuk Pantai Jatimalang

Untuk masuk ke dalam Pantai Jatimalang, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- saja. Tidak terlalu menguras kantong bukan? Nah jika kamu tertarik datang ketempat ini jangan lupa ajak orang-orang terdekat kamu ya karena datang ketempat ini jauh lebih seru kalo ramean.

Leave a Reply