Alam, Daftar Wisata, Harga Tiket

Pesona Alam Laut Bekah di Yogyakarta

Laut Bekah

Tebing Laut Bekah-sumber: Wego.co.id

Laut Bekah – Kota Jogja juga terkenal dengan wisata alamnya yang bisa membius mata para pengunjung yang datang. Salah satu pantai yang terkenal di kota Jogja adalah pantai Parangtritis. Namun, tahukah kalian selain pantai yang terkenal ini, di Gunungkidul Yogyakarta juga terdapat destinasi wisata Laut Bekah yang konon sensasinya hampir sama dengan tempat wisata Uluwatu di pulau Bali.

Untuk menuju ke Laut Bekah ini memang harus melewati perjalanan yang cukup panjang, tetapi jika sudah sampai di lokasi rasa penat akan terbayar saat menyaksikan pemandangan indah yang luar biasa.

Topografi tempat wisata Laut Bekah di Jogja ini hampir mirip dengan yang ada di kota Lampung berupa laut dengan pemandangan tebing yang menakjubkan.

Pesona Wisata Laut Bekah

Pesona Alam Laut Bekah di Yogyakarta 1

Tebing Laut Bekah-sumber: Klickberita.com

Di Laut Bekah kalian bisa merasakan pemandangan laut lepas yang dibarengi dengan deburan ombak membentur ke karang. Tebing Laut Bekah sendiri membentang dari arah sisi timur atau berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Maka tidak heran jika tebing laut Bekah ini disebut dengan Uluwatunya Jogja. Tebing ini juga memiliki tinggi sekitar 95 meter dengan kemiringan 180 derajat. Info menarik lainnya tentang Tebing Laut Bekah konon dulunya tebing ini merupakan tebing yang berada di bawah laut kemudian bisa terangkat menjadi daratan.

Baca juga : uniknya wisata Rumah Paris dan Breakfast  di jogjakarta ini

Selain menikmati angin sepoi-sepoi dan udara segar dari atas tebing di Laut Bekah ini, kalian juga bisa melakukan aktivitas atau hobi memancing. Inilah juga yang menjadi daya tarik kenapa orang yang memiliki hobi memancing tidak segan untuk berkunjung ke Laut Bekah ini.

Pesona Alam Laut Bekah di Yogyakarta 2

Memancing di Tebing Laut Bekah-sumber: Solopos.com

Pasti rasanya akan sangat mengasyikkan bisa memancing ikan laut dari atas tebing dan menikmati pemandangan alam yang spektakuler. Tidak hanya orang yang hobi memancing saja, di tempat ini kalian juga bisa menyaksikan warga sekitar yang datang dan pergi untuk mencari udang lobster di area Laut Bekah.

Pemandangan lain yang bisa kita nikmati di Laut Bekah khususnya pada waktu senja adalah eksotisme sunset yang menawan.

Pesona Alam Laut Bekah di Yogyakarta 3

Sunset di Tebing Laut Bekah-sumber: Kompasiana.com

Posisi Tebing Laut Bekah yang menjorok ke lautan akan membuat matahari yang sudah condong di sisi barat dapat terlihat dengan begitu sempurna di atas luasnya laut selatan. Menikmati sunset di waktu senja dengan kondisi alam Laut Bekah yang masih belum banyak dikunjungi bisa jadi alternatif penghilang penat bagi kalian penyuka kesendirian.

Untuk fasilitas di Tebing Laut Bekah ini lumayan dengan adanya toilet bangku untuk tempat duduk dan juga tempat untuk berteduh, tetapi di sini masih belum banyak pedagang yang menjajakan makanan. Oleh karena itu, jika kalian singgah ke Laut Bekah bawalah bekal yang banyak untuk bisa dinikmati.

Harga Tiket Tempat Wisata Laut Bekah

Untuk masuk ke kawasan Laut Bekah ini tidak dipungut biaya apapun. Kalian hanya cukup membayar uang parkir kendaraan untuk motor sebesar 2000 rupiah.

Lokasi dan Rute Ke Laut Bekah

Pesona Alam Laut Bekah di Yogyakarta 4

Laut Bekah-sumber: Menggapaiangkasa.com

Lokasi tempat wisata Laut Bekah ini ada di dusun Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Jika kalian dari arah kota Jogja jarak yang ditempuh sekitar 48 kilometer dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 90 menit dengan kecepatan sedang.

Rute paling mudah menuju ke Laut Bekah yaitu melalui Jalan Parangtritis atau jalur Imogiri-Gunungkidul yang sudah familiar. Pasalnya lokasi tempat wisata Laut Bekah ini kurang lebih jaraknya 17 km dari arah pantai Parangtritis atau Jalur Lintas Selatan.

Selanjutnya kalian melewati Jalur Lintas Selatan menuju ke arah timur hingga masuk ke kawasan perbukitan. Jalan di sini memang cukup berkelok dan kondisi kendaraan harus bagus. Sekitar 8 kilometer perjalanan, kalian mengambil arah belok ke kanan dan akan memasuki jalan perkampungan warga.

Laut Bekah

Tebing Laut Bekah-sumber: Wego.co.id

Sebaiknya juga kalian menggunakan kendaraan bermotor karena nanti di perjalanan kalian akan melewati jalan sempit yang belum di aspal.

Di sepanjang perjalanan hampir menuju ke tempat lokasi Laut Bekah ini, kalian akan menemukan plang-plang kecil dan kondisi jalan yang cukup buruk bahkan naik turun serta bebatuan. Jika kalian sudah menemukan jalan beraspal yang halus itu tandanya kalian sudah dekat dengan tujuan ke lokasi Laut Bekah tersebut.

Sumber: tuguwisata.com, menggapaiangkasa.com

Leave a Reply