Pantai

Pantai Kesirat, Wisata Pantai Terbaik Menikmati Sunset

Pantai Kesirat

pantai kesirat, foto: nativeindonesia.com

Wisata Pantai Kesirat punya perbedaan dengan tempat wisata lainnya di Jogya. Umumnya pantai identik dengan pasir putih, namun Pantai Kesirat malah tidak ada pasir sama sekali. Bahkan di tepi laut kamu hanya akan menemukan tebing yang curam. Jadi, ketika datang ke Pantai Kesirat jangan pernah berkeinginan untuk bermain pasir seperti liburan ke pantai yang lainnya.

Namun jangan salah sangka. Meskipun Pantai Kesirat tidak ada pasir, tempat ini merupakan lokasi yang sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan matahari terbenam. Di sini adalah tempat yang akan memberikanmu ketentraman dan ketenangan.

Tidak sedikit wisatawan luar daerah yang datang ke Pantai Kesirat. Alasan mereka memilih Pantai Kesirat adalah karena matahari terbenam terlihat dari pantai ini benar-benar jelas karena tidak akan ada pengalang satu pun.

Daya Tarik Pantai Kesirat

1. Matahari terbenam di Pantai Kesirat

Pantai Kesirat, Wisata Pantai Terbaik Menikmati Sunset 1

matahari terbenam, foto: sewamobil.jogja.info

Seperti yang sudah kami terangkan bahwa yang menjad daya tarik utama di Pantai Kesirat adalah sunsetnya. Kamu bisa bisa melihat matahari terbenam dengan sangat jelas karena tidak ada penghalang satu pun.

2. Camping

camping di Pantai Kesirat

camping seru di Pantai Kesirat, foto: sewamobil.jogja.info

Pantai Kesirat juga merupakan lokasi yang tepat untuk camping. Ketika libur, kamu akan menemukan banyak tenda di sekitar tepi tebing. Padang rumput yang luas yang langsung menghadap ke laut menjadi salah satu faktor kenapa Pantai Kesirat sangat cocok untuk camping.

3. Memancing

Dengan garis pantai yang langsung berbatasan dengan laut lepas, menjadikan Pantai Kesirat sebagai salah satu spot terbaik untuk memancing. Banyak para pemancing yang mengatakan bahwa pantai ini memiliki banyak koleksi ikan.

4. Stargazing

Dikarenakan Pantai Kesirat tidak memiliki lampu, kamu bisa melihat dengan jelas betapa indahnya cahaya bintang. Namun tentu hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah cuaca. Pastikan kamu datang ke Pantai Kesirat ketika cuaca sedang cerah.

Lokasi Pantai Kesirat

Pantai Kesirat berada di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul. Jika kamu perhatikan Pantai Kesirat berbatasan langsung dengan Pantai Wohkudu. Sementara dari pusat kota Joyga, perjalanan yang kamu tempuh kurang lebih 2 jam.

Akses Jalan Menuju Pantai Kesirat

Rute jalan untuk sampai di Pantai Kesirat sebenarnya cukup menantang. Kami sarankan kamu berangkat sore hari sehingga ketika sampai di pantai kamu tidak harus menunggu waktu lama untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Sebenarnya ada dua rute yang bisa kamu ambil.

Baca Juga : 

Pantai Kesirat

pantai kesirat, foto: nativeindonesia.com

Pertama adalah rute melalui kota Jogja kemudian menuju Piyungan sampai kamu bertemu dengan simpang tiga Lanud TNI AU. Kemudian kamu arahkan kendaraanmu menuju Playen dan teruskan perjalananmu sampai kamu sampai Puslatpur TNI AD. Pada simpang yang ketiga, kamu harus memilih jalan menuju Saptosari.

Setelah itu kamu akan sampai di SDN 1 Jetis dan juga Girikarto. Tinggal ikuti jalur yang ada sampai kamu sampai di Pantai Kesirat. Untuk rute yang kedua kamu bisa berangkat dari Imogiri. Dari sini kamu masuk ke Panggang sampai kamu menemukan simpang tiga MTS Yappi. Kam teruskan  perjalanan sampai ke Girikarto. Untuk rute selanjutnya tidak jauh berbeda dengan yang sudah kami jelaskan.

Jam Buka

Bagi kamu yang ingin datang ke Pantai Kesirat, kamu tidak perlu khawatir terhadap kapan jam operasional dari pantai ini. Kamu bisa datang ke sini kapan saja karena Pantai Kesirat buka 24 jam. Hanya saja, kami menyarankan agar kamu datang di sore hari jika memang ingin menikmati keindahan matahari terbenam.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk menuju Pantai Kesirat sangat murah. Kamu hanya akan dikenakan biaya Rp. 5.000. Sementara biaya parkir motor sebesar Rp. 2.000 dan parkir mobil Rp. 5.000.

1 Comment

  1. Chindy

    Waaah, saya pernah ke sini dan pantainya sangaaat bagus. Waktu paling pas saat mengunjungi pantai ini adalah saat mau sunset, jam 5 sudah standby.

Leave a Reply