Bukit, Alam, Pengetahuan

Nikmati Pesona Pantai Selatan Jawa di Bukit Pengilon, Gunung Kidul

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon - semartga.blogspot.com

Bukit Pengilon – Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sering kali masuk ke dalam daftar tujuan wisata banyak orang. Jika masuk ke masa-masa libur sekolah, libur musim panas bagi turis mancanegara, serta libur nasional seperti lebaran, natal, dan tahun baru, Jogja akan sangat dipenuhi oleh banyak wisatawan. Jangan harap Anda akan dapat tempat menginap jika tidak mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Tradisi yang masih kental dan terus diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari membuat Jogja memiliki daya tariknya sendiri. Selain itu, di kawasan pusat kota juga terdapat Keraton Kesultanan Yogyakarta beserta bangunan peninggalan sejarah lainnya yang memikat rasa keingin tahuan para wisatawan yang datang dari luar Jogja.

Wisata kuliner juga merupakan salah satu tujuan para wisatawan untuk datang ke Jogja. Makanan-makanan khas yang selalu tersedia dari pagi hingga malam hari akan memberikan rasa puas kepada Anda para food enthusiast. Harga-harga yang ditawarkan juga relatif bersahabat, jadi tidak aneh jika banyak orang selalu ingin kembali ke Jogja. Untuk wisata alam, Jogja juga memiliki beragam pilihan yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Gunung Kidul.

Tentang Gunung Kidul

pesona pantai di gunung kidul

pesona pantai di gunung kidul – pantainesia.com

Gunung Kidul merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di selatan kota Jogja dan namanya sudah dikenal banyak orang. Di kawasan ini, Anda dapat menemukan beragam spot pantai yang indah dan luas, tentu saja karena Gunung Kidul masuk ke dalam area pesisir Pantai Selatan di Pulau Jawa.

Untuk mencapai ke Gunung Kidul, dari kota Jogja Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 2-3 jam menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Untuk mengunjungi semua tempat yang ada di kawasan wisata ini pun Anda hanya perlu membayar biaya retribusi di gate utama sebesar Rp 10.000 per orang.

Selain pantai, Gunung Kidul juga memiliki salah satu spot yang tidak kalah menarik. Spot ini digemari banyak wisatawan untuk sekadar bersantai bahkan hingga berkemah di sini. Pemandangannya yang menakjubkan membuat orang betah untuk berlama-lama di tempat ini. Tempat yang dimaksud adalah Bukit Pengilon.

Tentang Bukit Pengilon

Pemandangan dari puncak Bukit Pengilon

Pemandangan dari puncak Bukit Pengilon – ardiankusuma.com

Bukit Pengilon masuk ke dalam rangkaian Geopark Gunungsewu yang ada di dalam kawasan wisata Gunung Kidul. Terletak di kaki Gunung Api Purba Batur, puncak bukit ini memiliki kontur tanah atau daratan yang datar yang cukup lapang. Tidak heran pada akhirnya banyak wisatawan yang membuatnya sebagai camping ground.

Hamparan rumput hijau dengan sedikit semak tanpa pohon-pohon tinggi menjulang membantu Anda dalam mendapatkan pemandangan alam yang luas. Namun hati-hati dengan sengatan sinar matahari. Ada baiknya persiapkan peralatan serta bekal makanan dan minuman yang memadai sebelum mengunjungi bukit ini.

Baca juga ya :

Menuju Puncak Bukit Pengilon

Jalanan menuju Bukit Pengilon

Jalanan menuju Bukit Pengilon – jogjaempatroda.com

Perjalanan mendaki dari dataran rendah seperti pantai menuju dataran tinggi seperti bukit tentu akan memakan cukup tenaga. Bagi yang ingin mengunjungi Bukit Pengilon guna menikmati keindahan alam yang tanpa batas, sesampainya masuk ke kawasan wisata Gunung Kidul, ambil jalur yang menuju ke Pantai Siung.

Jangan khawatir akan tersesat, di Gunung Kidul sudah banyak papan informasi jalan yang dapat memandu Anda sampai ke tujuan. Sesampainya di Pantai Siung, Anda bisa langsung menuju ke bukit yang berada di arah timur pantai. Perjalanan dari tepi pantai arah timur menuju Bukit Pengilon akan memakan waktu selama 30 – 60 menit.

Selain itu, trek yang akan dilalui untuk menuju Bukit Pengilon tidaklah mudah. Maka jika Anda bukan orang yang gemar hiking, disarankan untuk membawa persiapan air minum yang lumayan banyak serta lakukan pendakian bukit secara santai saja. Jangan terburu-buru guna mengurangi risiko.

Camping di puncak Bukit Pengilon

Camping di puncak Bukit Pengilon – masyog.com

Sesampainya di puncak Bukit Pengilon, kelelahan Anda seusai mendaki seraya terbayarkan dengan pemandangan gugusan pantai di kawasan Gunung Kidul, seperti Pantai Wediombo dan Watu Lumbung yang sangat indah. Selain itu, Anda pun bisa menikmati pemandangan laut lepas yang seakan tak berujung di atas bukit ini.

Di Bukit Pengilon ini juga sudah tersedia beberapa tempat duduk untuk bersantai-santai sembari menikmati indahnya alam Indonesia dan mengabadikannya menggunakan kamera. Jika Anda berjalan ke arah barat Bukit Pengilon, Anda akan dapat melihat Air Terjun Banyu Tibo yang sangat menarik. Anda akan dapat mennyaksikan air terjun yang jatuh mengalir langsung ke laut.

Bagi Anda yang ingin berkemah di puncak Bukit Pengilon, pastikan Anda memasang tenda dengan sangat baik. Sebab, minimnya pepohonan, membuat angin yang ada di atas bukit ini terbilang kencang. Oleh karena itu, selalu waspada dan jagalah keselamatan.

Leave a Reply