Museum

Museum Ronggowarsito Semarang, Pesona Wisata Menarik 2020

Museum Ronggowarsito Semarang

Kota Semarang Jawa Tengah adalah salah satu kota yang layak dikunjungi pada saat liburan dan akhir pekan. Karena di sini banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh traveler. Salah satu destinasi paling memukau adalah Museum Ronggowarsito Semarang.

Jika datang ke tempat ini pasti pengunjung puas dan senang. Apalagi suasana museum memang sangat asri dan permai cocok untuk tempat melepas penat. Karena alasan inilah, di bawah ini akan dijelaskan tentang museum yang dipenuhi dengan spot foto instagenik ini.

Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito bukan museum klasik yang lahir tahun 1800 an. Karena menurut kabarnya museum ini baru berdiri pada tahun 1975. Sekalipun demikian benda-benda antik yang ada di dalamnya tidak kalah dengan museum jadul yang lahir ratusan tahun yang lalu.

Museum ini khusus menyimpan fosil dan benda-benda purbakala yang pernah diteliti periset Jawa jaman dulu. Maka dari itu, museum ini jauh lebih layak jika dijadikan sebagai sarana wisata edukasi dan pelesir.

Museum Ronggowarsito dinyatakan memiliki 50 ribu koleksi benda-benda purba yang antik dan eksotis. Maka dari itu, dengan jumlah tersebut, museum dinyatakan terbesar se-provinsi yang launching-nya dibuka langsung oleh Mendikbud pada tanggal 5 Juli 1989.

Selain itu, museum Ronggowarsito juga dianggap sebagai museum terluas di Jawa Tengah. Pasalnya, jarak diameter dari gedungnya saja mencapai keluasan hingga 8.348 meter persegi.

Destinasi Menarik di Museum Ronggowarsito

Jika traveler datang ke tempat ini, dijamin puas dan tidak akan kecewa. Pasalnya, di sini banyak destinasi menarik yang bisa dinikmati. Berikut spot-spot wisata di museum yang dimaksud:

1. Galeri Geogologi

Galeri Geogologi adalah ruangan yang di dalamnya dipenuhi dengan karya pahat dan lukisan yang terkait dengan alam semesta. Di sinilah tersimpan Gunungan yang dianggap dibuat oleh Raden Patah di abad 15.

Tak hanya itu, di galeri ini pengunjung juga bisa melihat foto-foto Jawa jaman dulu dan beberapa kerangka hewan purba yang diawetkan. Untuk ruangnya sendiri berada di lantai satu tepat di pintu masuk museum.

2. Galeri Paleontologi

Galeri Paleontologi bisa dibilang ruang inti di Museum Ronggowarsito. Karena di ruangan inilah tersimpan berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh periset purbakala asal Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di dalam ruangnya sendiri masih dibagi menjadi tiga blok lagi yang disebut Paleobotani, Paleo Zoology dan Paleontologi. Di ruang Paleobotani pengunjung bisa melihat-lihat kayu-kayu jaman dulu serta beberapa ilustrasi tumbuhan.

Sedangkan di ruang Paleo Zoology traveler akan disuguhkan aneka macam fosil dari binatang. Di antaranya adalah fosil kerang, kepiting purba, kerbau hingga gajah jaman dulu.

Nah di ruang Paleontologi pengunjung bisa menemukan fosil manusia purba yang bernama Pithecantropus Erectus. Fosil inilah yang menjadi primadona di museum kawakan ini.

3. Benda-Benda Peninggalan Peradaban

Museum Ronggowarsito

Galeri di Museum Ronggowarsito yang berikutnya adalah galeri yang berisi benda-benda peninggalan peradaban. Di antaranya adalah peninggalan peradaban Hindu Budha di Indonesia.

Di sini pengunjung bisa melihat miniatur Candi Borobudur serta tempat pemujaan yang disebut Lingga dan Yoni. Selain itu, traveler juga bisa melihat Arca Ganesha yang pernah ditemukan di ladang sawit di Boyolali

Untuk peninggalan peradaban yang lainnya di antaranya adalah kentongan, kendi, cermin kuno, serta cetakan mata uang masa lampau. Benda-benda inilah yang sejatinya menjadi peminat orang untuk datang ke Museum Ronggowarsito Semarang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum

Untuk datang ke Museum Ronggowarsito tidak perlu membawa budget yang banyak. Karena harga tiketnya tidak mahal, per-orang hanya dikenakan biara masuk Rp4.000 rupiah saja. Sedangkan untuk anak-anak harga tiketnya lebih murah yaitu Rp2.000 rupiah.

Museum ini buka dari jam 08.00 dan tutup 15.30. Silakan didatangi di waktu-waktu tersebut terlebih saat libur panjang maupun libur akhir pekan.

Alamat dan Rute Menuju Museum

Museum Ronggowarsito beralamat di Jalan Abdurrahman Saleh No.1, Kalibanteng kidul, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50149. Untuk sampai ke tempat ini, silakan lewat Stasiun Semarang Tawang. Karena jarak dari stasiun kereta api ini ke museum cukup dekat hanya 10 km saja.

Namun jika Anda naik bus silakan turun di Terminal Terboyo. Setelah itu, naik kendaraan taksi sejauh 12 km melalui jalan Jalan Raya Pantura. Jarak tempuhnya hanya 25 menit dengan kecepatan sedang.

Demikian penjelasan singkat tentang Museum Ronggowarsito Semarang. Silakan dikunjungi bersama keluarga dan jangan lupa membawa kamera karena ada beberapa spot yang boleh diabadikan menjadi foto.

Leave a Reply