Gunung

Pesona Gunung Jantan Kabupaten Karimun, Ini Harga Tiket Dan Rutenya

gunung Jantan

gunung Jantan - foto ig @melalaktakjelas29

Mengunjungi Gunung Jantan Kabupaten Karimun adalah aktivitas yang tidak akan pernah traveler sesali. Pasalnya jika sudah tiba di tempat ini traveler akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Dijamin jika kunjungannya bersama seluruh keluarga pasti traveler tidak ingin cepat-cepat pergi dari sini.

Gunung Jantan memang ikon wisata paling unik yang ada di Kepulauan Riau.

Bahkan sepertinya pihak pemkab setempat berencana untuk menjadikan destinasi ini sebagai ikon wisata kepulauan.

Baca juga :

jalur pendakian Gunung Jantan Karimun

jalur pendakian Gunung Jantan Karimun – foto ig @mmdndre_

Maka dari itu berbagai fasilitas berwisata sudah mulai dibangun di puncak gunung.

Dengan pengelolaan seperti ini sepertinya ke depan Gunung Jantan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Baik ia turis asing maupun wisatawan domestik yang datang dari sekitar Karimun maupun dari luar kepulauan.

Pesona Gunung Jantan Karimun

gunung Jantan

gunung Jantan – foto ig @melalaktakjelas29

Gunung Jantan adalah puncak yang sangat indah. Sekalipun medan tracking-nya melelahkan tetapi rasa capai tersebut akan hilang ketika traveler sudah tiba di puncak gunung.

Lanskap indah yang terpampang di depan mata justru membuat penat hilang seketika. Apalagi jika traveler tiba di puncak bertepatan dengan matahari terbit atau matahari sedang akan terbenam.

Daya tarik selanjutnya ialah Gunung Jantan Kabupaten Karimun adalah puncak tertinggi nomor 5 di Kepulauan Riau yang masih memiliki hutan asri dan rindang. Jika traveler beruntung akan berjumpa dengan satwa liar yang ada di hutan ini.

Air Terjun Pongkar, Destinasi Cantik di Gunung Jantan

Air terjun sememal gunung Jantan

Air terjun sememal gunung Jantan – foto ig @cby_as

Selain alam puncak gunung yang luar biasa di bagian lereng Gunung Jantan juga terdapat destinasi yang bisa didatangi oleh traveler.

Lokasinya tepat di pintu gerbang menuju pendakian pertama. Nama destinasi ini adalah Air Terjun Pongkar yang juga hits di Gunung Jantan.

Sekalipun curug tidak terlalu besar tetapi cukuplah jika hanya sekadar untuk melepas penat sebelum melanjutkan pendakian.

Apalagi air terjun berada di tengah hutan yang teduh dan rimbun tentu rasa lelah akibat perjalanan jauh dari rumah ke kaki gunung menjadi hilang seketika.

Rehat sejenak di Air Terjun Pongkar adalah aktivitas yang harus dilakukan para pendaki. Paling tidak ketika memulai pendakian stamina kembali fresh sehingga ketika sudah mendaki rasa lelah yang muncul tidak terlalu ekstrem.

Selfie di Puncak Gunung Jantan

gunung jantan Tanjung Balai Karimun

gunung jantan Tanjung Balai Karimun – foto ig @geraldhin3_chinthami3

Jika mendaki ke puncak Gunung Jantan Kabupaten Karimun jangan lupa membawa bekal yang ideal. Termasuk membawa kamera tercanggih yang traveler miliki lengkap dengan tripot-nya.

Perlengkapan ini perlu dipersiapkan karena ketika sudah tiba di puncak traveler akan disuguhkan ribuan spot alami yang sangat instagenik. Dijamin akan ada rasa sesal jika sudah tiba di atas gunung malah kamera lupa tidak dibawa.

Berfoto selfie di Gunung Jantan hasil fotonya pasti memuaskan. Traveler tidak akan malu kalau membagikannya (share) ke media sosial seperti IG dan Facebook. Dijamin pula pasti banyak yang bertanya di mana angle foto tersebut diambil.

Rute Menuju Gunung Jantan Karimun

Gunung Jantan

Gunung Jantan // tempatwisata.com

Gunung Jantan beralamat di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Untuk sampai ke puncak ini pengunjung harus mendaki terlebih dahulu selama 80 menit.

Alangkah baiknya silakan melakukan pendakian di pagi hari kira-kira jam 08.30 supaya traveler bisa beristirahat di sepanjang perjalanan atau mampir sejenak di Air Terjun Pongkar.

Jalur daki ke Puncak Gunung Jantan cukup terjal dengan kemiringan yang ekstrem. Makanya ada anjuran traveler agar membawa tongkat untuk mempermudah proses pendakian.

Pendakian pun harus dilakukan bersama-sama satu tim supaya ketika ada masalah di perjalanan bisa saling bantu membantu.

Tiket Wisata Gunung Jantan

Gunung Jantan Kabupaten Karimun

Gunung Jantan Kabupaten Karimun // kumparan.com

Sampai saat ini tiket masuk ke Gunung Jantan maupun ke Air Terjun Pongkar masih digratiskan.

Maka dari itu yang dibutuhkan untuk pendakian hanya bekal saja seperti makanan, minuman, alat camping, sarana pendakian, kamera dan tripot.

Pasalnya semua perbekalan tersebut masih belum tersedia di kawasan wisata. Jadi traveler harus membawanya sendiri dari rumah. Karenanya catat dulu kebutuhan bekal sebelum traveler berangkat untuk berwisata.

Itulah review singkat tentang Gunung Jantan Kabupaten Karimun yang sangat indah dan mempesona. Dijamin jika sudah tiba di tempat ini traveler tidak ingin buru-buru pulang karena saking indahnya pemandangan yang terlihat.

Leave a Reply