Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjung Balai Karimun

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjung Balai Karimun 1

Mie Lendir | Foto : www.goodindonesianfood.com

Kuliner dan Makanan Khas Tanjung Balai Karimun – Dikenal dengan istilah Bumi Berazam, Tanjung Balai Karimun terkenal dengan budaya masyarakatnya yang penuh dengan keramah-tamahan. Tanjung Balai Karimun merupakan ibu kota kabupaten Karimun yang merupakan sebuah pulau di Provinsi Kepulauan Riau.

Letak Tanjung Balai Karimun tidak jauh dari negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura, tak heran bila daerah ini menjadi jalur pelayaran internasional. Dengan lokasi yang strategis, membuat Tanjung Balai Karimun menjadi tempat tujuan para wisatawan mancanegara, ditambah lagi dengan Tanjung Balai Karimun yang menawarkan keindahan alam eksotis serta keberagaman kebudayaan khas yang dimilikinya. Serta, tak lepas juga dari kuliner Tanjung Balai Karimun yang bercita rasa khas dan unik.

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjung Balai Karimun

Jika sudah berkunjung ke Tanjung Balai Karimun, maka tak lengkap rasanya bila tidak menyicipi berbagai kuliner khas daerah. Berikut merupakan 6 pilihan kuliner dan makanan Khas Tanjung Balai Karimun sebagai pelengkap perjalananmu.

1. Lontong Paha

makanan khas Tanjung Balai Karimun

Lontong Paha | Foto : menixnews.com

Kalian bisa menyicipi lontong paha ini sebagai menu sarapan. Makanan khas Tanjung Balai Karimun ini diberi nama lontong paha karena pada seporsi lontong diberi potongan paha ayam gulai. Namun, kalian juga bisa meminta potongan ayam lainnya seperti dada serta sayap. Lontong ini semakin nikmat dengan topping sambal kantang kering dan juga siuran ikan bilis. Soal rasa, lontong paha ini tidak perlu diragukan lagi karena merupakan perpaduan masakan minang serta melayu yang kaya akan rempah-rempah. Untuk menikmati lontong paha ini, kalian juga dapat menambahkan potongan tahu, labu, dan juga sayur buncis.

2. Lendot

makanan khas Tanjung Balai Karimun

Lendot | Foto : kabare.id

Makanan khas Tanjung Balai Karimun yang unik lainnya ialah Lendot. Lendot merupakan masakan berbahan dasar bayam dan kangkung yang dapat dicampuri dengan bahan lain seperti udang, cumi, dan ikan yang mana makanan ini memiliki kuah bertekstur tidak cair seperti makanan berkuah pada umumnya. Kuah kental atau seperti lem ini diperoleh dari sagu yang ditambahkan sehingga kuah terlihat seperti lendir, karena itu makanan ini disebut lendot oleh warga Tanjung Balai Karimun. Makanan unik ini semakin nikmat ditemani dengan sambal terasi yang pedas serta nasi hangat. Untuk menikmati makanan ini dapat kalian mengeluarkan uang mulai dari Rp10.000 hingga Rp17.000 per mangkok.

3. Mie Siam Kuning

makanan khas Tanjung Balai Karimun

Mie Siam Kuning | Foto : www.masakandapurku.com

Kalian dapat juga menikmati makanan khas Tanjung Balai Karimun yang berbahan dasar mie yaitu mie siam kuning. Masakan ini merupakan mie kuning yang berbadan dasar soun yang disajikan dengan kuah tauco yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba. Sebagai pelengkap masakan ini, mie siam kuning biasanya ditambah dengan campuran lain seperti telur, udang, tahu putih, tauge, dan juga mentimun.

4. Mie Lendir

makanan khas Tanjung Balai Karimun

Mie Lendir | Foto : www.goodindonesianfood.com

Selain itu, kalian bisa menikmati makanan khas Tanjung Balai Karimun berbahan dasar mie lainnya adalah mie lendir. Makanan ini menggunakan mie kuning sama seperti masakan berbahan dasar mie lainnya. Akan tetapi, yang membuat makanan ini menjadi khas ialah kuah kental yang dipadukan dengan bahan seperti ubi jalar dan kacang tanah yang menjadi bahan dasar kuah sehingga membuat masakan ini terasa lebih lezat. Disebut dengan mie lendir karena kuah yang bertekstur kental seperti lendir, namun rasanya tak perlu diragukan lagi. Kalian dapat menikmati makanan ini yang dijual diwarung-warung makan di Tanjung Balai Karimun.

5. Mi Hun Seafood

makanan khas Tanjung Balai Karimun

Mi Hun Seafood | Foto : menixnews.com

Makanan khas Tanjung Balai Karimun lainnya yang dapat kalian coba ialah Mi hun Seafood. Makanan ini disajikan dengan cara digoreng menggunakan kecap asin-manis, lalu disiram menggunakan kuah kental yang sudah berisi campuran seafood lain seperti bakso, ikan, udang, serta cumi-cumi. Rasa segar dan nikmat dapat kalian dapatkan ketika menyicipi makanan ini. Untuk membuat makanan ini semakin lezat, kalian dapat tambahkan potongan cabai rawit yang direndam dengan kecap asin.

6. Nasi Lemak

makanan khas Tanjung Balai Karimun

Nasi Lemak | Foto : tuahbudak.blogspot.com

Kalian tidak boleh melewatkan nasi lemak yang berada di daerah ini. Nasi lemak ini menjadi makanan khas Tanjung Balai Karimun dimana untuk lauk pauk yang digunakan sangat mengikuti kultur melayu yang tidak terdapat di daerah lain. Untuk topingnya sendiri, nasi lemak dari Tanjung Balai Karimun menggunakan ikan bilis, rendang, telur yang dibelah dua, ikan asin sering, dan juga sambal blacan. Topping inilah yang menjadi keunikan tersendiri pada nasi lemak Tanjung Balai Karimun.

Artikel Terkait

Leave a Reply