Tentang Kota

Mengenal Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara

Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara

Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara - foto beritakolut.com

Kota Lasusua adalah ibu kota Kabupaten Kolaka Utara. Kota ini juga memiliki penduduk terbanyak dibandingkan daerah lain yang ada di kabupaten Kolaka Utara. Kota yang berasa di provinsi Sulawesi Tenggara ini mempunyai luas wilayah 287,67 km². Data tersebut diambil berdasarkan tahun 2018. Sementara untuk kepadatan penduduknya mencapai 103 jiwa per km².

Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara

Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara – foto beritakolut.com

Kota Lasusua menjadi salah satu daerah terpadat dan di sini berlangsung berbagai aktivitas masyarakat. Selain itu, kota ini juga terkenal karena memiliki beberapa tempat wisata menarik yang harus selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Bagi kamu yang sekarang berencana liburan ke Lasusua, kabupaten Kolaka Utara, kamu harus mampir untuk mengunjungi beberapa tempat di sini.

Tentang Kabupaten Kolaka Utara

Kabupaten Kolaka Utara adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia dan beribu kota di Lasusua. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dengan UU Nomor 29 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Baca Juga ya :

Masjid Agung Lasusua kabupaten kolaka utara

Masjid Agung Lasusua kabupaten kolaka utara – foto singgahkemesjid.blogspot.com

Jumlah penduduk dari hasil registrasi akhir tahun 2005, yaitu sebesar 113.317 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki sebesar 57.438 jiwa atau 50.69% dan perempuan sebesar 56.879 jiwa atau 49.31%.

Sumber pendapatan utama kabupaten ini adalah perkebunan kakao, kelapa dan cengkih. Sekitar 80% penduduk kabupaten ini bergantung pada perkebunan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tempat Wisata di Kota Lasusua

Berikut ini akan kami rekomendasikan beberapa tempat wisata terkenal di Lasusua atau kabupaten Kolaka Utara. Tempat wisata terbaik untuk kamu yang hobi mengunjungi wisata air.

1. Pulau Bintang Tolala

kota Lasusua

Sumber: berita.kolutkab.go.id

Tempat wisata pertama yang harus kamu kunjung adalah Pulau Bintang Tolala. Tempat yang selalu menebar rasa penasaran bagi siapapun yang hobi mengunjungi tempat wisata alam. Asal kata bintang didapat karena pulau ini dikelilingi oleh bintang laut sehingga membuat pemandangan pulau ini semakin menarik.

Belum lagi dengan pesona air birunya yang membuat siapapun ingin berlama-lama di sini. Akses menuju Pulau Bintang Tolala juga terbilang cukup mudah sehingga kamu tidak kesulitan datang ke sini.

2. Pantai Berova

Pantai Berova di Lasusua Kolaka Utara

Pantai Berova di Lasusua Kolaka Utara – foto youtube.com

Pantai Berova juga dinamakan sebagai Pantai Pasir Putih. Pantai ini merupakan salah satu pantai terkenal yang ada di kota Lasusua. Wisatawan yang berlibur ke sini bukan hanya berasal dar kabupaten Kolak Utara saja. Tidak sedikit wisatawan yang berasal dari daerah lain di Sulawesi Tenggara.

Mereka penasaran karena ingin melihat keindahan pantai secara langsung. Jika kamu datang ke Pantai Berova, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti bermain pasir, bermain air, atau hanya sekedar bersantai menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Tidaak jauh dari sini kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan yang menyediakan menu makanan lezat. Harganya pun terjangkau sehingga tidak akan membuat kantongmu kosong hanya untuk mencicipi makanan di sini.

3. Air Terjun Seruni

Air Terjun Seruni tempat wisata di lasusua kolaka utara

Air Terjun Seruni tempat wisata di lasusua kolaka utara – foto zonasultra.com

Air Terjun Seruni juga menjadi tempat wisata terkenal di kota Lasusua yang tidak boleh kamu lewatkan. Lokasinya air terjun yang satu ini memang cukup jauh sehingga untuk bisa sampai ke sini diperlukan usaha lebih dibandingkan datang ke tempat wisata yang lain.

Akan tetapi, rasa lelah setelah melewati semua jalan yang ada akan langsung terbayarkan. Kamu akan disuguhkan air terjun yang sangat jernih dengan pemandangan alam yang membuatmu tidak ingin cepat-cepat beranjak dari sini. Mereka yang datang ke sini biasanya berfoto untuk mengabadikan momen liburan di salah satu tempat wisata terkenal yang ada di kabupaten Kolaka Utara.

Makanan Khas Kota Lasusua

Ada beberapa makanan khas kota Lasusua yang sebenarnya juga bisa kamu temukan di daerah lain yang ada di Sulawesi Tenggara.

1. Kasoami

kota Lasusua

Sumber: id.wikipedia.org

Makanan yang satu ini bisa kamu temukan di berbagai daerah yang ada di Sulawesi Tenggara, salah satunya di kota Lasusua. Makanan ini berbahan singkong atau ubi. Singkong tersebut direbus terlebih dahulu tanpa digoreng atau diolah karena bisa beracun yang membahayakan kesehatan.

Butuh proses yang panjang agar ubi tersebut berubah menjadi Kasoami.  Rasanya begitu nikmat dengan penambahan ikan asin, ikan bakar, kuah ikan goreng, maupun ikan parede. Tinggal pilih salah satu sesuai seleramu.

2. Lapa-Lapa

Lapa-Lapa makanan khas lasusua kolaka utara

Lapa-Lapa makanan khas lasusua kolaka utara – foto redaksiandauho.blogspot

Jika kamu suka mengkonsumsi makanan gurih, maka cobalah mencicipi Lapa-Lapa. Biasanya, makanan ini lebih nikmat dikonsumsi bersamaan dengan ikan asin (kaholeonarore). Di dalam pengolahannya, beras dimasak bersama santan sampai setengah matang. Setelah itu, diangkat dan didinginkan, lalu direbus.

Sebelum direbus, makanan ini dibungkus dengan janur kelapa muda. Makanan ini biasanya disajikan menjelang hari raya, pembuka puasa, atau hari raya idul adha. Jika kamu tidak ingin membuatnya karena butuh proses panjang, kamu tinggal membelinya di berbagai warung makan yang menjual makanan khas tersebut.

3. Sate Gogos Pokea

kota Lasusua

Sumber: foodlopedia.blogspot.com

Sate ini memiliki keunikan tersendiri karena berbahan dasar kerang. Penyajiannya hanya berupa kerang rebus lalu ditusuk bambu. Selain itu, terkadang dibuat dengan bumbu bacem manis. Namun rasanya memang agak pedas. Makanan yang satu ini pun juga mudah kamu dapatkan karena dijual di tempat lain di Sulawesi Tenggara. Jadi, kamu tidak perlu kesulitan mendapatkannya.

Leave a Reply