City Tour, Pantai, Tentang Kota

Mengenal Kota Buranga Kabupaten Buton Utara

Buton Utara

Mengenal Kota Buranga Kabupaten Buton Utara, foto: balebengong.id

Kota Buranga – Kabupaten Buton Utara berada di wilayah dataran rendah dengan kondisi tanah yang subur. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah seperti emas dan aspal. Selain itu, wilayahnya yang terdiri dari deretan pegunungan menjadikannya sebagai lokasi yang memiliki banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten Buton Utara memiliki luas 1.923,03 km² dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar  48.184 jiwa. Sementara untuk kepadatan penduduk yang ada di kabupaten ini yaitu sekitar 25,06 jiwa/km2. Ketika kamu berlibur ke Buton Utara, ada beberapa tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi.

Salah satunya adalah dengan mengunjungi Buranga. Buranga merupakan salah satu desa terkenal di Buton Utara karena dijadikan sebagai pusat  pemerintahan. Selain itu, di sini tedapat beberapa tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga maupun pasanganmu.

Tradisi Masyarakat di Buton Utara

Kota Buranga

Tradisi Masyarakat di Kota Buranga, Buton Utara, foto: infopublik

Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara  yang diberkati dengan keberagamam tradisi dan kebiasaan unik masyarkatnya. Salah satunya adalah tradisi unik masyarakat di Buranga kabupaten Buton Utara. Tradisi unik tersebut bernama Poriwangano Lipu.

Tradisi ini sudah dilaksanakan dalam waktu yang sangat lama dan tetap terjaga hingga sekarang. Uniknya, kamu hanya bisa menyaksikan atau berpartisipasi dalam acara ini hanya ketika Idul Fitri. Tujuan perayaan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur dan juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat Buranga setelah sebelumnya melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh.

Baca Juga ya :

Acara tersebut biasanya dihadiri oleh Bupati Bulton Utara maupun para tamu undangan penting lainnya. Acara ini akan dibuka dengan tari Lense yaitu tari utusan dari petinggi adat masing-masing, diantaranya Lakino Agama, Kenepulu, Kapitano Lipu, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata di Bulon Utara

Kota Buranga Buton Utara,

Tempat Wisata di Kota Buranga, Buton Utara, foto: wisato.id

Lalu apa saja tempat wisata yang ada di Buranga maupun kabupaten Bulon Utara? Simak informasi yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Pantai Membuku

Kota Buranga, Buton Utara

Pantai Membuku, Kota Buranga Buton Utara foto: Instagram @janebieb

Tempat wisata terkenal yang ada di Bulon Utara adalah Pantai Membuku. Pantai ini menjadi salah satu pantai terkenal dan langsung menjadi tujuan utama wisatawan ketika berlibur ke Bulon Utara. Pasir putihnya yang membentang sejauh mata memandang dengan pemandangan panoramanya yang tidak ada tandingannya membuat banyak orang datang ke sini.

Pantai Membuku bukan hanya menjadi lokasi terbaik masyarakat yang ada di Buranga maupun Buton Utara. Pantai ini juga merupakan surga bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah.

2. Pantai Bone

Kota Buranga

Pantai Bone, wisata di Kota Buranga Buton Utara foto: Instagram @icilmarietta

Pantai Bola adalah tempat wisata di Kota Buranga Buton Utara. Memang dari segi pengelolaan masih belum bisa dikelola secara maksimal.  Namun jangan salah sangka karena pantai ini memiliki keindahan yang akan membuatmu tidak bisa move on setelah mengunjungi Pantai Bone. Dikarenakan minat wisatawan untuk datang ke pantai ini semakin tinggi, maka pembangunan Pantai Bone pun mulai dilakukan.

Salah satunya adalah pembangunan jembatan kayu dan juga beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berisrirahat. Selain itu, jika kamu ingin menginap di sini maka para warga sudah menyediakan rumah-rumah mereka yang dijadikan sebagai homestay atau penginapan.

3. Pemandian Alam Ee Yi Ngkapala

Buton Utara

Pemandian Alam Ee Yi Ngkapala, foto: wisato.id

Dalam bahasa Daerah setempat, pemandian ini berarti “air di dalam kapal”. Hal ini karena pemandian ini dikeliling oleh karang yang memiliki bentuk menyerupai kapal. Memang untuk ukuran dari telaga ini tidak terlalu besar. Akan tetapi, jika kamu ingin merasakan suasana yang tenang dan nyaman, maka Pemandian Alam Ee Yi Ngkapala merupakan pilihan terbaik. Airnya sangat jernih dengan ikan-ikan kecil yang berenang di dasar sehingga sangat jelas terlihat dari atas.

4. Pemandian Air Panas Ee Karede

Buton Utara

Pemandian Air Panas Ee Karede, foto: wisato.id

Jika kamu suka berlibur ke pemandian air panas, maka saatnya kamu datang ke Pemandian Air Panas Ee Karede yang ada di Bulon Utara. Salah satu alasan mengapa pemandian ini terkenal adalah karena lokasinya yang mudah dijangkau sehingga tidak akan membuat kamu kesulitan datang ke sini.

Kamu bisa datang ke sini dengan naik kendaraan umum dan hanya perlu menempuh perjalanan sebentar untuk sampai ke Pemandian Air Panas Ee Karede. Sebuah lokasi yang akan memberikan kenyamanan dan keseruan. Sangat cocok untuk digunakan sebagai lokasi wisata bersama keluarga dan sahabat.

 

 

Leave a Reply