Potret Megahnya Masjid Al-Madaniah Pasangkayu Sulawesi Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Masjid

Potret Megahnya Masjid Al-Madaniah Pasangkayu Sulawesi Barat

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu - foto ig @justcaptures_

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu adalah salah satu masjid yang cukup megah di wilayah Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat.

Kabupaten Pasangkayu adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. sebelumnya Kabupaten Pasangkayu bernama Kabupaten Mamuju Utara

Ibu kota kabupaten Pasangkayu ini terletak di kecamatan Pasangkayu. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Mamuju yang terletak 719 km ke sebelah utara dari Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan.

Tujuan pembangunannya semata untuk meningkatkan ketakwaan masyarakat sekitar serta kepatuhan menjalankan sholat tepat waktu.

Lain daripada itu, masjid ini juga dijadikan sebagai pusat kajian Islam dan sosial kemasyarakatan.

baca juga : sadsd Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayusds

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu // seringjalan.com

Lepas dari tujuan pembangunan, Masjid Al-Madinah Pasangkayu memang sangat megah sehingga dijadikan ikon wisata religi di Pasangkayu.

Banyak traveller yang kebetulan datang ke kota ini, pasti mampir ke masjid untuk beribadah dan setelah itu, langsung mengambil ponsel untuk berfoto selfie.

Nah, di bawah ini, akan dijelaskan secara detail tentang Masjid Al-Madaniah Pasangkayu lalu silakan ambil informasi darinya.

Untuk itu, silakan disimak sampai selesai siapa tahu, Anda juga tertarik untuk mengunjungi dan melihatnya dari dekat. Ini dia ulasan selengkapnya:

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu sulawesi barat

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu sulawesi barat – foto ig @andisubhan4

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu merupakan tempat ibadah yang dibangun oleh Bupati Pasangkayu bersama wakilnya.

Maka dari itu, rumah ibadah umat Islam ini berdekatan dengan kantor Bupati serta berada tepat di depan kantor DPRD. Menurut informasi terbaru, pembangunan masjid ini memakan biaya puluhan miliar.

Peresmian Masjid Al-Madinah dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun Kabupaten Matra yang ke 14. Pada waktu itu, juga ada ikon lain yang ikut diresmikan yaitu Tugu Smart dan Jembatan Merah Pasangkayu.

Pada waktu peresmian masjid, semua unsur dinas hadir termasuk para ASN. Di kesempatan yang sama, Bupati juga berharap agar para ASN bisa menjadikan masjid sebagai tempat untuk memperbaiki diri.

Tak hanya itu, Bupati juga mengirimkan surat edaran yang berisi kewajiban seluruh ASN dan tenaga honorer di Matra untuk melaksanakan sholat berjamaah Dhuhur dan Asar di masjid Al-Madinah.

Jika kewajiban ini dilanggar, tentu si pelanggar akan mendapatkan sanksi kode etik kepegawaian.

Desain Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu – foto ig @justcaptures_

Masjid Al-Madaniah Pasangkayu Kabupaten Matra didesain seperti Masjid Timur Tengah tepatnya seperti masjid yang ada di negara Turki.

Hal ini terlihat dari kubah yang berjumlah ganda. Kubah utama berada di belakang dengan ukuran cukup besar, sedangkan kubah kedua berada di depan dengan ukuran lebih kecil.

Kedua kubah ini memiliki warna kuning emas sedangkan motif yang mengelilingi seluruh diameter kubah diberi warna cokelat.

interior di Masjid Al-Madaniah Pasangkayu

interior di Masjid Al-Madaniah Pasangkayu – foto ig @wawan.prasetya20

Leave a Reply