Daftar Wisata, Air Terjun, Alam

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu 1

Foto: indonesia-tourism.com

Kabupaten Pasangkayu adalah salah satu kabupaten yang berada di Pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Barat. Kabupaten ini terletak 719 kilometer di sebelah utara dari Kota Makassar dan menyimpan banyak destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Meskipun tempatnya cukup jauh dari pusat kota dan membutuhkan effort yang lebih untuk mencapainya, kamu akan dibuat terkesima dengan keindahan alam dari kabupaten yang satu ini begitu sampai disana.

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu

Berikut ini kami sajikan 6 tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu yang sayang untuk dilewatkan.

1. Air Terjun Barubu

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu 2

Foto: 2Enam.com

Lokasi pertama yang harus kamu kunjungi adalah Air Terjun Barubu yang terletak di Bukit Harapan, Kecamatan Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Selain alamnya yang indah, ketika berkunjung kesini kamu juga akan mendapatkan pengalaman hiking yang seru.

Air Terjun Barubu memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan bentuk berundak. Di bawah air terjun terdapat kolam air yang jernih dan dingin, sehingga bisa digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air. Selain bermain air, para wisatawan biasanya suka mengambil foto selfie di lokasi ini.

2. Air Terjun Kaluku Nangka

Masih seputar air terjun, tempat wisata kedua yang tak kalah indahnya adalah Air Terjun Kaluku Nangka yang terletak di Kaluku Nangka, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Berbeda dengan Air Terjun Barubu yang memiliki medan cukup mudah, air terjun ini memiliki medan yang cukup menantang sehingga menjadi salah satu destinasi favorit para pecinta alam.

Untuk mencapai ke air terjun ini, kamu harus berjalan sekitar 45 menit melewati hutan rimba. Namun ketika sampai di air terjun ini, niscaya semua rasa penat dan capek akan hilang karena keindahannya.

Karena medannya yang berat, air terjun ini masih tergolong sepi dan jarang dijamah manusia, sehingga cocok bagi kamu yang ingin merasakan ketenangan alam yang sunyi dan indah.

3. Pantai Cinoki

Beralih dari air terjun, kamu wajib untuk mencoba salah satu wisata alam berupa pantai yang ada disini, yaitu Pantai Cinoki. Pantai ini terletak di Desa Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Pantai ini menawarkan pasir yang putih serta air laut yang masih sangat jernih dan berwarna biru. Fasilitas di pantai ini juga sudah terbilang cukup memadai sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika akan parkir atau pergi ke kamar kecil.

4. Pantai Batu Oge

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu 3

Foto: Promoliburan.com

Selain Pantai Cinoki, ada Pantai Batu Oge yang tak kalah indahnya. Pantai ini berlokasi di Desa Batu Oge, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Berbeda dengan Pantai Cinoki, pasir di pantai ini berwarna sedikit kehitam – hitaman. Namun, warna pasir itu menjadi keunikan tersendiri dari pantai ini dan membuatnya menjadi lebih eksotis. Pantai ini ditumbuhi banyak pepohonan sehingga kamu bisa bersantai dibawah pohon sambil menikmati angin yang berhembus serta pemandangan pantai yang indah.

Meski pasirnya berwana hitam, bukan berarti pantai ini kotor, lho. Kebersihan di pantai ini sangat terjaga dengan baik karena peran penting dari warga sekitar yang terus berupaya menjaga serta menghimbau para wisatawan untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan pantai ini.

5. Goa Lawah

Selain pantai dan air terjun, Pasangkayu juga memiliki tempat wisata berupa gua, yakni Goa Lawah. Gua ini terletak di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bulutaba, Kabupatan Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Goa Lawah merupakan gua yang memiliki nama yang sama dengan gua yang ada di Bali, meski memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Gua ini berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Untuk mencapai gua ini, kamu harus berjalan kaki melewati perkebunan kelapa sawit yang cukup jauh dan melelahkan.

Di dalam gua ini terdapat sarang kelelawar yang cukup banyak serta adanya stalakmit dan stalaktit yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga wisatawan rela menempuh perjalanan yang cukup menantang untuk sampai di gua ini.

6. Tugu Smart

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu 4

Foto: Okezone.com

Setelah berkelana di tempat – tempat yang jauh, tidak ada salahnya mencoba tempat wisata yang berada di pusat kota, yakni Tugu Smart. Tugu ini berada di Jalan Moh. Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Tugu ini merupakan simbol dari Kabupaten Pasangkayu yang harus kamu datangi. Nama Smart sendiri merupakan singkatan dari sejahtera, mandiri dan bermatabat. Selain berfoto, kamu juga wajib untuk membeli makanan dan minuman yang dijajakan oleh pedagang setempat di tugu ini.

 

Leave a Reply