Makna Dan Sejarah Tari Ronggeng Bugis - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Makna Dan Sejarah Tari Ronggeng Bugis

Makna Dan Sejarah Tari Ronggeng Bugis 1

Tari Ronggeng Bugis – Pada umumnya, tarian yang bernama Tari Ronggeng Bugis termasuk ditarian jenaka, lucu dan dapat menghibur para penonton yang sedang menontonnya. Perlu diketahui oleh anda kalau tarian ini menjadi salah satu tarian yang sangat terpopuler di daerah Cirebon.

Tari ronggeng bugis biasanya disebut sebagai Tari Telik Sandi yang merupakan tarian komedi yang akan dibawahkan oleh para lelaki dengan menggunakan pakaian yang sama seperti perempuan. Inilah yang membuat tarian ini dapat menghibur para penonton yang menontonnya.

Nah, berbicara tentang tari ronggeng bugis, saat ini kami akan memberikan penjelasan tentang makna yang dimiliki oleh tari ronggeng bugis dan disertai dengan sejarahnya. Seperti pembahasannya? Mari kita simak bersama ulasan yang ada dibawah ini.

Makna Tari Ronggeng Bugis

Makna Dan Sejarah Tari Ronggeng Bugis 2

Gerakan Tari Ronggeng Bugis-portalkuningan.com

Diawal sudah dijelaskan bahwa tari ronggeng bugis ini merupakan salah satu tarian yang dapat menghibur orang-orang yang berada disekitarnya. Dengan begitu anda juga bisa mengartikan makna dari tarian yang satu ini. Dimana tarian ini memiliki makna yang dapat menghibur orang-orang yang sedang bersedih.

Jika anda ingin mencari hiburan, maka tarian inilah yang dapat ditonton oleh anda. Nah, jika anda ingin menontonnya, anda dapat mencari disebuah aplikasi streaming atau tempat streaming online lainnya melalui perangkat anda. Anda juga bisa mencarinya di aplikasi YouTube dengan mengetik nama tariannya.

Terpukau dengan berbagai keunikan dan komedi yang akan membuat semua orang terhibur dengan apa yang diberikan oleh seorang penari dalam menarikan tari ronggeng bugis. Mungkin anda akan berpikir kalau tarian ini berasal dari Bugis-Sulawesi Selatan, namun pada kenyataannya tarian ini berasal dari Jawa Barat.

Secara umum, tari ronggeng bugis ini dibagi hingga menjadi 2 kata, yakni Ronggeng dan juga Bugis. Dalam artinya adalah salah satu tarian yang akan digunakan oleh seorang laki-laki yang akan menggunakan pakaian ataupun kostum dan busana seperti seorang wanita.

Baca juga ya:

Sejarah Tari Ronggeng Bugis

Makna Dan Sejarah Tari Ronggeng Bugis 3

Penampilan Tari Ronggeng Bugis-lifestyle.okezone.com

Tari ronggeng bugis ini memiliki sejarah yang menarik, dimana sejarahnya terlihat dari ketika wilayah Cirebon telah bebas dari pengawasan Kerajaan Maharaja Pakuan Pajajaran Sunan Gunung Jati. Kemudian, Sunan Gunung Jati akan membuat sebuah komunitas dengan sebutan nama Pasukan Telik Sandi.

Pasukan Telik Sandi akan bertugas sebagai kegiatan spionase di daerah Pajajaran dalam mencari tahu tentang deklarasi kewenangan dari negara Islam yang ada di Cirebon. Dalam hal ini, Kerajaan Cirebon akan menerima bantuan dari pasukan Bugis yang berasal dari Cirebon.

Mereka akan menyamar sebagai seorang ronggeng (wanita digantikan oleh seorang laki-laki) dan kemudian akan berpakaian layaknya seperti seorang penari perempuan. Dari penyamaran ini, maka sukseslah mereka dalam menjalankan misi tersebut.

Hingga pada saat ini telah menjadi sebuah tarian yang berfungsi untuk menunjukkan kepada para warga masyarakat yang ada. Dan, tarian itu langsung dinamakan sebagai tari ronggeng bugis yang merupakan tarian lelaki dengan busana wanita, baik itu aksesoris maupun make up akan terlihat seperti wanita.

Didalam tarian ini bersudut pandang dalam mengagungkan para prajurit dari Sunan Gunung Jati yang mengabdi pada negara dan bangsanya. Ini juga menjadi salah satu makna dari tari ronggeng bugis. Dimana para warga masyarakat dapat selalu mengabdi pada bangsa dan negaranya.

Namun, tarian ini tidak langsung dikenal dengan begitu saja, dimana pada tahun 1990-an setelah diajarkan oleh Keraton Kecirebonan dari Bapak Handoyo yang didukung oleh Pangeran Yusuf Dendabrata, maka tarian ini dapat dikenal oleh warga masyarakat luas.

Tari ini mulai diinovasikan, khususnya pada festival Keraton Nusantara yang diselanggarakan pada tahun 1990-an di Yogyakarta. Nah, ditahun 2000-an tari ini ditampilkan oleh sebuah Perguruan Tinggi Islam Cirebon yang diadakan di daerah lampung hingga diberbagai daerah lainnya.

Setelah melewati masa perkembangan hingga pada saat ini tarian tersebut menjadi sebuah tarian yang paling banyak disukai oleh warga masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya di daerah Cirebon. Tari ronggeng ini masih dilestarikan hingga pada saat ini dalam mengisi acara-acara yang ada.

Baca juga ya:

Leave a Reply