Tari Adat

Asal Usul Dan Sejarah Tari Buyung

Asal Usul Dan Sejarah Tari Buyung 1

Tari Buyung – Tari merupakan salah satu karya yang berupa seni dan diartikan sebagai adat dari setiap daerah atau wilayah yang ada di Indonesia. Disetiap provinsi yang ada di Indonesia diwajibkan untuk menyediakan sebuah tarian adat dari berbagai provinsi yang terdaftar di Indonesia.

Sekian banyak tari yang ada di Indonesia memiliki arti ataupun makna tersendiri, tentu saja akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Inilah yang membuat kalau negeri kita itu sangat unik dan menarik.

Nah, berbicara mengenai tari adat, kali ini kami akan menjelaskan tentang asal usul dan sejarahTari Buyung. Seperti apa asal usul dan sejarah Tari Buyung ini? Dibawah inilah penjelasannya yang telah disusun dengan rapih oleh kami untuk anda. Berikut ulasannya.

Baca juga ya:

Asal Usul dan Sejarah Tari Buyung

Asal Usul Dan Sejarah Tari Buyung 2

Gerakan Tari Buyung-pinterest.com

Pada umumnya tari buyung merupakan salah satu tarian adat tradisional Indonesia yang dimiliki oleh provinsi Jawa Barat. Biasanya  tari ini akan diadakan dalam rangka upacara Seren Tahun Jawa Barat. Tari ini dapat dikatakan sangat unik dan menarik serta berbeda dengan berbagai jenis tarian adat Indonesia.

Ditanggal 18 raya agung akan dimulaikan upacara tersebut sebagai penyambutannya saja. Sedangkan, ditanggal 22 raya agung akan dilaksanakannya sebagai tanda pembukaan padi yang merupakan puncak upacara. Upacara tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu selama 1 minggu.

Adat istiadat dari upacara Seren ini mengartikan kalau setiap warganya akan mengucap syukur pada Tuhan yang telah memberikan penghasilan dari panen padi. Upacara Seren ini sudah ada sejak Kerajaan Pajajaran, dan diawali untuk mengagungkan Nyi Pohaci Sanghyang Aci.

Di masa itu hanya menjadi sebuah kepercayaan secara Animisme ataupun Dinanisme dalam memuja arwah dari nenek moyang dengan kekuatan alam yang disertai dengan ajaran Hindu maupun Buddha.

Baca Juga ya : Makna Dan Sejarah Tari Maena

Makna Tari Buyung

Makna Tari Buyung

Makna Tari Buyung – foto antara

Tari buyung menggambarkan berbagai jenis dari alat musik dalam mengambil air dan biasanya digunakan oleh seorang wanita apabila mereka ingin pergi ke sungai, danau dan lain sebagainya untuk mengambil air.

Secara umum, tari buyung akan menceritakan tentang bagaimana seorang wanita yang akan pergi ke sebuah sungai yang berada di Pancoran Ciereng dengan memakai buyung.

Untuk buyungnya terbentuk dari gerabah yang membentuk gentong, dan kemudian akan dibakar dengan suhu yang mencapai 1000 derajat celcius. Dimana ini akan menghasilkan buyung terkuat.

Tarian ini dihasilkan dari kreasi Emilia Djatikusumah yang merupakan seorang istri dari yang dituakan, siapa lagi kalau bukan Pangeran Djatikusumah di tahun 1969. Dimana ia mengamati seorang gadis yang mengambil air sehingga terjadilah gerakan tari buyung.

Dengan adanya perkembangan jaman, maka tari ini sudah dikenal oleh berbagai masyarakat. Tari tersebut pernah menerima berbagai macam penghargaan yang berasal dari masyarakat yang ada disekitarnya. Bahkan, para wisatawan yang ada di Indonesia maupun manca negara sudah mengenal dengan tarian ini.

Oleh karena itu, tarian yang satu ini menjadi tarian yang bukan dikenal secara personal melainkan secara umum. Maka dari itu, popularitas dari tarian ini sudah tidak asing lagi untuk didengarkan oleh banyaknya masyarakat Indonesia.

Perlu diperhatikan oleh anda kalau penari dari tarian ini terdiri dari beberapa wanita, dimana ini hanya tergantug dari seberapa ramai dan meriah upacara yang diadakan.

Penari yang terlibat dalam tarian ini akan mengenakan pakaian kebaya yang disertai dengan selendangnya untuk digunakan sebagai ikat pinggang. Selain itu, adapun kain batik yang telah dilipat dan digunakan pada bagian kepala serta rambut disanggul.

Untuk buyung tersebut akan diletakkan pada bagian atas kepala dengan kendi dipegang. Dan untuk gerakan menarik akan terlihat penari yang menari diatas kendi yang mengunjung buyung. Gerakan tersebut akan terlihat seperti lemah lembut, dan ini akan membuat orang-orang yang menonton merasa terkagum.

Baca juga ya:

Penjelasan Singkat dan Penting Tari Buyung

Tari Buyung adalah Tarian Menyambut Upacara Seren

Tari Buyung adalah Tarian Menyambut Upacara Seren-kumparan.com

Tari Buyung merupakan salah satu tari yang berasal dari sebuah provinsi yang bernama Jawa Barat dengan Kabupaten Kuningan. Dimana tari ini dapat digunakan pada saat penyambutan upacara dari Seren Tahun Jawa Barat.

Biasanya upacara tersebut akan dilaksanakan pada tiap tahun dan diartikan sebagai ucapan syukur dari hasil panen yang berasal Tuhan yang Maha Esa. Istiadat yang seperti ini sudah ada sejak pada masa dari Kerajaan Pajajaran.

Leave a Reply