Tari Adat

Makna Dan Sejarah Tari Piso Surit

Makna Dan Sejarah Tari Piso Surit 1

Tari Piso Surit – Secara umum, tarian yang ada dibangsa ini menjadi salah satu budaya yang harus dilestarikan oleh warga masyarakat yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan, negara Indonesia lebih dikenal sebagai negara yang memiliki budaya tingkat tinggi.

Sudah banyak jenis tarian adat yang ada di Indonesia, namun banyak juga yang belum mengetahui tentang makna dan sejarah yang dimiliki oleh sebuah tarian adat tradisional. Mungkin anda juga belum mengetahui dengan Tari Piso Surit ini, maka dari itu anda mengunjungi website ini.

Sesuai dengan apa yang telah dijudulkan diatas, dimana pada saat ini kami akan menjelaskan tentang makna yang disertai dengan sejarah dari Tari Piso Surit. Nah, untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai makna dan sejarahnya, anda dapat menyimak pada ulasan seperti yang ada dibawah ini.

Baca juga ya:

Makna Tari Piso Surit

Makna Dan Sejarah Tari Piso Surit 2

Makna Tari Piso Surit-indonesiakaya.com

Pada umumnya tari piso surit ini merupakan salah satu jenis tarian adat tradisional yang dimiliki oleh provinsi Sumatera Utara, dan tarian ini biasanya dikenal sebagai tarian suku Batak Karo. Tarian yang berasal dari suku Batak Karo ini dijuluki sebagai tarian yang akan menyambut para tamu.

Biasanya tari ini akan ditampilkan oleh penari pria dan wanita, tarian ini sangat terpopuler di daerah Sumatera Utara khususnya di Batak Karo. Pada umumnya tarian ini akan ditampilkan pada saat mengadakan acara adat, hingga acara budaya dan beberapa jenis acara lainnya.

Seperti apa makna yang berasal dari tari piso surit ini? Umumnya, tari ini bermakna untuk memberikan selamat datang. Dengan begitu, tari ini akan berfungsi sebagai penyambutan selamat datang bagi para tamu agung dan terhormat yang terundang oleh negeri Batak Karo, Sumatera Utara.

Jika kita lihat gerakan dari penari yang menarikan tari ini, maka anda bisa melihat seseorang yang akan menantikan kedatangan tamu dengan penuh kasih. Penantian tersebut berasal dari seekor burung piso surit yang seolah-olah sedang memanggil seseorang.

Seringkali tarian ini akan dilaksanakan dengan busana adat suku Karo yang lengkap. Banyak orang yang selalu menikmati setiap pertunjukkan tarian ini, karena memiliki gerakan-gerakan yang menarik dan disertai dengan alat musik tradisional. Dengan begitu ini akan membuat suasana menjadi lebih nyaman diacara tersebut.

Gerakkan dalam tarian ini memiliki ciri khas tersendiri. Maka dari itu, tarian ini bukan hanya menjadi tarian yang bermakna saja, melainkan akan memperlihatkan gerakan yang belum pernah dilihat oleh para tamu yang terundang. Gerakan yang dimainkan akan terlihat sama, meskipun pada hal yang sebenarnya berbeda.

Dalam gerakan tersebut berupa gerakan berputar, gerakan kaki yang menjinjit, gerakan yang naik turun serta melentikan jari dan berbagai jenis gerakan lainnya. Apabila anda mengamati dengan baik gerakan tersebut, maka anda bisa mengetahui makna yang ada didalam tarian tersebut.

Baca juga ya:

Sejarah Tari Piso Surit

Makna Dan Sejarah Tari Piso Surit 3

Sejarah Tari Piso Surit-sultantv.co

Sedikit sumber yang memberikan pembahasan tentang sejarah yang dimiliki oleh tari piso surit ini, dimana ini akan menunjukkan bahwa sejarah yang dimiliki oleh tari piso surit ini belum dipastikan. Namun, dari beberapa sumber yang ditemui, tari piso surit ini diartikan sebagai tarian yang berkembang di Batak Karo, Sumatera Utara.

Pada umumnya tarian adat yang berasal dari suku Karo ini memiliki arti yang diambil dari “peso surit”. Kata tersebut diartikan sebagai seekor burung yang menyukai dengan nyanyian. Inilah yang membuat tari piso surit terlihat cukup menarik dan unik serta berbeda dengan beberapa tarian lainnya.

Dalam perkembangan tari piso surit, mulai dari dulu hingga saat ini masih dilestarikan dan digunakan oleh warga masyarakat yang ada disana. Diera sekarang ini mereka yang menari terlihat lebih bervariasi dan kreasi sehingga bisa terlihat lebih menarik.

Akan tetapi, hal ini bukan berarti akan menghilangkan keaslian atau ciri khas dari tarian itu sendiri. Biasanya tari ini akan ditampilkan pada saat ada acara festival adat, dalam rangka untuk menyambut tamu agung. Itulah sebabnya tarian yang satu ini masih dilestarikan, karena memiliki peranan yang penting disetiap acara.

Leave a Reply