Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota

Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya

Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya

Kota Tiakur – Kota Tiakur merupakan salah satu ibu kota dari provinsi Maluku, Indonesia.  Kota Tiakur ini berada di kepulauan Moa Pesisir Barat. Peresmian Ibu Kota Tiakur ini terjadi pada bulan November 2012 yang lalu.

Tahukah anda kalau kota Tiakur ini memiliki berbagai hal yang unik dan menarik untuk diketahui oleh anda. Nah, pada saat ini kami akan menjelaskan hal-hal menarik dari kota yang satu ini.

Mulai dari Sejarah, Budaya & Tradisi, Bahasa & Makanan Khas hingga pada Destinasi Wisatanya akan dibahas disini. Berikut ini pembahasannya mengenai kota Tiakur ini.

Baca juga ya:

Sejarah Kota Tiakur Maluku Barat Daya

Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya 1

Sejarah Kota Tiakur Maluku Barat Daya-ellejartravelhunt.wordpress.com

Sejarah dari kota yang berasal dari Maluku ini terlihat pada awal mulanya dari masa Kerajaan, Penjajahan Belanda, masa VOC hingga pada Misionaris Agama. Sejarah kota Tiakur ini sangat bermanfaat buat para anak mudah saat ini.

Mulai dari beberapa masa yang telah dilewati oleh kota yang satu ini meninggalkan kisah-kisah yang bersejarah. Dimana ini terlihat dari kota-kota tua yang ada disetiap pulaunya.

Bahkan, gereja tua dan kerajaan-kerajaan yang berada di kota Wonreli Kisar serta Pulau Rumkisar, Pulau Batu Merah dan berbagai hal lainnya yang menjadi sebuah sejarah dari kota Tiakur ini.

Kondisi seperti inilah yang membentuk masyarakat abadi dan ramah. Bahkan masyarakat disana sangat terbuka terhadap para tamu yang datang serta berpotensi buat pariwisata, terutama bagi wisata sejarah dan budaya.

Tradisi dan Budaya Kota Tiakur Maluku Barat Daya

Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya 2

Tradisi dan Budaya Kota Tiakur Maluku Barat Daya-tni.mil.id

Tradisi dan Budaya yang ada di kota berprovinsi Maluku ini memiliki budaya dan tradisi yang menarik dan unik. Dalam hal ini mereka memiliki tradisi Kalwedo, dimana ini merupakan sebuah festival yang dirayakan disetiap tahun.

Festival ini bukan menghadirkan sebuah acara yang besar-besaran saja. Kalwedo dapat dikatakan tradisi Tiakur, karena adanya acara dalam rangka merayakan HUT kota Tiakur.

Sedangkan budaya yang ada disana, terdiri dari baju adat hingga pada tarian yang dimilikinya. Dimana terdiri atas Tari Kerpopo, Tari Walkey hingga baju adat yang berupa Adat Babar dan Adat Kisar.

Bahasa dan Makanan Khas Kota Tiakur Maluku Barat Daya

Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya

Mengenal Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya

Leave a Reply