Makna dan Sejarah Tari Kumbang - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Kumbang

Sejarah dan Makna Tari Kumbang Yogyakarta

Sejarah dan Makna Tari Kumbang Yogyakarta - youtube
Rumah RAYesh

 Tari Kumbang – Yogyakarta atau yang lebih sering disebut dengan Jogja merupakan salah satu kota yang mendapat julukan istimewa selain Jakarta dan Aceh. Kota yang berada dekat dengan provinsi Jawa Tengah ini memang sangat kental memegang teguh budaya Jawa.

Bahkan hingga saat ini Jogja dikenal sebagai simbol budaya Jawa. Lantaran budaya Jawa yang masih sangat kental terasa di Jogja, banyak orang yang menjadi begitu tertarik untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Jogja juga dikenal dengan sebutan kota pendidikan, kota pariwisata, kota budaya, kota seni, dan masih banyak sebutan atau julukan lain untuk kota yang satu ini.

Tari Kumbang Yogyakarta

Tari Kumbang Yogyakarta – foto kerisnews.com

Sebagai kota pariwisata memang banyak tempat bersejarah yang ada di Jogja dan sangat menarik untuk dikunjungi. Tatanan kota Jogja juga sangat kental dengan pengaruh budaya Jawa yang menambah suasana teduh dan asri saat singgah di kota ini.

Salah satu kesenian tradisional di daerah Jogja yang sampai saat ini masih terus dilestarikan adalah seni tari tradisional. Ada banyak ragam tarian tradisional khas Jogja, salah satunya adalah tari kumbang.

Makna dan Sejarah Tari Kumbang

Makna Tari Kumbang

Seperti nama tariannya, tari kumbang mengisahkan tentang sepasang kumbang jantan dan betina yang saling kejar-kejaran. Kumbang tersebut juga saling beterbangan kesana kemari layaknya sepasang kekasih, dan kemudian terbang ke sebuah bunga untuk menghisap sari bunga bersama di sebuah taman.

Kumbang jantan dan betina memadu kasih diiringi dengan suasana yang begitu romantis.  Penari kumbang akan mengajak para penonton yang menyaksikan pertunjukan untuk berimajinasi dengan suasana yang begitu tenang dan romantis.

Suasana romantis lebih terasa berkat penampilan kumbang jantan dan betina yang sangat mengagumkan dan memukau. Berdasar tema yang diangkat inilah tari kumbang hingga sekarang masih menjadi favorit bagi muda mudi di Yogyakarta. Fungsi tari kumbang sendiri hanyalah sebagai hiburan.

Sejarah Tari Kumbang

Sejarah dan Makna Tari Kumbang Yogyakarta

Sejarah dan Makna Tari Kumbang Yogyakarta – youtube
Rumah RAYesh

Tari kumbang adalah tarian karya Almarh. Ida Manutrenggana yang menggambarkan hewan kumbang yang sedang bersuka ria. Gerak yang diambil terinspirasi oleh hewan yang dinamakan Kumbang. Maka dari itu ciri khas gerakannya adalah melompat-lompat seperti halnya kumbang.

Leave a Reply