Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

6 Kuliner dan Makanan Khas Pelaihari Kabupaten Tanah Laut 1

https://www.beri.web.id/

Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut terletak di Kalimatan Selatan. Di Kota Pelaihari masih banyak tempat wisata yang belum dikunjungi dan belum diketahui para wisatawan. Padahal tempat wisata di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut sangat mempersona mulai dari taman, gunung, dan pantai.

Jika Anda ingin traveling ke Pelaihari Kabupaten Tanah Laut ataupun sedang dinas perjalanan sempatkanlah untuk menikmati tempat wisatanya. Kami sudah membahas artikel tempat-tempat wisata di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Artikel tersebut bisa menjadi rekomendasi tempat wisata ketika Anda di sana.

Selain tempat wisatanya yang indah, Pelaihari Kabupaten Tanah Laut memiliki kuliner dan makanan khas yang sangat enak dan wajib Anda coba ketika berkunjung ke Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Berikut makanan-makanan enak di Pelaihari yang akan kami rekomendasikan untuk Anda, yaitu :

1. Ikan Asin

Ikan asin bisa menjadi buah tangan bagi Anda para wisatawan.  Ikan asin di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut memiliki banyak jenis dan jarang kita temukan, seperti ikan asin telang. Ikan asin telang banyak dibeli oleh para wisatawan. Anda dapat menemukan penjual ikan asin di sepanjang Jalan Ahmad Yani kawasan Jorong. Harga ikan asin bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu perkilogram.

2. Tetal Kuah Haruan

Makanan khas Pelaihari selanjutnya adalah Tetal Kuah Haruan. Makanan Khas Pelaihari ini adalah kuliner khas identitas lokal Kabupaten Tanah Laut. Namun Tetal Kuah Haruan merupakan makanan khas Pelaihari yang disajikan dalam acara tertentu saja, seperti saat bergotong royong mendirikan tenda pernikahan ataupun jamuan rapat panitia pelaksana.

Makanan khas Pelaihari ini terdiri dari ketan yang diberi kuah seperti kuah kare warna coklat bercampur daging ikan haruan tanpa tulang. Dan dicampur dengan tumis sayur terdiri irisan jagung muda, kacang panjang dan pepaya muda.

3. Gangan Asam Patin

Makanan khas Pelaihari ini olahan dari ikan patin. Rasanya sangat segar dan gurih. Gangan Asam Patin adalah salah satu kuliner yang populer. Jika Anda ingin mencoba Gangan Asam Patin saat di Pelaihari, Anda bisa mampir ke Lesehan Tepi Danau PTP di Jalan Tambak Ikan Tawar, Bendungan Indah Jaya, Ambungan, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut dan untuk jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Dan di sana juga masih banyak makanan khas Pelaihari lainnya yang bisa Anda coba.

4. Kerupuk Tempe

Makanan khas Pelaihari yang satu ini umumya dijadikan sebagai oleh-oleh. Kerupuk ini banyak sekali dipusat oleh-oleh Pelaihari. Cemilan ini disediakan yang mentah atau sudah digoreng. Dan ada yang bentuknya bulat dan kotak.

5. Iwak Haruan

Bumbu dari Iwak Haruan memiliki ciri khas sehingga rasanya sangat enak. Bahan utamanya adalah ikan haruan dan kuahnya terdiri dari santan kental, lombok besar kering, bawang merah, bawang putih, dan ebi udang. Dan dicampur dengan bahan tumis, seperti jagung muda manis, papaya mentah, biji nangka, dan santan.

6. Amplang

Cemilan ini merupakan salah satu makanan khas Pelaihari favorit  dan oleh-oleh khas Pelaihari. Tekstur dari amplang yang renyah dan lembut, serta aroma dan rasa ikan yang menggoda. Cocok untuk pendamping makan dan cemilan di kala iseng. Apalagi orang Indonesia sangat senang dengan kerupuk.

Pelaihari berjarak lebih kurang 65 km sebelah timur dari Kota Banjarmasin. Kota Pelaihari juga dikenal sebagai sentra peternakan. Makanan khas Pelaihari tersebut wajib kalian coba ya. Rasanya dijamin bikin ketagihan. Masih banyak makanan khas Pelaihari yang kalian wajib coba, salah satunya adalah Sokko.

Sokko juga terkenal di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Singgahlah kebeberapa tempat untuk berwisata dan sekalian berkuliner. Pastikan perut Anda terisi dengan makanan yang enak dan memiliki citarasa yang luar biasa agar liburan Anda lebih berwarna dan berkesan.

Baca juga artikel lainnya :

Berkunjung ke Pantai Turki di Tanah Laut Kalimantan Selatan

Leave a Reply