Alam, Daftar Wisata, Pantai

6 Tempat wisata di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

6 Tempat wisata di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut 1

6 Tempat wisata di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Foto by indonesiakaya.com

Tempat wisata di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut – Kalimantan Selatan memiliki hampir semua tempat wisata mulai dari pantai, air terjun yang eksotis, pulau-pulau yang keren, dataran tinggi yang megah hingga  wisata budaya. Salah satu wilayah yang memiliki tempat wisata yang terbaik adalah Kabupaten Tanah Laut.

Nama Tanah Laut mungkin masih asing bagi sebagian orang. Tetapi, kabupaten ini menyimpan banyak sekali keindahan yang cocok untuk kamu kunjungi. Apa saja tempat wisata yang terdapat di kabupaten yang memiliki ibukota Pelaihari ini? Berikut 6 tempat wisata di Tanah Laut yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesini.

Baca juga ya:

Daftar tempat wisata di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

1. Taman Labirin

Ingin merasakan sensasi terjebak di dalam labirin seperti di film The Maze Runner? Mungkin sensasi tersebut bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Taman Labirin ini. Kamu akan merasakan sensasi yang meneganggan, terutama jika sudah mulai tersesat dan tak tahu arah keluar.

taman labirin

Taman Labirin. Foto by instagram @guidetobanjar

Taman Labirin ini berada di lokasi kantor BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut. Labirin ini menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya dan tingkat kesulitannya. Tidak hanya itu, disini juga terdapat arena wisata lainnya seperti outbound, area perkemahan, kawasan perikanan, peternakan, dan lain-lain. Taman Labirin ini dapat kamu kunjungi setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Biaya masuknya hanya sebesar Rp. 3.000 loh.

2. Bukit Telang

Kalau kamu ingin dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau, maka Bukit Telang adalah tempat yang wajib kamu kunjungi berikutnya. Pemandangan yang disuguhkan di bukit ini tidak kalah cantik dengan perbukitan savana di Pulau Sumba atau bahkan Selandia Baru.

bukit telang

Bukit Telang. Foto by travelingyuk.com

Kamu akan rugi jika berkunjung kesini tanpa membawa kamera, sebab lanskap perbukitan yang luas ditambah dengan cahaya matahari yang sendu baik pagi maupun sore hari sangat sayang jika tidak diabadikan.

Untuk sampai ke puncak Bukit Telang, kamu memerlukan waktu berjalan selama 30 menit dengan rute menanjak. Namun lelah perjalananmu dijamin akan dibayar lunas dengan pemandangan yang akan kamu dapat.

3. Pantai Batakan

pantai batakan

Pantai Batakan. Foto by Bombastic Borneo

Objek wisata lainnya yang terkenal di Pelaihari adalah Pantai Batakan. Pantai ini terletak di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Sekitar 125 km arah timur dari Kota Banjarmasin. Pantai Batakan merupakan objek wisata bahari yang terpadu dengan panorama alam pegunungan, karena di sebelah timur pantai ini terdapat perbukitan pinus yang menjadi bagian dari pegunungan Meratus.

Terdapat kuda yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi pantai disini. Atau bagi kamu yang hanya ingin bersantai sambil melihat matahari terbenam, kamu bisa rebahan di bawah pepohonan cemara. Pantai Batakan juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lain seperti kamar mandi, rumah ibadah, panggung hiburan, cottage, restoran, penginapan, dan lainnya.

Baca juga ya :

4. Pantai Takisung

pantai takisung

Pantai Takisung. Foto by banjarmasin.tribunnews.com

Pantai lain yang juga tidak kalah eloknya adalah Pantai Takisung. Pantai ini terletak di Kecamatan Takisung yaitu sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Berjarak kurang lebih 22 km dari kota Pelaihari dan 87 km dari Banjarmasin. Meskipun pantai ini merupakan laut jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan pulau jawa.

Selain sebagai tempat wisata, di Pantai Takisung juga terdapat pasar yang menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang. Fasilitas yang ada juga cukup lengkap seperti selter, panggung hiburan, rumah makan, dan panginapan.

5. Gunung Kayangan

Eits jangan terkecoh. Meskipun namanya Gunung Kayangan, destinasi wisata ini sejatinya hanya berupa bukit. Namun keindahan pemandangan disini yang membuat sejuk mata tak bisa disepelekan. Kamu juga dapat melihat perkebunan kelapa sawit yang tersusun rapi, juga mobil dan motor di jalan raya yang bagai semut yang sedang merayap.

Tak perlu khawatir dengan kelengkapan fasilitas penunjang disini. Gunung Kayangan sudah dilengkapi dengan tempat ibadah, kamar mandi, warung, tempat bersantai serta aula. Disini juga terdapat tulisan besar bertuliskan “Tanah Laut” seperti Hollywood di Amerika. Sangat cocok untuk dijadikan latar belakang fotomu. Apabila ingin berkunjung kesini, datanglah ke Desa Ambungan, Kabupaten Tanah Laut.

6. Air Terjun Bajuin

air terjun bajuin

Air Terjun Bajuin. Foto by banjarmasin.tribunnews.com

Bajuin merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Air terjun ini terletak di kawasan lereng pegunungan Meratus. Di kawasan ini, terdapat 4 buah air terjun dengan ketinggian yang beraga. Ada yang setinggu 25 meter, 17 meter, 18 meter, dan yang paling tinggi yaitu 37 meter.

Kamu dapat menikmati keindahan alam yang terhampar disini sambil mendengarkan debur air yang jatuh dari ketinggian. Berkunjung kesini dijamin dapat menyegarkan pikiran kamu.

Leave a Reply