6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

kasbi komplet dengan ikan bakar | superadventure.co.id

Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat – Seram Bagian Barat adalah Kabupaten yang berada yang berada di Provinsi Maluku. Kota Piru, adalah kota yang yang menjadi ibu kota dari Seram Bagian Barat.

Dulunya, Seram Bagian Barat masuk dalam wilayah tengah, namun memisahkan diri pada tahun 2003. Sebagai ibu kota Kota Piru memiliki arti Hatu Telu yang berarti tiga batu. Pada masa kolonial Belanda, Piru dikenal sebagai pusat kegiatan untuk mengawasi monopoli perdagangan dan pusat rempah-rempah.

Jika berkunjung ke kota Piru, sempatkan untuk menikmati 6 kuliner dan makanan khas Kota Piru Seram Bagian Barat Berikut ini.

1. Ikan Bakar Khas Piru

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

ikan bakar | ksmtour.com

Salah satu kuliner dan makanan khas kota Piru Seram Bagian Barat yang harus dicoba adalah Ikan Bakar Khas Piru. Ikan Bakar khas kota Piru yang disajikan bisa beragam jenis ikan segar. Mulai dari kerapu, kakap merah, bubara, butila, silapa, lalosi, gaca dan berbagai jenis ikan lainnya.

Yang membuat ikan bakar khas piru berbeda adalah karena variasi dari sambal colo-colo. Sambal colo-colo merupakan sambal khas Maluku yang terbuat dari campuran cabai rawir merah, cabai rawit hijau, bawang merah, jeruk lemon cui, tomat hijau, garam dan gula pasir.

Untuk bisa mencicipi ikan bakar khas Piru, bisa mengunjungi kedai maupun rumah makan yang ada di kota Piru. Salah satu rumah makan yang menyajikan ikan bakar khas Piru adalah Rumah Makan Masohi Jaya yang terletak di Jalan Trans Seram, Kota Piru.

Untuk semua jenis ikan, per kilogramnya dijual dengan harga berkisa Rp 60.000. Tapi harga itu bisa lebih murah atau terjangkau bila membeli tidak sampai satu kilogram.

2. Kasbi Komplet

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

kasbi komplet | gotravelly.com

Mengunjungi kota Piru di Seram Bagian Barat, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan Kasbi Komplet. Kasbi Komplet adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari Kasbi (singkong), batata, ubi dan pisang yang direbus.

Dinamakan Kasbi Komplet karena terdapat tambahan bahan-bahan selain singkong. Karena, singkong menjadi makanan pokok dimaluku dan memakan singkong kurang lengkap dan kurang nikmat. Dan dari situlah kemudian diolah menjadi Kasbi Komplet.

Kasbi Komplet biasa disajikan dengan cara direbus maupun dapat dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan kemudian disajikan bersama lauk pauk lain seperti tumisan kangkung, tumisan bunga papaya hingga ikan bakar dengan sambal colo-colo.

3. Dendeng Rusa

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

dendeng rusa | food.detik.com

Leave a Reply