Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

kasbi komplet dengan ikan bakar | superadventure.co.id

Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat – Seram Bagian Barat adalah Kabupaten yang berada yang berada di Provinsi Maluku. Kota Piru, adalah kota yang yang menjadi ibu kota dari Seram Bagian Barat.

Dulunya, Seram Bagian Barat masuk dalam wilayah tengah, namun memisahkan diri pada tahun 2003. Sebagai ibu kota Kota Piru memiliki arti Hatu Telu yang berarti tiga batu. Pada masa kolonial Belanda, Piru dikenal sebagai pusat kegiatan untuk mengawasi monopoli perdagangan dan pusat rempah-rempah.

Jika berkunjung ke kota Piru, sempatkan untuk menikmati 6 kuliner dan makanan khas Kota Piru Seram Bagian Barat Berikut ini.

1. Ikan Bakar Khas Piru

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

ikan bakar | ksmtour.com

Salah satu kuliner dan makanan khas kota Piru Seram Bagian Barat yang harus dicoba adalah Ikan Bakar Khas Piru. Ikan Bakar khas kota Piru yang disajikan bisa beragam jenis ikan segar. Mulai dari kerapu, kakap merah, bubara, butila, silapa, lalosi, gaca dan berbagai jenis ikan lainnya.

Yang membuat ikan bakar khas piru berbeda adalah karena variasi dari sambal colo-colo. Sambal colo-colo merupakan sambal khas Maluku yang terbuat dari campuran cabai rawir merah, cabai rawit hijau, bawang merah, jeruk lemon cui, tomat hijau, garam dan gula pasir.

Untuk bisa mencicipi ikan bakar khas Piru, bisa mengunjungi kedai maupun rumah makan yang ada di kota Piru. Salah satu rumah makan yang menyajikan ikan bakar khas Piru adalah Rumah Makan Masohi Jaya yang terletak di Jalan Trans Seram, Kota Piru.

Untuk semua jenis ikan, per kilogramnya dijual dengan harga berkisa Rp 60.000. Tapi harga itu bisa lebih murah atau terjangkau bila membeli tidak sampai satu kilogram.

2. Kasbi Komplet

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

kasbi komplet | gotravelly.com

Mengunjungi kota Piru di Seram Bagian Barat, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan Kasbi Komplet. Kasbi Komplet adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari Kasbi (singkong), batata, ubi dan pisang yang direbus.

Dinamakan Kasbi Komplet karena terdapat tambahan bahan-bahan selain singkong. Karena, singkong menjadi makanan pokok dimaluku dan memakan singkong kurang lengkap dan kurang nikmat. Dan dari situlah kemudian diolah menjadi Kasbi Komplet.

Kasbi Komplet biasa disajikan dengan cara direbus maupun dapat dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan kemudian disajikan bersama lauk pauk lain seperti tumisan kangkung, tumisan bunga papaya hingga ikan bakar dengan sambal colo-colo.

3. Dendeng Rusa

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

dendeng rusa | food.detik.com

Dendeng Rusa ini adalah kuliner dan makanan khas kota Piru Seram Bagian Barat yang cukup unik. Pasalnya, makanan ini menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya yang dipercaya memiliki kandungan gizi dan vitamin yang tinggi dan mampu menambah stamina.

Paling pas untuk menikmati dendeng rusa saat cuaca sedang dingin. Pembuatan dendeng rusa pun tidak beda jauh dengan pembuatan dendeng sapi. mula-mula daging dikuliti dan kemudian diiris tipis-tipis. Kemudian irisan di rendam dalam air garam dengan beberapa bumbu  dan dibiarkan semalaman. Lalu daging kemudian dijemur di bawah sinar matahari seharian.

Proses pengeringan ini sudah membuat daging rusa setengah matang. Dari hasil penjemuran dan pengeringan ini, kemudian daging dikemas dalam plastik dengan rata-rata berat setengah hingga satu kilogram. Untuk harga pun bervariasi dan tergantung berat dari dendeng rusa yaitu mulai dari Rp 60.0000 hingga Rp 100.000.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor

4. Urap Pakis

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

urap pakis | cookpad.com

Kuliner dan makanan khas kota Piru Seram Bagian Barat yang satu ini, tergolong menu yang sehat. Karena bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan Urap Pakis yaitu berupa sayur-sayuran yang segar dan tanpa pengawet.

Urap Pakis ini terbuat dari campuran daun pakis muda yang direbus, wortel, kacang panjang, toge, kelapa muda, beserta bumbu-bumbu bawang putih, cabai, kencur, terasi, garam dan gula yang dihaluskan. Dan untuk penyajiannya terakhir di taburi dengan bawang goreng. Menu Urap Pakis ini biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja.

5. Kue Namu-namu

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

kue namu-namu | idntimes.com

Kalau ingat kuliner yang satu ini, pasti langsung ingat dengan kue pastel. Memang Kue Namu-namu adalah pastel, namun isian di dalamnya berbeda dengan pastel lainnya. Kue Namu-namu ini memiliki isian ikan cakalang yang dibuat dengan cita rasa pedasnya.

Dan paling pas menikmati Kue Namu-namu bersama dengan sambal nano-nano. Kue Namu-namu ini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan harga berkisa Rp 1.000 saja.

6. Manisan Pala
6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

manisan pala | resepkuerenyah.com

Kalau sudah puas mengunjungi kota Piru Seram Bagian Barat, jangan lupakan untuk singgah membeli oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa ketika pulang dari kota Piru adalah Manisan Pala.

Manisan Pala ini terbuat dari buah pala yang masih segar dan diambil dari perkebunan kulitas terbaik. Cita rasa manisnya itu, karena Manisan Pala direndam terlebih dahulu memakai air garam supaya rasa sepatnya hilang. Selain manis, Manisan Pala juga empuk saat digigit. Manisan Pala ini bisa didaptkan di pusat oleh-oleh kota Piru dengan harga bervariasi tergantung beratnya, mulai dari Rp 10.000.

Itu dia 6 Kuliner dan Makanan Khas Kota PIru Seram Bagian Barat. Bila nanti datang berkunjug, sempatkan juga untuk mencicipi salah satu kuliner di atas dan pastikan juga untuk oleh-oleh, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

Leave a Reply