Melihat Kota Tobadak, Ibu Kota Kabupaten Mamuju Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Desa Wisata, Tentang Kota

Melihat Kota Tobadak, Ibu Kota Kabupaten Mamuju Tengah

Kota Tobadak

Kota Tobadak - Sumber : transtipo.com

Tobadak ini merupakan salah satu dari kecamatan yang ada di Mamuju Tengah, dengan penduduk sekitar 50.600 Jiwa terdiri dari 8 Desa yang meliputi Desa Tobadak, Desa Mahahe, Desa Polongaan, Desa Batuparigi, Desa Sulobaja, Desa Bambadaru, Desa Sejati Dan Desa Saluadak.

Penduduk kecamatan Tobadak beragam suku, dari suku asli maupun pendatang, karna beberapa desa di Kecamatan Tobadak merupakan Daerah Transmigrasi.

suasan malam hari kota Tobadak

suasan malam hari kota Tobadak -foto @fxrayn_

Daerah yang sebagian besar penduduknya bercocok tanam (Tani) ini merupakan daerah dataran tinggi dan sungainya terpampang dari desa Salule’bo sampai desa Tobadak, menuju Tabolang (Kecamatan Topoyo) dan Bermuara di Desa Patulana (kecamatan Budong-budong).

Tobadak dijadikan sebagai Ibu kota Kabupaten Mamuju Tengah oleh kemendagri setelah peninjauan wilayah Mamuju Tengah. Kantor Kecamatan Tobadak terletak di Desa Mahahe, kecamatan Tobadak.

Kantor bupati mamuju tengah

Kantor bupati mamuju tengah – foto gmpas : Novananda Azhiem

Disektor pendidikan, Kecamatan Tobadak telah memiliki sekolah di setiap desanya di tingkat Sekolah Dasar, Sedangkan ditingkat Sekolah Menengah Pertama, Kecamatan Tobadak Memiliki 3 Sekolah yang Masing-masing Terletak Didesa Mahahe, Desa Tobadak Dan Desa Batu Parigi.

Sedangkan di tingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajat Kecamatan Tobadak Memiliki 1 SMA dan 1 SMK yang terletak di Desa Mahahe.

Kota tobadak adalah ibu kota kabupaten Mamuju Tengah, terdapat tugu benteng kayu Mangiwang sebagai bagian sejarah Tobadak, berdiri jelas dan kokoh Pas dijalan poros Trans sulawesi yang juga berpapasan jalan menuju Arah kantor pusat pemerintahan kantor bupati dan Rumah pribadi sang Tokoh pemekaran H. Aras Tammunni ( Bupati ).

 

Leave a Reply