Budaya, Desa Wisata, Tentang Kota

Melihat Kota Tobadak, Ibu Kota Kabupaten Mamuju Tengah

Kota Tobadak

Kota Tobadak - Sumber : transtipo.com

Kota Tobadak – Kabupaten Mamuju Tengah merupakan salah satu kabupaten yang Termuda yang ada di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Mamuju Tengah ini merupakan hasil dari pemekaran Kabupaten Mamuju yang telah disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada tanggal 14 Desember 2012 di gedung DPR RI seputar Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB) 5 Kecamatan dan 54 Desa.

Dengan Luas Wilayah sekitar 3.014,37 dan Populasi Total sekitar 126,584 jiwa. Maka untuk Kabupaten Mamuju Tengah ini dibagi menjadi 5 kecamatan,yaitu kecamatan Pangale, Budong-Budong,Tobadak,Topoyo dan Karossa.

Sejarah Kota Tobadak dan pemekaran Kabupaten Mamuju Tengah

kota tobadak mamuju tengah

kota tobadak mamuju tengah – foto @Yhub R,

Jauh sebelum Mamuju ini tengah Mekar, menjadi sebuah kabupaten, nama populer H. Aras tammaunni ini sudah sangat terpatri serta juga tersimpan dihati Masyarakat Tobadak,Mamuju,Mamuju utara. Bahkan hal tersebut sampai ke sulawesi selatan, sulawesi tengah dan juga jakarta.

Sebelum Menjabat sebagai bupati, H.Aras Tammaunni ini seorang pengusaha kelapa sawit yang juga Tuan Tanah yang sangat dikenal Dermawan. Beliau juga sekaligus sebagai Politisi Mamuju tengah yang sangat dikenal keloyalannya pada siapapun.

Beliau juga sangat gemar membantu warganya serta mengedepankan sikap kedisiplinan para pekerja keras, serta mengedepankan etika pada siapapun.

Baca juga :

Melihat Kota Tobadak, Ibu Kota Kabupaten Mamuju Tengah 1

Sumber : transtipo.com

Berkat kerendahan hati sang bapak proklamator tersebut dan terbentuknya kabupaten Mamuju tengah. Sehingga hal tersebut yang membawa pada karier serta kepemimpinan sang Bapak H.Aras tammauni pada saat ini sebagai bupati.

Tidak bisa dipungkiri, tidak ada yang bisa menduga kalau Tobadak itu ibarat disulap menjadi sebuah Kabupaten kuasa dari Tuhan Allah S.W.T.

Pembangunan beberapa kantor, mulai dari berdiri kokoh, Sistim Pemerintahan juga berjalan, disemua lini SKPD yang Ada, maka arus ekonomi rakyat berputar, tingkat kesejahteraan semua rakyat semakin jelas, wirausaha, PNS, swasta maupun petani  nelayan.

Mamuju tengah juga tak terasa sudah 5 Tahun berkat H. Aras Tammaunni, bekerja sama rakyatnya dalam hal membangun Daerah. Termasuk juga DPRD yang pada saat ini dinakhodai H.Arsal Aras tammaunni (ketua DPRD) yang juga merupakan Anak atau Putra sang bapak Tokoh Pemekaran Daerah H. Aras Tammaunni (bupati) .

Kota Tobadak, Kota Strategis di Sulawesi Barat

Alun alun kota tobadak kabupaten mamuju tengah

Alun alun kota tobadak kabupaten mamuju tengah – foto milik @ihsan_irsyad

Mamuju tengah yang ber ibu kota Tobadak ini kelak akan menjadi sebuah kota besar, kota yang strategis, kota yang kharismatik, kota seni dan budaya, pusat dari  bisnis, perdagangan hasil bumi, rempah rempah, kota wisata, dan kota sumber perikanan dan Kelautan, dibagian tengah propinsi sulawesi barat.

Tobadak ini merupakan salah satu dari kecamatan yang ada di Mamuju Tengah, dengan penduduk sekitar 50.600 Jiwa terdiri dari 8 Desa yang meliputi Desa Tobadak, Desa Mahahe, Desa Polongaan, Desa Batuparigi, Desa Sulobaja, Desa Bambadaru, Desa Sejati Dan Desa Saluadak.

Penduduk kecamatan Tobadak beragam suku, dari suku asli maupun pendatang, karna beberapa desa di Kecamatan Tobadak merupakan Daerah Transmigrasi.

suasan malam hari kota Tobadak

suasan malam hari kota Tobadak -foto @fxrayn_

Daerah yang sebagian besar penduduknya bercocok tanam (Tani) ini merupakan daerah dataran tinggi dan sungainya terpampang dari desa Salule’bo sampai desa Tobadak, menuju Tabolang (Kecamatan Topoyo) dan Bermuara di Desa Patulana (kecamatan Budong-budong).

Tobadak dijadikan sebagai Ibu kota Kabupaten Mamuju Tengah oleh kemendagri setelah peninjauan wilayah Mamuju Tengah. Kantor Kecamatan Tobadak terletak di Desa Mahahe, kecamatan Tobadak.

Kantor bupati mamuju tengah

Kantor bupati mamuju tengah – foto gmpas : Novananda Azhiem

Disektor pendidikan, Kecamatan Tobadak telah memiliki sekolah di setiap desanya di tingkat Sekolah Dasar, Sedangkan ditingkat Sekolah Menengah Pertama, Kecamatan Tobadak Memiliki 3 Sekolah yang Masing-masing Terletak Didesa Mahahe, Desa Tobadak Dan Desa Batu Parigi.

Sedangkan di tingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajat Kecamatan Tobadak Memiliki 1 SMA dan 1 SMK yang terletak di Desa Mahahe.

Kota tobadak adalah ibu kota kabupaten Mamuju Tengah, terdapat tugu benteng kayu Mangiwang sebagai bagian sejarah Tobadak, berdiri jelas dan kokoh Pas dijalan poros Trans sulawesi yang juga berpapasan jalan menuju Arah kantor pusat pemerintahan kantor bupati dan Rumah pribadi sang Tokoh pemekaran H. Aras Tammunni ( Bupati ).

 

Leave a Reply