Mengenal Kota Pasangkayu, Kota Kecil yang Ada di Perbatasan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Desa Wisata, Masjid, Tentang Kota

Mengenal Kota Pasangkayu, Kota Kecil yang Ada di Perbatasan

bundaran kota Pasangkayu saat malam hari

bundaran kota Pasangkayu saat malam hari - foto milik @dimassanggoro

Kota Pasangkayu – Kabupaten Pasangkayu yang dulu dikenal dengan Kabupaten Mamuju Utara merupakan salah satu daerah kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Barat, dengan Ibu Kota terletak di Pasangkayu.

Sejarah Kabupaten Pasangkayu & Mamuju Utara

Kabupaten Mamuju Utara ini merupakan daerah otonom baru yang dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 7 Tahun 2003 dan Pada Tahun 2017.

komplek perkantoran kabupaten Pasangkayu

komplek perkantoran kabupaten Pasangkayu – foto Chairul Amal Hasan,

kemudian berubah nama menjadi Kabupaten Pasangkayu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2017. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Mamuju.

Kabupaten ini merupakan gabungan dari kecamatan pasangkayu, Sarudu, Baras dan Bambalamotu. Sekarang ini jumlah kecamatan bertambah menjadi 12, yaitu dengan memekarkan kecamatan induk masing-masing 2 kecamatan.

Jarak Kota Pasangkayu dengan ibukota provinsi Sulawesi Barat, yaitu Mamuju sekitar 276 km. Kabupaten Pasangkayu dengan Ibukota Pasangkayu, termasuk kabupaten termuda dan terletak di bagian utara Sulawesi Barat. Luas Wilayah Kabupaten Pasangkayu ini sekitar 3.043,75 km2.

Alun alun Kota Pasangkayu

Alun alun kota Kota Pasangkayu – sumber : okezone

Nama Pasangkayu ini berasal dari kata “Vova dan Sanggayu”, menurut bahasa Kaili (Sulawesi Tengah) kata “Vova” berarti sejenis kayu bakau yang tumbuh di tepi pantai atau laut, dan kata “sanggayu” berarti satu batang atau satu pohon (sepohon). Jadi kedua kata tersebut jika digabung memiliki arti “sebatang Kayu” atau “sebatang Pohon Bakau”.

Nama awal “Vova Sanggayu” ini kemudian perlahan berubah dan diucapkan dengan kata “Pasanggayu” dan akhirnya berubah menjadi “Pasangkayu”. Nama Pasangkayu ini merupakan nama yang sudah lama dikenal dalam masyarakat Kabupaten Mamuju Utara khususnya serta Provinsi Sulawesi Barat pada umumnya.

Nama ini mempunyai nilai-nilai kesejahteraan, memperkukuhkan jati diri, mempertinggi harkat, dan martabat yang sarat dengan kearifan lokal.

Lokasi Kota Pasangkayu & Sumber penghasilanya

bundaran kota Pasangkayu saat malam hari

bundaran kota Pasangkayu saat malam hari – foto milik @dimassanggoro

Secara geografis untuk Kabupaten Pasangkayu ini terletak pada Bujur Timur dengan Batas wilayah yaitu Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah, sebelah Selatan berbatas dengan Sebelah Selatan Kabupaten Mamuju Tengah, sebelah Timur dengan Kabupaten Luwu Utara dan Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Makassar.

Dalam bidang ekonomi kota Pasangkayu ini bergantung pada sektor pertanian. Konstribusi pertanian terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Pasangkayu tahun 2002 tercatat Rp 238,67 miliar.

Nilai ini setara dengan 78,32 persen total kegiatan ekonomi Rp 304,72 miliar. Dalam sektor pertanian, maka perkebunan menjadi roda penggerak utama. Kegiatan ekonomi di bidang perkebunan ini menghasilkan tidak kurang dari 195,62 miliar.

Leave a Reply