Air Terjun

Info Rute Curug Layung Cimahi dan Harga Tiketnya

Curug Layung Komando

Curug Layung Komando - foto ig @hendarmin_gordon

Kabupaten Bandung Barat memang dikenal sebagai kawasan wisata yang eksotis. Salah satunya yang layak dikunjungi adalah Curug Layung Cimahi atau yang biasa juga disebut Curug Layung Komando.

Curug Layung Komando terletak di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua. Tempat wisata yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu ini terkenal dengan panorama alamnya yang asri.

Bahkan, air terjun berada di dalam hutan lindung yang diapit oleh dua tebing berukuran raksasa.

Curug Layung Bandung Barat

Curug Layung Bandung Barat – foto ig @araiirham_

Maka dari itu, jika datang ke tempat ini traveler akan dimanja dengan suasana curug yang asri, teduh serta sejuk.

Udaranya juga bersih karena lokasi air terjun agak jauh dari keramaian kota dan berada di dataran tinggi dengan suhu pegunungan yang nyaman.

Baca juga :

Daya Tarik Curug Layung Cimahi

Ada banyak pesona wisata yang bisa dinikmati di Curug Layung Bandung Barat.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan daya tarik wisata yang dimaksud, yang bisa traveler jadikan sebagai alasan untuk mengunjunginya. Ini daya tarik atau pesona yang dimaksud:

1. Air Terjun yang Eksotis

Curug Layung Lembang

Curug Layung Lembang – foto ig@renogunawann_

Jika datang saat musim kemarau, pemandangan Air Terjun Layung terlihat lebih eksotis dan elegan.

Bahkan, curug terlihat seperti undakan yang memiliki ketinggian hanya 4 meter saja. Karena itu, deburan air dari puncak tidak terlalu deras sehingga tercipta kolam kecil di dasar air terjun yang berair jernih dan dengan arus tidak begitu kuat.

Selain itu, aliran air dari curug membentuk kali-kali kecil yang di permukaannya dipenuhi dengan batu-batu sungai berwarna hitam. Terkadang, sungai ini dijadikan sebagai tempat pengunjung mengambil angle foto selfie yang ikonik.

2. Hutan Pinus yang Asri

hutan pinus di Curug Layung Cimahi

hutan pinus di Curug Layung Cimahi – foto ig @ritafauziah__

Daya tarik yang selanjutnya adalah traveler bisa menikmati sensasi menjelajahi hutan pinus yang asri dan rindang. Bahkan, pengunjung juga bisa menginap di sana karena pihak pengelola sudah membangun puluhan spot camping lengkap dengan fasilitasnya.

Jika menggunakan layanan ini, tentu traveler bisa menikmati suasana bermalam di tengah hutan yang syahdu dan harmonis. Jika ingin nuansanya lebih indah silakan berkemah di Curug Layung dengan mengajak seluruh keluarga.

3. Keindahan Panorama Alam yang Elegan

Curug Layung Cimahi Bandung

Curug Layung Cimahi Bandung – foto ig @gunguncahyadi

Daya tarik Curug Layung Cimahi Bandung yang terakhir adalah keindahan panorama alamnya yang elegan. Apalagi saat menjelang matahari terbit atau terbenam yang nuansanya begitu luar biasa, dengan cahaya temaram matahari dan udara yang menyejukkan.

Untuk menikmati daya tarik ini tentu traveler harus menginap atau camping di tempat ini. Karena jika harus bolak-balik ke lokasi tentu tidak mungkin apalagi penerangan di Curug Layung masih belum maksimal.

Fasilitas Wisata di Curug Layung Cimahi

Curug Layung Cimahi

Curug Layung Cimahi – foto ig @young.fahry

Karena Curug Layung Bandung tidak pernah sepi pengunjung, maka masyarakat pun menyediakan fasilitas wisata yang sesuai agar traveler lebih betah berpelesir di sana. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah sarana camping.

Pihak pengelola telah membuka lahan camping tepat di tengah-tengah hutan pinus dengan jarak cukup dekat ke air terjun. Untuk lokasinya cukup luas, bahkan bisa menampung tenda sebanyak 23 buah.

Fasilitas yang berikutnya adalah gardu pandang sederhana yang dibangun tepat di kawasan air terjun. Yang mana, fasilitas ini bisa digunakan traveler untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Boleh juga makan-makan di sana asalkan tetap menjaga kebersihan.

Rute Menuju Curug Layung Cimahi

rute menuju Curug Layung Bandung Barat

rute menuju Curug Layung Bandung Barat – foto ig @elhimmah_creative

Curug Layung beralamat di Cisarua Lembang, tepatnya di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Lokasi pedesaan tetapi tidak begitu jauh dari pusat kota Cisarua.

Sedangkan rute tercepat menuju curug adalah melalui Jalan Setiabudhi Bandung. Jika melalui jalur ini, silakan arahkan kendaraan ke Terminal Ledeng.

Setelah itu belok kiri menuju jalan Kol Masturi lalu lurus saja sampai tiba di jalan Cihideung atau di Taman Bunga Cihideung.

Sampai di taman ini, lurus saja hingga mencapai Objek Wisata Curug Pelangi. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan Komando. Nah, jika sudah sampai di jalan ini, silakan ikuti papan nama yang akan mengarahkan traveler ke Curug layung.

Harga Tiket Masuk Curug Layung Cimahi

Curug Layung Komando

Curug Layung Komando – foto ig @hendarmin_gordon

Harga tiket Curug Layung Cimahi sangat murah dan terjangkau. Untuk setiap pengunjung hanya dibebani biaya masuk Rp6.000 baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Dengan biaya tersebut, traveler sudah bisa menikmati keindahan air terjun yang cantik. Termasuk bisa menjelajahi hutan pinus yang asri dan rindang. Nah, jika ingin camping di dalamnya, traveler harus membayar tarif berbeda yaitu Rp10.000 per-tenda.

Jika membaca review ini, maka wajar kalau Curug Layung Cimahi dijadikan sebagai tempat destinasi paling menyenangkan. Maka dari itu, silakan agendakan waktu untuk mendatanginya saat liburan.

Leave a Reply