Tapi Ingat Pulang

Alam, Gunung

gunung telomoyo dimana? Ini Lokasi dan Rutenya

gunung telomoyo dimana? Ini Lokasi dan Rutenya 1

gunung telomoyo - foto by idn.times

gunung telomoyo dimana? Ini Lokasi dan Rutenya 2

pesona gunung temoloyo – foto by idn.times

berkunjung ke Kabupaten Magelang yang berada di Provinsi Jawa Tengah tentu sangat mengasyikan, selain budaya disana yang masih kental juga masih banyak wisata alam yang asri dan masih terjaga kealamian-nya. Banyak kawasan wisata alam seperti bukit, air terjun dan juga pegunungan yang dapat disambangi oleh para traveler yang ingin mencari suasana liburan berbeda dan menyatu dengan alam salah satu yang menjadi primadona yaitu lokasi wisata Gunung Telomoyo yang berada tepat di kabupaten Magelang.

Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menuju puncak gunung telomoyo sangat mudah, bahkan ada banyak pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor karena menuju puncak gunung telomoyo sudah terdapat akses jalan aspal yang mudah untuk dilalui.

 

Lokasi Puncak Gunung Telomoyo

Lokasi wisata gunung temoloyo berada di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisata Alam Populer di Magelang ini beralamat di Karangbawang, Nogosaren, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194. Mengenai Jam Buka Puncak Gunung Telomoyo ini dibuka mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB pada setiap harinya. Namun perlu diingat jam operasional tersebut, ditetapkan bagi wisatawan yang tidak ingin camping disana.

 

Rute Menuju Kawasan Gunung Telomoyo

Untuk rute menuju Puncak Gunung Telomoyo ini, pertama anda harus menuju ke Desa Pandean, yang terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Jika anda sudah menemukan Desa Pandean tersebut, maka ada plakat petunjuk arah menuju lokasi dari tempat wisata Puncak Gunung Telomoyo ini.

Sesampai di kawasan parkiran lokasi puncak telomoyo ini, pendakian menuju puncak bisa dilakukan menggunakan kendaraan motor. Bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian menggunakan kendaraan sepeda motor hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 30 menit saja. Namun, jika anda ingin mendaki dengan berjalan kaki, maka membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Kegiatan selama di Puncak Gunung Telomoyo

Berkemah/Camping di Puncak Gunung Telomoyo

Bagi pengunjung yang sudah tiba di puncak bukit gunung telomoyo dan ingin merasakan nikmatnya melakukan camping atau berkemah di puncak gunung dapat melakukannya. Cukup dengan menyewa perlengkapan yang telah disediakan pengelola atau menyediakan sendiri perlengkapan berkemah sendiri dan mengambil posisi di area yang telah disedikan oleh pengelola yaitu area camping ground maka pengunjung dapat langsung berkemah untuk semalam di puncak gunung telomoyo.

Menikmati Sunrise dan Sunset
gunung telomoyo dimana? Ini Lokasi dan Rutenya 3

gunung temoloyo – foto by qupas.id

Pengunjung yang datang dapat menikmati sunset atau matahari terbenam dan sunrise atau matahari terbit di puncak gunung telomoyo. Jam buka area wisata gunung telomoyo yang dibuka dari pagi hari dan tutup saat sore hari membuat mudah pengunjung yang menikmati pemandangan sunrise dan sunset terutama bagi pengunjung yang berkemah dilokasi wisata gunung telomoyo.

Mengabadikan Moment di Sejumlah Spot Foto

Mengunjungi kawasan wisata sangat sayang bila tidak mengabadikan momen di tempat indah seperti lokasi wisata gunung telomoyo. Kawasan wisata gunung telomoyo sendiri memiliki beberapa spot foto yang dapat dijadikan latar berpoto bagi pengunjung yang tiba, seperti landasan paralayang dan gardu pandang yang banyak dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung.

Bisa konvoi motor atau berjalan kaki menikmati perjalanan
gunung telomoyo dimana? Ini Lokasi dan Rutenya 4

gunung telomoyo – foto by republika

Untuk bisa mencapai puncak gunung telomoyo para pengunjung dapat memilih dua cara yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun berjalan kaki. Dan kedua-duanya sangat menyenangkan bila dilakukan, tergantung dari pilihan pegunjung. Sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah dan udara bersih yang sangat enak dihirup.

Tiket Masuk Wisata Gunung Telomoyo

Untuk memasuki kawsaan wisata gunung telomoyo tidak begitu mahal, pengunjung dapat membayar tiket masuk berkisar Rp10.000 – Rp15.000 harga yang yang cukup murah, akan tetapi harga tersebut dapat berubah seiring waktu sehingga pengunjung yang datang harus menyiapkan uang lebih.

Saat ini disekitar puncak gunung telomoyo juga sudah didirikan beberapa menara pemancar radio, sehingga pengunjung diharapkan untuk berhati-hati dan tetap menjaga lingkungan serta menjaga lokasi wisata untuk tetap aman dan bersih.

Menikmati liburan di gunung telomoyo bisa menjadi salah satu alternative bagi para traveler terutama yang ingin menghabiskan masa liburan ditengah lokasi yang sejuk dan indah seperti lokasi wisata gunung telomoyo.

 

 

Leave a Reply