Alam, Taman

Watu Gunung Semarang, Info Lengkap Mengenai Lokasi Sampai Harga Tiket

Watu Gunung Semaran

masyog.com

Watu Gunung Semarang sendiri merupakan sebuah pemandian yang memiliki air sangat jernih. Pemandian tersebut terletak di lereng Gunung Ungaran yang merupakan gunung berapi dengan tinggi 2.050 mdpl. Di bagian kaki gunung tersebut terdapat sumber air panas yang bisa dipakai untuk berendam. Pemandian tersebut sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin rileksasi dengan cara berendam.

Lokasi dan Rute Watu Gunung Semarang

Watu Gunung Semarang atau biasa juga disebut dengan Watu Gunung Ungaran merupakan salah satu spot wisata yang terletak di Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Dari pusat Kota Semarang, Watu Gunung Ungaran berjarak 17 km. Bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 35 menit saja.

Watu Gunung

Kolam Renang di Watu Gunung. Foto: myimage.id

Jika kamu memiliki patokan alun-alun ungaran, maka dari alun-alun ungaran, ambil ke arah Lerep. Setelah itu, jika kamu menemui pertigaan di sebuah tanjakan, ambil arah kiri dan ikuti jalan menanjak tersebut sampai 500 m. Watu Gunung Semeru terletak di sebelah kiri jalan. Biasanya di sana sudah ada papan petunjuk untuk menuju Watu Gunung Semarang, jadi tidak akan sulit untuk menemukannya.

Pesona Watu Gunung Semarang

Watu Gunung Semarang

Watu Gunung Semarang – foto masyog.com

Untuk kolam di sana berjumlah 3 yang tidak begitu luas. Jadi, hanya bisa untuk berenang biasa, tidak cocok digunakan untuk lomba renang. 3 kolam tersebut dibedakan atas kedalamannya. Kolam paling dalam memiliki kedalaman 120 cm.

Spot wisata tersebut sudah dikonsep dengan tema tradisional, sehingga kamu akan menemukan banyak saung-saung atau pendopo berukuran mini yang juga sudah di desain tradisional. Pendopo tersebut biasa digunakan wisatawan untuk istirahat setelah berendam.

Selain ada 3 kolam untuk berendam dan berenang, di Watu Gunung Semarang juga terdapat Rumah Joglo yang ada peralatan gamelan di dalamnya. Rumah Joglo tersebut biasa digunakan wisatawan untuk mengambil foto.

Baca juga:

Watu Gunung Semarang

Watu Gunung Semarang – foto travelspromo.com

Di sekitar pemandian juga terdapat beberapa bangunan, mulai dari bangunan besar sampai kecil. Bangunan tersebut merupakan tempat makan yang biasa digunakan wisatawan untuk menikmati makanan yang sudah mereka pesan setelah berenang. Di tengah-tengah bangunan tersebut terdapat sebuah danau kecil yang di dalamnya terdapat ikan gurameh. Ada juga dermaga kecil dengan beberapa perahu yang bersandar.

Fasilitas di Watu Gunung Semarang

Fasilitas yang ada di spot wisata Watu Gunung Semarang memang tidak selengkap spot wisata yang lain, karena fasilitas disana kebanyakan adalah pepohonan untuk berteduh. Selain itu, ada juga bangunan kayu dan meja payung yang biasa digunakan untuk pengunjung yang berenang. Ada juga kamar ganti, kamar bilas, dan toilet yang ada di sekitar area wisata.

Harga Tiket Masuk Watu Gunung Semarang

Untuk masuk ke dalam spot wisata yang satu ini, kamu hanya perlu membayar Rp 20.000,- sampai Rp 25.000,- untuk tiket masuk. Selain itu, Watu Gunung Semarang juga buka setiap jam 08.00 – 17.00. Jadi, kamu tidak bisa kapanpun datang ke Watu Gunung karena dibatasi jam. Untuk tiket masuk berada sekitar 30 meter dari pemandian watu gunung.

Leave a Reply