Alam, Bukit

Watu Giring Gunung Kidul, Tempat Wisata Dengan Nuansa Prasejarah

Watu Giring Gunung kidul

Watu Giring Gunung kidul

Watu Giring Gunung Kidul  – Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu bisa mengembangkan potensi wisata yang dimiliki setiap daerahnya. Salah satu daerah di Yogyakarta yang menjadi primadona pariwisata adalah Kabupaten Gunungkidul.

Kabupaten yang beribukota di Wonosari ini memiliki puluhan atau bahkan ratusan obyek wisata yang beragam. Mulai dari pantai, air terjun, bukit, bangunan unik dan berbagai spot indah lainnya ada di Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu wisata di Gunungkidul yang masih terbilang masih baru dan cukup unik adalah obyek wisata Watu Giring Gunung Kidul. Berlokasi di Desa Pancarejo Kecamatan Semanu obyek wisata Watu Giring ini sebenarnya awalnya hanyalah bekas proyek tambang batuan kapur yang sudah lama tutup.

Watu Giring Gunung Kidul

Watu Giring Gunung Kidul – Eksotisjogja.com

Namun bekas yang dihasilkan dari proyek penambangan ini justru menjadi suatu bentuk yang eksotis. Batuan-batuan tinggi yang berundak-undak menjadikan tempat ini sekilas mirip candi atau bangunan-bangunan kuno pada zaman kerajaan.

Jika dilihat sekilas, Wisata Watu Giring ini memiliki kemiripan dengan Wisata Tebing Breksi di daerah Kalasan Yogyakarta yang sudah terlebih dahulu populer dan dikenal masyarakat luas. Perbedaan yang kentara pada Watu Giring ini adalah Bentuk Berundak-undak pada batuan yang terlihat begitu rapi dan artistik.

Pesona Obyek Wisata Watu Giring  Gunung Kidul

Pesona Obyek Wisata Watu Giring  Gunung Kidul

Pesona Obyek Wisata Watu Giring  Gunung Kidul –  Alodiatour.com

Bentuknya yang berundak-undak dan mirip seperti sebuah candi menjadikan ketika berada di tempat ini kita serasa sedang berada di bekas peninggalan sejarah kuno. Selain itu karena tempatnya yang berada di atas bukit menjadikan panorama yang terlihat dari tempat ini begitu luar biasa. Jika sedang cerah, kita bisa melihat kegagahan gunung merapi dari tempat ini.

Baca juga ya :

Datang ketika sore hari saat langit sedang cerah juga bisa menjadi waktu yang baik untuk berkunjung ke Watu Giring. Menikmati matahari yang tenggelam dengan panorama barisan persawahan serta perbukitan memberikan nuansa romantisme tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Bagi pecinta foto, tempat ini juga sangat instagramable untuk dijadikan obyek kamera. Jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik jika berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas  Yang Ada di Watu Giring Gunung Kidul

Fasilitas  Yang Ada di Watu Giring Gunung Kidul

Fasilitas  Yang Ada di Watu Giring Gunung Kidul – Pesonatravel.com

Untuk fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Watu Giring terbilang masih belum cukup lengkap. Tersedia gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai bersama keluarga ataupun kawan. Selain itu tersedia taman bunga dan juga spot-spot foto yang menarik yang bisa dimanfaatkan untuk berselfie ria ataupun berfoto bersama rombongan.

Di obyek wisata Watu Giring ini pun sudah tersedia lahan parkir walaupun yang tidak begitu luas. Untuk tarif parkir hanya dikenai biaya sebesar 2.000 rupiah. Tersedia juga cor-coran jalan setapak yang dibuat disekeliling area watu giring, semacam jogging track yang sangat membantu jika setelah hujan. Karena jalanan di kawasan wisata ini masih dominan adalah tanah merah, maka akan sangat becek setelah hujan.

Ada juga warung-warung dari warga sekitar yang menjajakan makanan dan minuman yang bisa dijadikan pelepas lapar dan dahaga karena kawasan ini yang begitu panas jika saat siang hari.

Lokasi dan Rute Watu Giring Gunung kidul

Lokasi dan Rute Watu Giring Gunung kidul

Lokasi dan Rute Watu Giring Gunung kidul – Jamelatour.co.id

Obyek wisata Watu Giring terletak di Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Tidak terlalu sulit unutk menemukan tempat ini karena tempatnya yang berada di pinggir jalan utama.

Rute untuk menuju tempat ini pun tidak begitu sulit. Jika dari yogyakarta, langsung menuju ke arah jalan Wonosari. Lurus terus melewati Jalan Nasional I, Jalan Nasional II dan Jalan Nasional III hingga tiba di Perempatan.

Setelah perempatan kemudian menuju arah selatan ke arah jalan Kyai legi hingga ke Jalan KRT Judodiningrat. Setelah sampai di pertigaan, lalu menuju ke timur ke jalan nasional III, lalu ikuti terus jalan yang ada maka akan segera samapi ke obyek Wisata Watu Giring.

***

Itulah tadi informasi singkat seputar wisata Watu Giring yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga obyek wisata ini akan terus berkembang ke depannya, mengingat tempat ini begitu unik dan sulit ditemukan di tempat lain. Dan jika berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang ada.

Leave a Reply