Bukit

7 Potret Indahnya Bukit Selancang Indragiri Hulu Riau

Bukit Selancang Riau

Bukit Selancang Riau - foto ig @gunawansky95

Bukit Selancang – Indragiri Hulu atau yang lebih dikenal dengan nama Inhu merupakan daerah di Provinsi Riau yang tidak seberuntung lokasi lain karena berada di tengah daratan pulau Sumatra.

Oleh karena itu Inhu tidak memiliki lokasi wisata pantai yang eksotis. Selain itu, sebagian wilayah inhu masuk ke area Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang merupakan area konservasi flora dan fauna setempat.

Bukit Selancang Indragiri Hulu provinsi Riau

Bukit Selancang Indragiri Hulu provinsi Riau – foto ig @bang_opan19

Tapi tidak perlu khawatir, jika kalian berkunjung ke daerah Inhu dan ingin piknik disela-sela kesibukan, terdapat lokasi wisata puncak yang terkenal bernama Bukit Selancang.

Bukit Selancang sering dimanfaatkan untuk camping maupun untuk sekedar menikmati pemandangan.

Bukit Selancang Indragiri Hulu Riau

Lokasi wisata Bukit Selancang berada di desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku, Indragiri Hulu, Riau.

baca juga :

Bukit Selancang Indragiri Hulu Riau

Bukit Selancang Indragiri Hulu Riau – foto ig @tntrriii._

Berada di ketinggian kurang lebih 400 mdpl, Bukit Selancang menyajikan pemandangan yang mampu membuat pengunjung menahan napas.

Lokasi Bukit Selancang yang berada di kawasan konservasi hutan tentunya lokasi ini menyajikan pemandangan lembah yang subur menghijau.

Lokasinya yang berada di area perbukitan juga menghadirkan pemandangan yang lebih bervariasi karena perbedaan topologi dan kondisi cuaca akan mempengaruhi pemandangan yang tampak.

Selain pemandangan alam yang hijau dan nyegerin, tentunya Bukit selancang memiliki daya Tarik lainnya yaitu lautan awan.

Bukit Selancang Indragiri

Bukit Selancang Indragiri – foto ig @ahmadzf_102

Hal ini merupakan daya tarik utama bukit selancang sehingga banyak wisatawan yang bela-belain untuk camping di bukit selancang untuk menikmati pemandangan.

Kok harus bela-belain camping? Ya harus dong soalnya lautan awan ini muncul di pagi hari. Dari atas Bukit selancang akan tampak puncak dari perbukitan yang lembahnya diselimuti oleh awan-awan sehingga tampak bagai kepulauan di langit.

Jika kurang beruntung dan tidak mendapati lautan awan di lokasi lokasi wisata Bukit Selancang, kalian tetep gak akan dikecewakan oleh pemandangan yang disajikan Bukit Selancang.

Bukit Selancang Indragiri Hulu di Riau

Bukit Selancang Indragiri Hulu di Riau – foto ig @mahendra_rudi66

Pengunjung dapat menikmati sunset dan sunrise yang menakjubkan dari atas Bukit Selancang. Alam yang terjaga tentunya menyajikan langit yang membiru dan bersih. Saat sunrise pengunjung dapat menikmati indahnya langit kehijuan dengan semburat oranye.

Sedangkan saat sunset pengunjung dapat menikmati langit keunguan dengan semburat kemerahan.

Langit ini masih dipadukan dengan indahnya pemandangan lembah serta perbukitan yang ikut berubah warna sesuai dengan kondisi cahaya yang dipantulkannya. Cantik banget kan?

Camp Granit Bukit Selancang

Bukit Selancang Indragiri Hulu

Bukit Selancang Indragiri Hulu – foto ig @hendri_malffy

Untuk pengunjung yang ingin mengnjungi Bukit Selancang, ada akomodasi yang bisa didapatkan di kawasan ini adalah Camp Granit.

Camp Granit merupakan lokasi bekas penambangan batu granit yang dilakukan salah satu perusahaan asal prancis.  Lokasinya terletak di pusat pemerintahan Indu si Tanjung Reba. Lokasi ini dapat menampung pengunjung sebanyak 35 orang.

Camp Granit biasanya digunakan sebagai pusat informasi, shelter, jalur wisata ke puncak bukit selancang, serta rumah pohon yang berfungsi untuk mengamati hutan dan segala jenis flora dan faunanya.

Untuk mencapai Camp Granit ini diperlukan perjalanan darat dari pusat kota Riau mengunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selama kurang lebih 1,5 jam.

Karena lokasinya memang di Taman Nasional, tidak ada kendaraan umum yang menuju ke daerah ini. pengunjung harus membawa kendaraan pribadi.

Bukit Selancang di Indragiri Hulu Riau

Bukit Selancang di Indragiri Hulu Riau – foto ig @rengatoke

Di dekat Camp Granit juga ada danau yang dapat di tempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit. Untuk pengunjung yang ingin memancing.

Danau ini merupakan lokasi yang cicik untuk memancing. Danau memiliki air yang jernih dengan berbagai macam ikan hidup di dalamnya. Di lokasi ini juga tersedia guest house.

Untuk daerah Kabupaten Indragiri Hulu sendiri tepatnya di Kecamatan Batang Cenaku merupakan daerah dataran tinggi, sehingga memiliki banyak bukit – bukit selain bukit Selancang ini, sehingga wisatawan memiliki beberapa pilihan untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Bukit Selancang Riau

Bukit Selancang Riau – foto ig @gunawansky95

Selain itu,  Desa Aur cina sendiri juga memiliki beberapa spot wisata alam yang recommended untuk dikunjungi seperti Air terjun (Tembulun Temarek), Air terjun (Tembulun), Sungai Namam, dan masih ada spot wisata lainnya.

Tertarik untuk mengunjungi nya jika yang belum pernah sama sekali? Kalau berkunjung kalian diharapkan selalu menjaga kebersihan lokasi wisata juga ya.

Selain itu, mengingat lokasi ini adalah lokasi konservasi, kalian juga diharapkan untuk tidak merusak area wisata baik alamnya maupun tanaman-tanamannya.

Happy traveling!

Leave a Reply