Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

7 Tempat Wisata di Aceh Singkil Paling Hits

Pulau Palambak wisata di aceh singkil pulau banyak

Pulau Palambak wisata di aceh singkil pulau banyak

Tempat Wisata di Aceh Singkil  –  Aceh Singkil merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pesisir bagian selatanProvinsi Aceh. Kabupaten Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Di Aceh Singkil, terdapat banyak destinasi wisata menarik yang wajib anda kunjungi. Beberapa tempat wisata tersebut bahkan sudah menjadi salah satu yang terbaik dan sudah terkenal bukan hanya di Indonesia melainkan di negara lain.

Maka tidak heran jika banyak wisatawan dari luar Aceh seperti dari Sumatera Utara dan juga wisatawan dari mancanegara yang berlibur ke sini.

Lalu apa sajakah tempat wisata di Aceh Singkil yang paling hits dan pastinya wajib kalian datangi tersebut? Simak infonya dibawah ini ya.

Baca juga ya :

1. Pulau Rangit Kecil

Pulau Rangit Kecil

Pulau Rangit Kecil

Tempat wisata di Aceh Singkil yang tidak kalah menarik adalah Pulau Rangit Kecil. Lokasi Pulau Rangit Kecil ini ada di Kepulauan Banyak, Kecamatan Pulau Banyak.

Pulau Rangit Kecil di Aceh Singkil menawarkan pantai pasir putih, air laut jernih, dan mercusuar bersejarah untuk pengalaman wisata. Untuk jarak antar Pulau Bengkaru dengan ibu kota Aceh Singkil kurang lebih 48 mil

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan datang ke sini adalah karena tempat ini tidak sulit dijangkau. Akses jalan dan transportasinya pun juga sangat mendukung. Wisatawan hanya perlu memanfaatkan jasa speedboat maupun kapal feri.

Salah satu hal yang menarik ketika berkunjung ke sini selain keindahan alamnya adalah terdapat penangkaran penyu hijau. Selain itu, kegiatan lain yang biasanya dilakukan para wisatawan adalah berenang, berselancar, maupun snorkeling.

Pemandangan biota laut yang masih terjaga menambah nilai keindahan dari Pulau Bengkaru. Jika anda sudah puas, maka anda tinggal bersantai di bawah sinar matahari.

2. Danau Bungara

Danau Bungara

Danau Bungara

Selain wisata pantai, ternyata ada juga tempat wisata di Aceh Singkil yang berupa danau. Danau tersebut bernama Danau Tara Bara dan Danau Bungara. Untuk  Berkunjung ke danau Bungara jika dari Kota Subulussalam dapat menempuh jarak sekitar 47 Km dan dari Ibu Kota Singkil sekitar 60 Km.

Sebenarnya, Danau Bungara merupakan salah satu Kampong yang ada di kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil. Danau Bungara juga sebagai pusat ibu kota kecamatan. Namun disini ada wisata Danau yang juga bernama Danau Bungara.

Untuk bisa sampai ke Danau Bungara, anda bisa menempuhnya dengan menaiki mobil pribadi karena belum ada angkutan umum.

Sebenarnya Danau Tara Bara merupakan salah satu tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi. Padahal Danau Tara Bara memiliki keindahan yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya.

Terlebih lagi ketika anda mengunjunginya di pagi har, maka anda akan melihat kabut yang menyelimuti danau tersebut. Wisatawan yang berlibur ke sini biasanya akan menghabiskan waktunya untuk sekedar bersantai dan juga memancing ikan.

Ada juga yang jalan-jalan sambil menikmati keindahan Danau Tara Bara. Di danau ini pun anda juga bisa melihat tempat budidaya ikan. Tempat yang sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi memancing.

3. Pulau Palambak

Pulau Palambak wisata di aceh singkil pulau banyak

Pulau Palambak wisata di aceh singkil pulau banyak

Masih wisata pantai dan pulau, Kabupaten Aceh Singkil memang dikenal dengan kawasan kepulauan yang indah dengan banyaknya pulau-pulau cantik yang ada di kawasan kepulauan Banyak.

Salah satu pulau cantik yang juga harus kalian datangi saat ke pulau banyak adalah Pulau Palambak. Lokasi Pulau Palambak ini berada di Kecamatan Pulau Banyak.

Untuk ukuran Pulau ini lumayan besar, sehingga ada beberapa resort yang dibangun di pulau cantik ini. Kemudian, pulau Palambak  ini juga memiliki garis pantai sangat indah, dengan hamparan pasir putih yang membentang pesisir pulau ini.

Pulau Palambak sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Palambak Kecil dan Palambak Besar. Kedua pulau ini jaraknya tidak begitu jauh. Namun, Pulau Palambak Besar yang memiliki sejumlah fasilitas, seperti tempat penginapan dan café.

Nah disana juga terdapat jemabatan untuk bersandarnya perahu atau kapal yang mengangkut wisatawan. Kemudian, tulisan Palambak Island yang terbuat dari beton untuk background bagi anda yang ingin berswafoto dengan latar alam lautan yg indah.

4. Pantai Cemara Indah

Pantai Cemara Indah Singkil

Pantai Cemara Indah Singkil

Tempat wisata di Aceh Singkil yang juga kami rekomendasikan untuk dikunjungi yakni adalah Pantai Cemara Indah. Pantai ini berada di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara.

Jarak dengan ibu kota sekitar 25 km. Keindahan pantai ini terlihat dari airnya yang hijau kebiruan yang tentunya menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke sini.

Sesuai namanya, di pantai ini anda akan melihat ribuan pohon cemara yang berbaris rapi seolah menyapa wisatawan yang baru menginjakkan kaki di sini.

Adapun Fasilitas yang ada di Pantai Cemara Indah Singkil sini juga cukup baik, seperti pondok santai, gallery, pentas, mushala, cafe, sampai permainan anak.

5. Makam Syekh Abdurrauf As Singkili

Makam Syekh Abdurrauf As Singkili

Makam Syekh Abdurrauf As Singkili

kali ini kita akan berkunjung ke salah satu tempat wisata religi yakni Makam Syekh Abdurrauf As Singkili yang juga banyak didatangi wisatawan untuk berziarah.

Lokasi Makam Syekh Abdurrauf As Singkili ini ada di  daerah Kilangan, kota Singkil, Kabupaten Aceh Singkil , Aceh.

Syekh Abdurrauf atau yang bergelar Syiah Kuala adalah ulama tersohor dan memiliki pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di Sumatera dan khususnya lagi di Pariaman Sumatera Barat serta kawasan Nusantara pada umumnya.

Beliau bukan saja ulama yang tersohor dan penulis terkenal dengan buah karyanya terjemahan Alquran ke dalam bahasa Melayu pertama di Nusantara. Namun, ia juga termasuk pernah menjadi Mufti Agung Malikul Adil di Kerajaan Aceh Darussalam. Ketika itu, termasuk lima kerajaan Islam terbesar di dunia.

Makam diperkirakan sudah ada sejak tahun 1100 masehi dan kemudian dibangun dengan sumbangsih masyarakat Sumatera Barat. Makam Syekh Abdur Rauf memiliki panjang 9 x 1 Meter.

Makam Syekh Abdurrauf dironivasi pada tahun 1987. Saat ditemukan makam hanya berupa bangunan kayu beratap rumbia.

Oh ya, Di bagian tengah ruangan itulah makam Syekh Abdur Rauf yang di atas makam ditaburi bebatuan putih, kulit kerang besar, dan ditutupi kelambu hijau yang kabarnya dibawa pengunjung dari Pariaman yang setiap tahunnya setelah Hari Raya Idul Adha ratusan warga Pariaman berziarah ke makam Syeh Abdul Rauf.

6. Ekowisata Lae Treup Rawa Singkil

Lae Treup Singkil, wisata konservasi orang hutan

Lae Treup Singkil, wisata konservasi orang hutan

Bagi kalian yang menyukai aktifitas petualangan, cobalah berkunjung ke Ekowisata Lae Treup Rawa Singkil yang menyuguhkan pengalaman adventure menyusuri sungai dan hutan rawa.

Kawasan konservasi Lae Treup dalam Rawa Singkil terbentang dalam tiga Kabupaten Kota, yakni mulai Aceh Singkil, Pemko Subulussalam hingga Kabupaten Aceh Selatan.

Sehingga Hutan Rawa masuk dalam zona kawasan Ekosistem Leuser, kaya akan flora dan fauna unik yang hidup liar di dalamnya.

Kawasan Hutan Rawa Singkil seluas seratusan ribu Hektare, merupakan bagian dari kawasan Ekosistem Leuser dan dinamai juga sebagai kawasan Suaka Marga Satwa sejak 1998.

Berbagai Habitat bagi satwa liar endemik, yaitu seperti Orangutan Sumatera, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, dan Badak Sumatera.

Lalu Disini juga kadang dijumpai Beruang Madu, Rusa, Buaya, Siamang, Monyet Ekor panjang (Beruk), Wak-wak, kura-kura, Bulus fan puluhan spesies Burung liar lainnya, yakni Beo, Murai Batu, Perling, Kutilang, Bangau Tong tong, hina Bebek sayap putih.

7. Air Terjun Lae Gecih

Air Terjun Lae Gecih

Air Terjun Lae Gecih, foto: toptravellingindonesia.blogspot.com

Tempat Wisata di Aceh Singkil  yang pertama yang akan kami jelaskan kepada anda adalah air terjun Lae Gecih. Air terjun  ini berada di Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Simpang Kanan.

Adapun jarak antara air terjun Lae Gecih dengan ibu kota kurang lebih 90 km. Sementara jarak antara tempat ini dengan kecamatan kurang lebih 20 km. Salah satu keindan air terjun Lae Gecih adalah airnya yang begitu jernih.

Selain itu, banyak popohonan hijau yang akan memberikan suasana yang semakin menyenangkan. Memang untuk bisa sampai ke sini dibutuhkan usaha yang ekstra karena jaraknya lumayan jauh.

Akan tetapi, ketika anda sudah sampai di sini, maka rasa lelah anda akan langsung terbayar lunas dengan pemandangn air terjun Lae Gecih.

Leave a Reply