Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya Terkenal

5 Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya Terkenal

5 Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya Terkenal, foto: @ulfariantii via imgrum

Jika membahas tentang pesona serambi mekah memang tidak akan pernah ada habisnya. Aceh memang terkenal akan budaya serta kearifan lokal yang menjadi daya tarik sendiri bagi siapapun untuk datang ke Aceh. Salah satu kabupaten yang cukup terkenal adalah kabupaten Aceh Barat Daya. Mengapa kabupaten ini terkenal tidak lepas dari tempat wisatanya yang unik dan menarik.

Setiap hari tempat wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya tidak pernah sepi dari pengunjung. Yang datang ke sini bukan hanya wisatawan dari Aceh atau daerah sekitarnya melainkan ada turis mancanegara juga.

Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya Rekommended 2020

Berikut ini kami sudah memiliki beberapa tempat wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya yang bisa anda jadikan tujuan utama untuk menghabiskan waktu bersama pasangan atau keluarga anda.

1. Pantai Jilbab

Pantai Jilbab

Pantai Jilbab, foto: @tariroesdi Via instagram

Mendengar ada pantai yang bernama Pantai Jilbab mungkin langsung membuat kita bertanya-tanya dan penasaran mengunjunginya. Pantai ini berada di desa Palak Kerambil, kecamatan Susoh, kabupaten Aceh Barat Daya. Jaraknya kurang lebih 4 km dari ibu kota Aceh Barat Daya Blangpidie. Lalu kenapa pantai ini dinamakan sebagai Pantai Jilbab?

Alasannya adalah setiap pengunjung perempuan yang ingin datang ke sini harus mengenakan jilbab. Sebenarnya hal ini berlaku juga untuk pantai-pantai yang lainnya. Namun mungkin Pantai Jilbab menjadi yang paling banyak pengunjung perempuannya sehingga istilah tersebut melekat hingga sekarang.

Ketika anda datang ke sini, anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan Samudera Hindia dan Pulau Gosong. Pasirnya yang begitu lembut menjadi nilai tambah yang akan membuat anda semakin nyaman di sini. Pantai Jilbab adalah pantai yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama, terutama untuk anda yang berjiwa muda.

2. Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru, foto: khaidhirsyarif.wordpress.com

Pemandian yang satu ini berlokasi di kecamatan Lembah Sabil. Jaraknya sekitar 17 km dari Abdya (Aceh Barat Daya) Blangpidie. Untuk bisa sampai ke sini, anda harus mengeluarkan biaya antara 15.000 sampai 20.000 dengan menempuh waktu sekitar 40 menit. Pemandian ini merupakan sebuah sungai dengan bebatuan serta aliran airnya yang jernih.

Pemandian ini juga memiliki fasilitas yang bagus. Hal ini terbukti dengan adanya cafe, penginapan, dan lain-lain. Tiket masuknya hanya 5.000 dengan biaya parkir 2.000. Sebuah pemandian terbaik untuk melepas lelah anda setelah sekian lama menghabiskan waktu untuk bekerja.

3. Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Ujong Ketapang juga merupakan tempat wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya yang tidak boleh anda lewatkan. Keindahan pantai ini terlihat dari pasir putihnya yang sangat lembut. Wisatawan yang berlibur ke sini biasanya akan berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alamnya.

Selain itu, waktu terbaik untuk datang ke Pantai Wisata Ujong Ketapang adalah sore hari. Di sini anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Tentunya anda tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut dan anda harus datang ke sini bersama pasangan anda.

4. Taman Laut Ujung Manggeng

Taman Laut Ujung Manggeng

Taman Laut Ujung Manggeng, foto: acehplanet.deviantart.com

Tempat wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya yang keempat adalah Taman laut Ujung Manggeng. Taman ini lokasinya berada di pinggir pantai di desa Ujung Raja dengan jarak kurang lebih 3 jam 20 menit jika anda melewati jl. Meulaboh – Tapak Tuan.

Keindahan yang anda rasakan ketika berlibur ke sini adalah pemandangan alam yang hijau yang memberikan kesejukan dan kedamaian di hati. Untuk sampai ke sini, biaya transportasi yang harus anda keluarkan antara 60.000 sampai 100.000. Sebuah taman laut yang sangat indah untuk memanjakan mata anda.

5. Pulau Gosong

Pulau Gosong

Pulau Gosong, foto: www.imgrum.net/

Pulau Gosong juga merupakan objek wisata yang tak kalah menarik. Lokasinya ada di kecamatan Susoh yang jaraknya 4 km dari Blangpidie. Jika anda perhatikan, pantai ini mempunyai gradasi air laut serta karang yang sangat jelas. Hal ini karena iar launnya yang terkenal jernih dan akan membuat anda segar kembali setelah lelah karena perjalanan yang cukup jauh.

Untuk bisa sampai ke sini, anda harus menyewa speadboat dengan biaya sekitar 300.000 untuk jarak 1 mil. Anda bisa patungan bersama teman-teman anda untuk menghemat biaya. Terumbu karang yang masih terjaga memberikan pemandangan bawah laut yang begitu mengagumkan.

Leave a Reply