Daftar Wisata

7 Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat Terbaik

Masjid Agung Baitul Makmur, Tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat

Masjid Agung Baitul Makmur, Tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat- foto kataomed.com

Tempat Wisata di Meulaboh – Kali ini kami akan menjelaskan apa saja tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat yang terkenal. Melubaoh adalah salah satu kota yang memiliki pesona alam yang mengagumkan. Di sini terkenal memiliki banyak spot wisata yang setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Mereka yang datang ke Melubaoh bukan hanya dari Aceh melainkan juga dari daerah yang lain. Bahkan ada orang yang relat datang jauh-jauh dari tempatnya hanya untuk datang ke Melubaoh.

Hal ini membuktikan bahwa tempat wisata di Melubaoh Aceh Barat memiliki banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi, terutama kamu yang memang berjiwa traveller.

Daftar Tempat Wisata Di  Melubaoh Aceh Barat Terbaik

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi seputar apa saja tempat wisata terbaik yang ada di Melubaoh yang harus kamu kunjungi.

1. Gampong Tutut atau Krueng Tutut

Gampong Tutut atau Krueng Tutut, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Gampong Tutut atau Krueng Tutut, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat – Foto: wisataasia.com

Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat yang pertama dinamakan Krueng Tutut atau Gampong Tutut. Sebuah lokasi yang menawarkan keindahan alam yang tidak ada tandingannya. Krueng Tutut berlokasi di Desa Tanaloh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Gunung Cakoi.

Sebenarnya sampai sekarang Gampong Tutut masih belum banyak yang mengetahuinya. Maka dari itu, setelah anda mengetahui bahwa di Melubaoh terdapat wisata bernama Krueng Tutu, maka anda jangan sampai tidak mengunjunginya.

Sungai bening, hutan bertebing, yang akan membuat siapapun yang datang ke Melubaoh akan merasa tenang. Jika kamu ingin datang ke sini, anda bisa datang kapan saja. Krueng Tutu dibuka setiap hari mulai Senin sampai Minggu.  Namun untuk kamu yang datang ke sini kami sarankan berangkat pagi, karena jika kamu sampai di sini agak siang sudah mulai dipadati para wisatawan.

2. Pantai Ujong  Kareung, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Pantai Ujong  Kareung, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Pantai Ujong  Kareung, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat – Foto: streemit.com

Pantai Ujong Kareung merupakan salah satu tempat wisata di Melubaoh Aceh Barat yang juga harus kamu kunjungi. Bagi anda yang memiliki hobi berkunjung ke pantai, kami sarankan datang ke sini.

Pantai Ujong Kareung berlokasi di Ujong Kareung, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.  Tempat ini dibuka 24 jam non stop jadi anda bisa datang kapan saja dan jam berapa saja. Sekedar informasi bahwa dahulu tempat ini merupakan tempat pertahanan para penjajah.

Kamu bisa melihat sendiri bahwa terdapat bangunan Benteng Jepang yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Jadi, kamu bukan hanya mendapatkan tempat wisata yang mengamgumkan, melainkan juga tempat wisata bersejarah.

Waktu terbak untuk datang ke Pantai Ujong Kreung adalah pagi dan sore hari. Anda akan disuguhkan pemandangan matahari terbit dan tenggelam begitu jelas di sini. Sangat cocok untuk kamu  yang datang bersama pasangannya.

Baca Juga ya :

3. Pulau Gosong Meulaboh

Pulau Gosong, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Pulau Gosong, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat – Foto: wisatapaketseribupulau.co.id

Mungkin nama dari pulau ini terkesan aneh. Namun sebenarnya nama ‘Gosong’ tersebut tidak seperti yang dibayangkan kebanyakan orang.  Pulau Gosong berada di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Baratini merupakan tempat bagi orang-orang yang menginginkan ketenangan jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri.

Salah satu yang menjadi keunikan tersendiri dari Pulau Gosong adalah luasnya yang bisa dikatakan kecil dibandingkan dengan pulau pada umumnya. Ukurannya seperti lapangan sepakbola. Namun tetap memberikan keindahan alam yang tidak bisa kamu lupakan.

Wisatawan yang datang ke Pulau Gosong biasanya hanya sekedar bersantai sambil menikmati keindahan alam. Akan tetapi, kamu juga bisa menikmati keindahan lautnya dengan menyelam atau snorkeling. Dijamin tempat ini akan menjadi salah satu tempat wisata yang tidak akan pernah kamu lupakan.

4. Pantai Kasih

Pantai Kasih, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Pantai Kasih, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat – Foto: jejakpiknik.com

Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat selanjutnya yang masih berada di Meulaboh adalah Pantai Kasih. Lokasinya berada di Kota Sabang, Aceh. Di sini kamu bukan hanya disuguhkan wisata air yang mengagumkan, melainkan juga kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata bersejarah d sini.

Salah satunya adalah benteng yang merupakan bekas peninggalan Perang Dunia II. Benteng tersebut bahkan masih terjaga hingga sekarang. Setelah puas mengunjungi tempat wisata di Pantai Kasih, kamu bisa melepas rasa lelahmu dengan berhenti di tempat makan yang lokasinya juga masih ada di Pantai Kasih.

Tempat makan tersebut menyajikan berabagai macam menu makanan yang akan memanjakan lidahmu.

5. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat

Pantai Pusong Sangkalan, Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat – Foto: streemit.com

Tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat selanjutnya dan juga menjadi salah satu yang terbaik adalah Pantai Pusong Sangkalan. Lokasinya berada tidak jauh dari Blangpidie, Aceh Barat Daya dimana jaraknya sekitar 3 km. Salah satu yang menjadi nilai keindahannya adalah posisinya yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Pantai ini memiliki ombak yang besar jadi biasanya wisatawan akan dilarang berselancar. Kamu bisa mengunjungi pantai Pusong Sangkalan adalah mulai pukul 06.00 sampai 10.00 karena kamu nanti bisa melihat para nelayan menjaring ikan dengan menggunakan pukat.

Fasilitas yang ada di Pantai Pusong Sangkalan adalah warung makan dan penginapan. Jadi, kamu bisa datang dan berlibur di sini selama beberapa hari. Sangat kami rekomendasikan untuk berbulan madu dengan pemandangan penginapan yang langsung menghadap ke pantai.

6. Tugu Kupiah Meukeutop

Tugu Kupiah Meukeutop meulaboh

Tugu Kupiah Meukeutop meulaboh – foto kataomed.com

Dikota Meulaboh berdiri megah sebuah Tugu Kupiah bernama Tugu Kupiah Meukeutop yang menjadi lambang daerah Kabupaten Aceh Barat. Tepat dilokasi Tugu inilah gugurnya Pahlawan Nasional Teuku Umar ditembak dengan peluru Emas oleh tentara Belanda.

Tugu Kupiah ini terletak di Desa Suak Ujong Kalak, Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat ini bahkan sudah dijadikan sebagai icon dari pusat kota Meulaboh yang bersejarah.

7. Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat yang terakhir adalah Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. Selain sebagai Kota Serambi Mekah, Aceh juga memiliki julukan lain yakni sebagai kota seribu Masjid Megah.

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh – foto kataomed.com

Masjid Agung Baitul Makmur berada tepat dipusat kota Meulaboh dan dipusat jalan utama lintas Barat Sumatera. Masjid ini juga menjadi masjid terbesar dan termegah di kawasan pantai barat Kota Meulaboh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Secara Lokasi sendiri, Masjid Agung Baitul Makmur terletak di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kota Meulaboh Ibu kota Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Jika kalian melintasi pesisir Barat Sumatera Dari arah Aceh maun Lampung, nah kalian pasti akan singgah di Meulaboh dan akan melihat Masjid mewah ini.

Leave a Reply