Alam, Bukit, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pantai

6 Tempat Wisata Kabupaten Sukamara

6 Tempat Wisata Kabupaten Sukamara 1

newsdeso.blogspot.com

Tempat Wisata Kabupaten Sukamara – Kabupaten Sukamara adalah sebuah daerah yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah 3.827 km2. Sepeti daerah-daerah lain di Indonesia, Kabupaten Sukamara memiliki pesonanya tersendiri. Sukamara memiliki potensi wisata yang tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain, mulai dari pantai hingga bukit.

Nah, penasaran apa saja destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Sukamara? Check this out!

1. Pantai Tanjung Nipah Sukamara

Pantai Tanjung Nipah Sukamara

Pantai Tanjung Nipah Sukamara – source: instagram.com/ridhokin

Terletak di Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Pantai Tanjung Nipah merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. Di pantai ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian 50 meter.

Jika kamu bersedia menaiki ratusan anak tangga melingkar menuju puncak mercusuar. Ingin menikmati matahari terbenam yang romantis? Tentu saja bisa! Menikmati pemandangan sunset ditemani deburan ombak akan menjadi kenangan yang manis antara kamu dan pasangan.

Untuk mengakses Pantai Tanjung Nipah, sebaiknya kamu mengendarai kendaaan pribadi dan menggunakan Googlemaps sebagai penunjuk arah. Harga tiket masuk pantai relatif terjangkau, yaitu Rp 15.000/orang.

Bagi teman-teman dari pulau Jawa, kamu dapat menuju Pantai Tanjung Nipah dengan cara pergi ke pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan naik kapal ferry jurusan Semarang – Kumai.

2. Pantai Anugerah Sukamara

Pantai Anugerah Sukamara

Pantai Anugerah Sukamara – source: instagram.com/qilasupartono

Pantai Anugerah adalah salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara. Seperti Pantai Tanjung Nipah, Pantai Anugerah juga menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih yang bertemu dengan birunya air laut.

Di pantai ini disediakan beberapa spot foto yang cantik namun tetap terlihat alami, seperti ayunan bertiang kayu. Kamu juga bisa berfoto di jembatan kayu yang hanya mencapai bibir pantai, sehingga akan terlihat cantik untuk berfoto di sini ketika air pasang.

Pantai dengan hamparan pasir putih dan deretan pohon cemara pantai di tepiannya ini cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000/orang untuk tiket masuk.

3. Bukit Jelungga Sukamara

Bukit Jelungga Sukamara

Bukit Jelungga Sukamara – source: instagram.com/yomie_orangutandays

Jika kamu ingin quality time bersama teman-temanmu diselimuti langit senja dan disambut matahari pagi keesokan harinya, Bukit Jelungga akan menjadi pilihan yang tepat. Bukit yang terletak di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara ini menyajikan pemandangan sunset dan sunrise yang cantik.

Kamu dan teman-teman bisa mendirikan tenda di atas bukit berbatu ini. Selain sunset dan sunrise, kamu bisa menikmati pemandangan berupa hamparan rumput dan pepohonan di siang harinya. Kalau ingin camping di sini, jangan lupa membawa matras gulung yang tebal, ya!

4. Bukit Patung

Agro Wisata Bukit Patung merupakan bagian dari kawasan hutan lindung. Meskipun namanya Bukit Patung, namun tempat wisata ini memiliki destinasi wisata utama berupa air terjun. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Riam Beguruh, hanya berjarak 1 km dari Desa Bangun Jaya.

Baca juga:

Aliran air terjun ini berasal dari hutan lindung yang ada di sekitarnya, sehingga air yang mengalir masih sangat jernih dan tidak tercemar. Dikelilingi pohon-pohon berdaun hijau menambah kesan asri, sejuk, dan teduh. Berwisata ke Bukit Patung cocok untuk kamu yang penat bekerja dan membutuhkan asupan warna hijau alami yang menyegarkan pikiran.

5. Danau Burung Sukamara

Danau Burung Sukamara

Danau Burung Sukamara – source: lancangkuning.com

Apakah kamu adalah pecinta fotografi dan hobi berwisata alam? Jika ya, maka Danau Burung adalah salah satu destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi ketika berkunjung ke Sukamara. Danau Burung bisa dibilang tempat wisata unik yang menjadi andalan Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

Termasuk dalam kawasan Suaka Margasatwa Lamandau, Danau Burung merupakan hidden gem dengan nuansa tropis yang memukau. Danau Burung ini merupakan tempat transit burung-burung yang bermigrasi, sehingga kamu dapat menyaksikan berbagai jenis burung liar yang cantik pada awal musim kemarau dan awal musim hujan.

Selain burung, kamu juga akan ditemani oleh primata seperti owa dan bekantan. Jadi, apakah kamu tertarik mengunjungi Danau Burung? Siapkan kamera dengan baterai penuh, ya!

6. Desa Wisata Natai Kondang

Jika kamu memiliki hobi hiking, maka Desa Wisata Natai Kondang cocok menjadi tujuanmu ketika berlibur ke Kabupaten Sukarama, Kalimantan Tengah. Tepatnya di SP 4 Natai Kondang, terdapat sebuah perbukitan yang terkenal dengan nama Bukit Barisan.

Sesuai namanya, Bukit Barisan berupa bukit yang berjejer dengan indah. Jika kamu datang ke sini di pagi hari selepas subuh, maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan sunrise yang diselimuti kabut tipis. Sedangkan jika kamu datang di sore hari, kamu bisa menyaksikan sunset yang romantis.

Itulah enam destinasi wisata yang harus banget kamu datangi ketika berkunjung ke Sukamara. Sudah siap untuk berwisata ke hidden gems milik Sukamara?

Leave a Reply