6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo

Pulau Cinta di Boalemo Gorontalo

Pulau Cinta di Boalemo - Photo credit: nativeindonesia.com

6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo – Tilamuta adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Tilamuta memiliki 12 desa yang kaya akan potensi sumber daya pariwisata. Diantaranya, yang paling populer adalah Wisata Pulau Mohupomba dan Pulau Asiangi Boalemo.

Karena berada di dalam wilayah Kabupaten Boalemo yang juga memiliki banyak destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, sekitar daerah Tilamuta juga banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi.

Ada 6 kecamatan lain di wilayah Kabupaten Boalemo yang bisa menjadi pilihan city tour kamu yaitu Kecamatan Botumoito, Dulupi, Mananggu, Paguyaman, Paguyamanpantai, dan Wonosari.

Kabupaten tempat berasalnya Burung Maleo ini memiliki bentang alam berupa gunung, laut dan persawahan dengan komoditas utama berupa kelapa. Jadi, di wilayah kabupaten ini potensi wisata alamnya tidak akan jauh-jauh dari gunung dan laut.

Baca juga ya:

Nah, berikut ini adalah 6 tempat wisata di Tilamuta dan sekitar Kabupaten Boalemo yang harus kamu ketahui.

Pulau Idaman Boalemo

Pulau Idaman Boalemo

Pulau Idaman Boalemo – Photo credit @rauf official on Youtube

Pulau Idaman Boalemo yang sebelumnya bernama Pulau Mohupomba ini terletak di Desa Tenilo, Tilamuta, Boalemo. Jaraknya dari Ibukota Provinsi Gorontalo adalah 104 km atau sekitar 2,5 jam naik mobil.

Untuk menuju Pulau Mohupomba, kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Tilamuta naik perahu. Kamu bisa memilih naik speedboat atau ketinting, perahu tradisional milik warga lokal. Tergantung selera kamu. Kalau naik speedboat, waktu tempuhnya hanya 15 menit saja. Tapi, untuk kamu yang suka berlama-lama menikmati pemandangan alam dari perahu, ketinting bisa jadi pilihan.

Dalam perjalanan menyeberang menuju Pulau Idaman Boalemo ini, kamu tidak akan bosan. Karena pemandangan deretan pegunungan Boalemo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya akan menemani perjalananmu.

Di kawasan pulau ini, kamu bisa menikmati indahnya karang, jernihnya air laut yang membuatmu ingin menyelaminya, juga berbagai jenis biota laut. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis bintang laut dengan beragam warna di pantainya.

Uniknya, pulau berpasir ini hanya bisa kamu kunjungi sekitar jam 10 pagi sampai jam 3 sore waktu setempat. Karena di luar jam itu, pulau ini akan terendam oleh air laut. Jadi, pastikan kamu bisa sampai di pulau ini pada jam-jam itu ya!

Pulau Cinta Boalemo

Pulau Cinta di Boalemo Gorontalo

Pulau Cinta di Boalemo – Photo credit: nativeindonesia.com

Pulau Cinta merupakan destinasi wisata utama tidak hanya di Boalemo, tetapi sudah menjadi destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah Provinsi Gorontalo. Pulau yang berbentuk love dengan resort-resort yang mengelilinginya ini terletak di Desa Potoameme, Kecamatan Botumoito, Boalemo, Gorontalo.

Pulau yang juga dijuluki dengan Maldives Island-nya Indonesia ini dikelilingi hamparan pantai yang eksotis dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan membuat kamu bisa menikmati pemandangan langit malam bertaburkan bintang-bintang dan pilihan keindahan lain yang tak kalah paripurna yang bisa kamu eksplor sendiri.

Menikmati makan malam romantis di tepi pantai, menyelami keindahan bawah laut pantainya, dan menyusuri kesegaran alami hutannya, adalah beberapa aktivitas pilihan yang dapat kamu lakukan untuk menikmati keindahan alami Pulau Cinta Boalemo ini.

Pulau Cinta ini awalnya tak berpenghuni, namun karena menyadari potensi pariwisata yang luar biasa, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengembangkan pulau  ini menjadi objek wisata.

Dilengkapi dengan Eco Resort  yang terdiri atas 15 cottage terapung di atas laut yang masing-masingnya dihubungkan dengan jembatan kayu membentuk hati mengelilingi pulau cinta, membuat liburanmu akan sangat berkesan dan menyenangkan.

Apabila kamu berencana kemari, sebaiknya kamu pesan kamar terlebih dahulu. Agar kamu mendapatkan fasilitas penjemputan dari Boalemo ke lokasi Pulau Cinta. Untuk berlibur disini, kamu harus membayar sebanyak 3 sampai 5 juta rupiah perhari.

Harga itu sudah termasuk fasilitas kamar di cottage, makan 3 kali sehari, dan fasilitas transportasi dari Pelabuhan Tilamuta, Boalemo. Sudah tak sabar mau berlibur ke pulau ini? Segera booking paket wisatanya aja ya!

Taman Laut Pulau Batila

Pulau Batila di Boalemo

Pulau Batila – Photo credit: josuaoliver.blogspot.com

Pulau Batila merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di Teluk Tomini. Taman Laut Pulau Batila tepatnya berada di Desa Panca, Kecamatan Paguat, Kabupaten Boalemo yang juga berbatasan dengan Kabupaten Pohuwato.

Taman Laut Pulau Batila kaya akan berbagai jenis biota laut dan terumbu karang yang sangat indahm. Selain itu, dengan luas pulau yang tidak terlalu besar, Taman Laut Pulau Batila memiliki potensi wisata lain yang dapat kamu eksplor.

Misalnya, pantai dengan hamparan pasir putihnya bisa kamu nikmati dengan leluasa. Berjemur dan berenang di pantai merupakan pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini.

Aktivitas yang biasanya dilakukan disini adalah diving dan snorkeling. Menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota asli Pulau Bitila tentu akan jadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Bagi kamu yang hobi fotografi bawah laut, keindahan bawah laut Pulau Batila harus kamu abadikan. Sayangnya, kamu harus membawa semua perlengkapannya sendiri. Wisata taman laut ini belum menyediakan perlengkapan diving dan snorkeling yang bisa kamu sewa.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini, terlebih dahulu kamu harus menuju Pantai Botuhuwato untuk selanjutnya menyeberang dengan perahu nelayan ke Taman Laut Pulau Batila. Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, kamu bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan selama perjalanan menyeberang ke Pulau Batila ini.

Buat kamu yang berencana menginap, mengingat pulau ini tidak berpenghuni, maka kamu hanya bisa menemukan penginapan di pemukiman warga terdekat yang terletak di Desa Kramat. Untuk hotel terdekat hanya bisa kamu temukan di Daerah Pohuwato. Dengan harga 200 – 400 ribu rupiah per-malam, kamu sudah bisa mendapatkan kamar yang sangat nyaman.

Leave a Reply