Daftar Wisata, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo

Pulau Cinta di Boalemo Gorontalo

Pulau Cinta di Boalemo - Photo credit: nativeindonesia.com

6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo – Tilamuta adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Tilamuta memiliki 12 desa yang kaya akan potensi sumber daya pariwisata. Diantaranya, yang paling populer adalah Wisata Pulau Mohupomba dan Pulau Asiangi Boalemo.

Karena berada di dalam wilayah Kabupaten Boalemo yang juga memiliki banyak destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, sekitar daerah Tilamuta juga banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi.

Ada 6 kecamatan lain di wilayah Kabupaten Boalemo yang bisa menjadi pilihan city tour kamu yaitu Kecamatan Botumoito, Dulupi, Mananggu, Paguyaman, Paguyamanpantai, dan Wonosari.

Kabupaten tempat berasalnya Burung Maleo ini memiliki bentang alam berupa gunung, laut dan persawahan dengan komoditas utama berupa kelapa. Jadi, di wilayah kabupaten ini potensi wisata alamnya tidak akan jauh-jauh dari gunung dan laut.

Baca juga ya:

Nah, berikut ini adalah 6 tempat wisata di Tilamuta dan sekitar Kabupaten Boalemo yang harus kamu ketahui.

Pulau Idaman Boalemo

Pulau Idaman Boalemo

Pulau Idaman Boalemo – Photo credit @rauf official on Youtube

Pulau Idaman Boalemo yang sebelumnya bernama Pulau Mohupomba ini terletak di Desa Tenilo, Tilamuta, Boalemo. Jaraknya dari Ibukota Provinsi Gorontalo adalah 104 km atau sekitar 2,5 jam naik mobil.

Untuk menuju Pulau Mohupomba, kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Tilamuta naik perahu. Kamu bisa memilih naik speedboat atau ketinting, perahu tradisional milik warga lokal. Tergantung selera kamu. Kalau naik speedboat, waktu tempuhnya hanya 15 menit saja. Tapi, untuk kamu yang suka berlama-lama menikmati pemandangan alam dari perahu, ketinting bisa jadi pilihan.

Dalam perjalanan menyeberang menuju Pulau Idaman Boalemo ini, kamu tidak akan bosan. Karena pemandangan deretan pegunungan Boalemo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya akan menemani perjalananmu.

Di kawasan pulau ini, kamu bisa menikmati indahnya karang, jernihnya air laut yang membuatmu ingin menyelaminya, juga berbagai jenis biota laut. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis bintang laut dengan beragam warna di pantainya.

Uniknya, pulau berpasir ini hanya bisa kamu kunjungi sekitar jam 10 pagi sampai jam 3 sore waktu setempat. Karena di luar jam itu, pulau ini akan terendam oleh air laut. Jadi, pastikan kamu bisa sampai di pulau ini pada jam-jam itu ya!

Pulau Cinta Boalemo

Pulau Cinta di Boalemo Gorontalo

Pulau Cinta di Boalemo – Photo credit: nativeindonesia.com

Pulau Cinta merupakan destinasi wisata utama tidak hanya di Boalemo, tetapi sudah menjadi destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah Provinsi Gorontalo. Pulau yang berbentuk love dengan resort-resort yang mengelilinginya ini terletak di Desa Potoameme, Kecamatan Botumoito, Boalemo, Gorontalo.

Pulau yang juga dijuluki dengan Maldives Island-nya Indonesia ini dikelilingi hamparan pantai yang eksotis dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan membuat kamu bisa menikmati pemandangan langit malam bertaburkan bintang-bintang dan pilihan keindahan lain yang tak kalah paripurna yang bisa kamu eksplor sendiri.

Menikmati makan malam romantis di tepi pantai, menyelami keindahan bawah laut pantainya, dan menyusuri kesegaran alami hutannya, adalah beberapa aktivitas pilihan yang dapat kamu lakukan untuk menikmati keindahan alami Pulau Cinta Boalemo ini.

Pulau Cinta ini awalnya tak berpenghuni, namun karena menyadari potensi pariwisata yang luar biasa, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengembangkan pulau  ini menjadi objek wisata.

Dilengkapi dengan Eco Resort  yang terdiri atas 15 cottage terapung di atas laut yang masing-masingnya dihubungkan dengan jembatan kayu membentuk hati mengelilingi pulau cinta, membuat liburanmu akan sangat berkesan dan menyenangkan.

Apabila kamu berencana kemari, sebaiknya kamu pesan kamar terlebih dahulu. Agar kamu mendapatkan fasilitas penjemputan dari Boalemo ke lokasi Pulau Cinta. Untuk berlibur disini, kamu harus membayar sebanyak 3 sampai 5 juta rupiah perhari.

Harga itu sudah termasuk fasilitas kamar di cottage, makan 3 kali sehari, dan fasilitas transportasi dari Pelabuhan Tilamuta, Boalemo. Sudah tak sabar mau berlibur ke pulau ini? Segera booking paket wisatanya aja ya!

Taman Laut Pulau Batila

Pulau Batila di Boalemo

Pulau Batila – Photo credit: josuaoliver.blogspot.com

Pulau Batila merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di Teluk Tomini. Taman Laut Pulau Batila tepatnya berada di Desa Panca, Kecamatan Paguat, Kabupaten Boalemo yang juga berbatasan dengan Kabupaten Pohuwato.

Taman Laut Pulau Batila kaya akan berbagai jenis biota laut dan terumbu karang yang sangat indahm. Selain itu, dengan luas pulau yang tidak terlalu besar, Taman Laut Pulau Batila memiliki potensi wisata lain yang dapat kamu eksplor.

Misalnya, pantai dengan hamparan pasir putihnya bisa kamu nikmati dengan leluasa. Berjemur dan berenang di pantai merupakan pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini.

Aktivitas yang biasanya dilakukan disini adalah diving dan snorkeling. Menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota asli Pulau Bitila tentu akan jadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Bagi kamu yang hobi fotografi bawah laut, keindahan bawah laut Pulau Batila harus kamu abadikan. Sayangnya, kamu harus membawa semua perlengkapannya sendiri. Wisata taman laut ini belum menyediakan perlengkapan diving dan snorkeling yang bisa kamu sewa.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini, terlebih dahulu kamu harus menuju Pantai Botuhuwato untuk selanjutnya menyeberang dengan perahu nelayan ke Taman Laut Pulau Batila. Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, kamu bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan selama perjalanan menyeberang ke Pulau Batila ini.

Buat kamu yang berencana menginap, mengingat pulau ini tidak berpenghuni, maka kamu hanya bisa menemukan penginapan di pemukiman warga terdekat yang terletak di Desa Kramat. Untuk hotel terdekat hanya bisa kamu temukan di Daerah Pohuwato. Dengan harga 200 – 400 ribu rupiah per-malam, kamu sudah bisa mendapatkan kamar yang sangat nyaman.

Pantai Botuhuwato terletak di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu, Boalemo. Jaraknya dari Kota Gorontalo adalah 140 km dan bisa kamu tempuh dengan motor atau mobil yang akan memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Pulau Asiangi Boalemo

Pulau Asiangi Boalemo

Pulau Asiangi – Photo credit: wisato.id

Pulau Asiangi merupakan salah satu dari sekian banyak pulau tak berpenghuni di Kabupaten Boalemo. Pulau ini tercatat memiliki luas hingga 9 hektar. Dua pertiga dari luasnya itu merupakan pantai berpasir putih yang amat eksotis dan menawan. Sisa satu per tiganya merupakan daerah hutan bakau yang rimbun.

Daya tarik utama pulau ini adalah keberadaan surga bawah lautnya yang sangat indah. Terumbu karang dan berbagai ikan-ikan kecil berwarna-warni dengan air laut yang masih terjaga kejernihannya, membuat kamu tak ingin beranjak dari sini.

Kondisi laut yang masih bersih dimanfaatkan oleh warga lokal untuk membudidayakan ikan hias laut yang berwarna-warni. Cara terbaik untuk menikmati surga air ini memang tidak lain harus menyelam ke bawah. Hanya 3 – 4 meter dari bibir pantai, kamu sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan ikan-ikan yang hidup disela-selanya.

Sayangnya, apabila kamu hendak menyelami keindahan bawah laut Pulau Asiangi ini, kamu harus membawa perlengkapanmu sendiri. Sebab, karena merupakan pulau tak berpenghuni, maka kamu tidak akan bisa menemukan fasilitas apapun disana.

Pulau cantik dan menawan ini berada dalam wilayah Tilamuta, Boalemo. Apabila kamu menempuh perjalanan dari Kota Gorontalo, kamu harus melalui jarak sejauh 110 km atau kurang lebih 3 – 4 jam perjalan dengan kendaraan roda dua atau roda empat menuju Pelabuhan Tilamuta. Selanjutnya, seperti biasa dari pelabuhan ini kamu harus menyeberang dengan perahu-perahu kecil yang sudah tersedia disana.

Pantai Batu Buaya

Pantai Batu Buaya di Boalemo

Pantai Batu Buaya – Photo credit: wisato.id

Pantai Batu Buaya ini tergolong wisata yang masih baru di Boalemo. Sehingga, belum banyak wisatawan yang mengunjungi daerah pantai ini. Tapi, justru dengan begitu kamu bisa menikmati damainya suasana pantai dengan keelokan dermaganya ini.

Pantai Batu Buaya ini terletak di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu, Boalemo. Jaraknya dari pusat Kota Gorontalo adalah sejauh 134 km dan dapat kamu tempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Perjalanan kamu ke Pantai Batu Buaya ini akan memakan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan. Tetapi, itu bukan perjalan yang membosankan. Kamu juga tidak akan melalui jalan rusak yang menyebalkan. Akses ke pantai ini sudah dibangun dengan baik. Kamu akan melalui jalan aspal yang mulus dan lebar.

Beberapa km menjelang sampai lokasi pantai, kamu akan terperangah oleh keindahan pemandangan lautan Teluk Tomini di sebelah kirimu. Sesampainya di pantai Batu Buaya ini, kamu juga tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk sampai di garis pantainya. Hanya beberapa meter dari tempat parkir, kamu sudah bisa menyentuh segarnya air pantai.

Baca juga ya:

  • Kabupaten Maybrat memiliki destinasi wisata pilihan lho!
  • Sulawesi Tengan punya Taman Nasional yang lengkap banget!

Soal pesona pantainya tidak perlu kamu ragukan. Pasir putih, pepohonan rindang, dan air laut yang jernih akan sangat melenakanmu. Di pantai yang menghadap langsung ke Teluk Tomini ini, kamu bisa lebih puas menikmati luasnya pemandangan laut dari dermaganya yang tak kalah cantik.

Pengunjung biasa berfoto atau sekedar menikmati keindahan pemandangan laut yang paripurna sambil melamun di dermaga ini. Kalau belum cukup puas, kamu bisa meminta perahu-perahu yang tertambat di sekitar pantai untuk mengantarmu berkeliling. Soal harga, kamu bisa tawar-menawar langsung dengan pemiliknya.

Di sekitar pantai ini, warga lokal juga memberikan fasilitas makan minum yang ramah kantong. Atau barangkali tidak sesuai selera, kamu bisa membawa sendiri bekal dari rumah ya.

Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo di Boalemo

Air Terjun Ayuhulalo – Photo credit: jalanwisata.id

Selain pantai dan pulau-pulau yang keindahannya amat menakjubkan, Tilamuta, Kabupaten Boalemo juga menawarkan alternatif wisata alam lain yang tak kalah eksotis untuk kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Ayuhulalo.

Air Terjun yang terletak di Desa Ayuhulalo, Tilamuta, Boalemo ini memiliki pesona keindahan alam dan kesejukan air terjun yang akan membuat kamu pulih dari kelelahan.

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja, kamu sudah bisa menikmati kesegaran airnya.

Air Terjun Ayuhulalo ini terletak 109 km dari Kota Gorontalo. Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang ada di Gorontalo. Perjalanan menuju kemari memang sedikit memerlukan pengorbanan. Tapi, percayalah pengorbananmu akan terbayarkan setelah sampai di lokasi air terjun.

***

Nah, itulah tadi ke-6 tempat wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo dan sekitarnya yang wajib kamu datangi ketika berada di Boalemo, Gorontalo. Jangan lupa untuk tetap tidak membuang sampah sembarangan ketika kamu berwisata, agar kebersihan dan kelestariannya tetap terjaga.

 

 

 

 

 

Leave a Reply