Daftar Wisata, Alam, Bukit, Danau, Gunung

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat

danau framu, Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat

danau framu, Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat

Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat – Bagi seseorang yang senang travelling dan menjelajah dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia pasti sudah mengetahui di tanah Papua banyak tempat yang sangat menarik untuk di eksplorasi.

Salah satu tempat itu terletak di Kumurkek, Kabupaten Maybrat Papua Barat. Kabupaten Maybrat adalah pemekaran dari Kabupaten Sorong pada tahun 2009. Pusat pemerintahannya terletak di Kumurkek bagian dari Kecamatan Aifat. Kabupaten Maybrat sendiri memiliki semboyan MASEN (Mandiri, Aman, Sejahtera, dan Nyaman)

Di sekitar Kumurkek Kabupaten Maybrat banyak spot wisata menarik yang patut kalian kunjungi. Mulai dari area perbukitan sampai danau.

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat

1. Gunung Petik Bintang

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat 1

Gunung Petik Bintang Kabupaten Maybrat – Foto: gunung-petik-bintang.business.site

Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat yang pertaa adalah Gunung petik Bintang. Pembangunan ruas jalan Trans Papua Barat dibangun dengan menembus area pegunungan. Titik tertinggi dari ruas jalan ini terletak di kawasan Gunung Petik Bintang.

Area ini dinamakan Gunung Petik Bintang karena disini memiliki pemandangan indah di malam hari berupa bintang di langit yang terasa sangat dekat bagaikan dapat dipetik oleh kita.

Selain bintang, pemandangan sunset dan sunrise disini juga sangat indah. Ditemani hamparan awan yang membentang bagaikan negeri di atas awan. Dijamin kalian akan sangat kagum dengan keindahannya. Jangan lupa untuk mengabadikan foto disini karena banyak spot yang instagrammable. 

Kawasan Gunung Petik Bintang terbuka untuk umum 24 jam setiap harinya. Pastikan kalian membawa perlengkapan kemah dan konsumsi yang cukup bila ingin menginap di area ini. Pastikan juga jangan buang sampah sembarangan ya, mari kita semua jaga keindahan alam ini.

Rute menuju Gunung Petik Bintang dari Kumurkek memakan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit melewati jalur trans Papua Barat. Lokasi Gunung Petik Bintang berada di km 259.

2. Danau Ayamaru

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat 2

Danau Ayamaru Kabupaten Maybrat – Foto: Instagram @dedeyakin

Danau Ayamuru adalah Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat yang wajib kamu kunjungi selanjutnya. Di sekitar Kumurkek juga terdapat banyak spot wisata yang sangat menarik seperti danau cantik ini. Danau Ayamuru Terletak di lokasi yang belum banyak orang ketahui sehingga membuat danau ini sangat eksotis dan tidak begitu ramai.

Memiliki air yang jernih sampai kalian dapat melihat dasar danau dengan ikan-ikan yang ada di dalamnya. Danau Ayamuru memiliki luas sekitar 980 hektare dan danau ini merupakan peninggalan dari nenek moyang Suku Maybrat. Penduduk lokal mempercayai arwah nenek moyang menempati danau ini.

Danau ini memiliki kedalaman sekitar 6 meter jadi bagi kalian yang ingin berenang pastikan kalian sudah mahir ya. Bagi yang tidak ingin berenang kalian bisa menikmati dari pinggiran danau atau menyewa perahu yang disediakan oleh penduduk setempat dengan harga yang dapat dinegosiasikan langsung.

Untuk menuju lokasi ini dari Kota Kumurkek kalian dapat menempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit. Dari jalan utama kalian berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 15 menit untuk sampai ke danau.

3. Kolam (danau) Framu

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat 3

Danau Framu Kabupaten Maybrat – Foto: instagram @_febrian

Ibarat kakak-adik masih di dalam area Danau Ayamaru terdapat Danau Framu. Penduduk setempat biasa menyebut tempat ini sebagai Kolam Framu. Kalau kalian mau kesini jalurnya masih sama kok dengan danau Ayamaru.

Bedanya hanyalah Danau Framu terletak di pinggir Danau Ayamaru dan berukuran kecil seperti kolam. Danau Framu adalah bagian dari Danau Ayamaru. Disini terdapat jalur air yang menyambung dengan Danau Ayamaru di sebelahnya.

Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat ini memiliki Air yang berwarna kehijauan toska yang sangat indah. Air di danau ini sangat jernih sampai kalian dapat melihat isi di dalam danau seperti ikan-ikan yang hilir mudik sampai dasar danau.

Kalian bisa menikmati keindahan danau di tepian sambil mencelupkan kaki atau kalian bisa berenang. Bila kalian beruntung kalian dapat bertemu dengan penduduk lokal atau anak-anak setempat yang bermain di tempat ini. Dijamin bakal menambah keseruan yang ada.

4. Gua Alam di Mare

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat 4

Gua Alam Distrik Mare Kabupaten Maybrat – Foto: monitorpapua.com

Keindahan Papua juga menyimpan lokasi-lokasi eksotis lain. Salah satunya adalah gua alam di Mare Kabupaten Maybrat. Di distrik Mare masih banyak keindahan dan potensi wisata yang belum tersentuh.

Distrik Mare memiliki hutan, tanah berbukit, sungai, gua, juga flora dan fauna yang beragam. Distrik ini juga memiliki kekayaan bahan mineral yang berlimpah.

Bila kalian ingin menjelajahi gua disini sebaiknya kalian sudah memiliki pengalaman menjelajah alam liar karena distrik ini belum banyak tersentuh manusia walaupun menurut catatan sudah dijelajahi oleh wisatawan asing seperti dari Perancis dan Italia.

Untuk menuju Distrik Mare membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dari Kumurkek melalui jalur Trans Papua Barat (Sorong-Kambuaya-Manokwari).  Jangan lupa untuk lengkapi diri kamu dengan peralatan outdoor  yang memadai ya.

5. Kampung Ayata Distrik Aifat Timur Tengah

6 Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat 5

Rumah Pohon di Kampung Ayata Kabupaten Maybrat – Foto: Instagram @roy_enrique

Selain wisata alam kalian juga bisa menjelajahi perkampungan yang ada di sekitar Kumurkek. Salah satunya adalah di Kampung Ayata. Disini masyarakatnya terbuka dan terasa perpaduan peradaban antara tradisional dan modern. Disini sudah ada gereja dan sistem masyarakat formal tetapi kearifan lokal masih sangat kental disini.

Baca juga ya:

Bila kalian jeli kalian akan mendapati rumah-rumah pohon yang menjadi tempat tinggal sementara saat berkebun. Rumah pohon ini digunakan untuk menghindari hewan liar juga untuk berlindung dari udara yang dingin karena Kabupaten Maybrat berada di area pegunungan.

6. Danau Uter

Danau Uter, Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat

Danau Uter, Tempat Wisata di Kumurkek Kabupaten Maybrat – Foto: warungwisata.com

Karena Kabupaten Maybrat terdiri dari pegunungan dan lembah maka dengan alamiah akan terbentuk banyaknya danau. Salah satu yang sudah mulai dikenal banyak orang adalah Danau Uter. Danau ini terkenal dengan kealamiannya serta pemandangannya yang eksotis.

Untuk menuju kesini bila dari Kumurkek atau Sorong membutuhkan waktu 4-5 jam dikarenakan kontur jalan dan pegunungan yang mengharuskan kalian memutari area perbukitan menggunakan jalur Trans Papua Barat lalu ambil jalur ke Sengget. Tetapi bila kalian datang dari bandara yang baru dibangun yaitu Bandara Kambuaya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Danau ini masih belum banyak terjamah oleh manusia. Karena itu bila kalian kesini harus menjaga keasriannya ya. Disini juga ada papan yang bertuliskan “Danau Uter adalah milik kitorang bersama, mari kitorang mengelola dan menjaga dengan ramah lingkungan.” Jadi siapapun yang datang harus jaga bersama aset ini.

Air di danau ini bernuansa kebiruan dengan kejernihan yang luar biasa. Kalian bisa memandang ikan-ikan yang berenang di dalam danau. Ekosistem di danau ini juga masih sangat alami. Wilayah ini juga dikelilingi bukit-bukit kapur yang menjadi kontur khas wilayah Maybrat.

Demikian pembahasan 6 titik yang dapat kalian coba kunjungi di sekitar Kumurkek Ibukota Kabupaten Marbyat. Masih sangat banyak potensi wisata disini yang belum banyak terjamah oleh manusia dan masyarakat umum.

Tetapi dengan pesatnya pembangunan dan telah hadirnya Bandara Kambuaya dengan rute Manokwari-Kambuaya yang menjadi salah satu pintu masuk ke Kabupaten Marbyat, maka pembangunan di wilayah ini niscaya akan sangat baik.

Leave a Reply