Alam, City Tour, Daftar Wisata, Gunung, Pantai

6 Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura

danau sentani, Tempat Wisata di Sentani

danau sentani, Tempat Wisata di Sentani

Tempat Wisata di Sentani – Tidak akan pernah habis untuk diperbincangkan jika mendengar indahnya Pulau Papua. Provinsi yang terletak di ujung paling timur dari Indonesia ini memiliki nilai eksotisitasnya tersendiri tidak terkecuali Sentani, Kabupaten Jayapura yang juga merupakan ibu kota Papua. “Di sini kami tinggal dengan damai” adalah makna dari kota Sentani.

Terletak sekitar 36 Km ke arah barat dari Kabupaten Jayapura, suasana kota Sentani jauh dari hingar bingar suara kendaraan bermotor maupun keramaian. Memiliki danau yang diberi nama Danau Sentani (terdapat 21 pulau kecil di antaranya), menjadikan daerah ini sebagai tempat wisata alam yang sangat memesona.

Berikut akan kami berikan rekomendasi 6 tempat wisata di Sentani Kabupaten Jayapura yang wajib kalian kunjungi.

1. Danau Sentani

danau sentani, Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura

Danau Sentani – Tempat Wisata di Sentani Foto: instagram.com/haditpurwanto/

Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura yang pertama tentunya Danau Sentani. Danau Sentai adalah icon atau landmark kota Sentani yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah apalagi pada saat matahari terbit dan terbenam.

Danau ini terletak di bawah lereng pegunungan Cyclops yang mempunyai luas sekitar 245.000 hektar. Terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, menjadikan Danau Sentani sebagai destinasi utama jika berkunjung ke Jayapura.

Danau Sentani sendiri memeliki luas sekitar 9.360 hektar dan terletak pada ketinggian sekitar 75 mdpl. Danau Sentani juga merupakan danau terluas yang ada di Papua.

Padang sabana hijau yang berada di sekeliling danau juga menjadi salah satu panorama yang menjadikan mata dan pikiran kembali segar serta dapat mengilangkan beban hidup sejenak.

Baca juga ya :

2. Puncak Ifar

puncak ifar, Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura

Puncak Ifar – tempat Wisata di Sentani Foto: instagram.com/aureliaaurita_29/

Puncak Ifar menjadi salah satu Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura yang sayang jika tidak kalian kunjungi. Agar bisa menikmati keindahan pemandangan Danau Sentani kalian bisa berjalan ke puncak Gunung Ifar.

Gunur Ifar dapat diakses dengan perjalanan sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Sentani. Gunung ini terletak pada ketinggian sekitar 325 meter di atas permukaan laut yang merupakan juga dari pegunungan cagar alam Cycloop.

Puncak gunung Ifar juga merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah. Dahulu, pasukan sekutu Amerika di bawah komando Jenderal Mc. Arthur pernah mendirikan markas di puncak gunung Ifar untuk menyerbu markas tentara Jepang di Filipina.

Menikmati panorama Danau Sentani dari ketinggian merupakan hal yang dapat dinikmati di Puncak Ifar. Dan hal yang paling istimewa adalah kalian bisa melihat Danau dan Bandara Sentani seutuhnya dari ketinggian.

3. Pantai Harlem

Pantai harlem,Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura

Pantai Harlem, Tempat Wisata di Sentani – Foto: instagram.com/almis.daud/

Pantai sebagai destinasi wisata eksotis lainnya tersedia pula di daerah Jayapura. Berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Sentani, Pantai Harlem memiliki keindahan yang sangat menawan sehingga dijuluki juga sebagai “Surga Kecil di Jayapura“.

Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura ini memiliki air yang sangat jernih sehingga kalian bisa melihat terumbu karang yang berwarna-warni dari permukaan airnya. Terumbu karang yang masih terawat, ikan, dan biota laut lainnya dapat ditemui dengan mudah ketika kalian menyelam.

Selain memiliki air yang bersih dan suasana yang tenang , hal yang unik adalah pantai ini juga memiliki  kolam air tawar yang terletak di tujuh meter dari bibir pantai.

Baca juga ini ya :

4. Pantai Pasir Enam

Pantai Pasir Enam, Tempat Wisata di Sentani

Pantai Pasir Enam, Tempat Wisata di Sentani – Foto: instagram.com/calvinstaylord/

Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura selanjutnya adalah Pantai Pasir Enam. Memang Penamaan yang cukup unik, pantai pasir enam adalah jenis pantai dengan pasir putih yang memiliki pemandangan alam yang cantik.

Berjalan santai di tepi pantai sambil mendengarkan suara ombak dapat menjadi relaksasi alami. Kalian bisa berjemur atau bahkan menyelam di pantai ini. Pantai Pasir enam ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi setelah danau sentani.

5. Pantai Base-G, Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura

Pantai Base G, Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura

Pantai Base G, Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura – Foto: instagram.com/hantsutomo/

Pantai Base G juga masuk kedalam 6 Tempat Wisata di Sentani Kabupaten Jayapura yang wajib kalian kunjungi. Berjarak sekitar 10 km atau sekitar 15 menit perjalanan dari pusat Kota Sentani, pantai Base-G ini menawarkan keindahan panorama indah.

Dibandingkan dengan pantai lainnya di sekitar Kota Jayapura, pantai ini memiliki ombak yang lebih besar dikarenan letak geografisnya yang langsung berhadapan dengan samudera Pasifik sehingga wisatawan diwajibkan berhati-hati jika ingin merselancar atau menyelam.

6. Teluk Youtefa

Teluk Youtefa, Tempat Wisata di Sentani

Teluk Youtefa, Tempat Wisata di Sentani – Foto: instagram.com/ipoet_aja_/

Tempat Wisata di Sentani kabupaten Jayapura Papua yang terakhir adalah Teluk Youtefa adalah situs alami hasil simbiosis ribuan tahun antara laut dan daratan. Tanjung, teluk, hutan dataran rendah, kawasan tanaman mangrove,  dan pantai terletak di kawasan ini.

Berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari pusat Kota Sentani Jayapura, teluk Youtefa ini merupakan teluk yang terkecil di sepanjang garis pantai kota Jayapura. Pemandangan alam dan juga keramahan warga sekitarnya menjadikan pantai Youtefa ini sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi.

Leave a Reply