Alam, Daftar Wisata, Pulau

6 Tempat Wisata di Polewali Mandar

Pantai GondaTempat Wisata di Polewali Mandar

Pantai Gonda. Tempat Wisata di Polewali Mandar - Sumber: jalanwisata.id

Tempat Wisata di Polewali Mandar – Polewali Mandar adalah kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Dari Kota Makassar, jaraknya kurang lebih 246 kilometer. Polewali Mandar menyimpan keindahan alam yang begitu mempesona. Mulai dari pantai, air terjun, dan wisata alam lainnya.

Melalui pariwisatanya, Polewali Mandar mulai dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan dari Sulawesi saja, tapi juga luar Sulawesi.

Dan inilah 6 tempat wisata yang ada di Polewali Mandar.

1. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja. Tempat Wisata di Polewali Mandar – Sumber: kompadansamandar.or.id

Tempat Wisata di Polewali Mandar yang pertama adalah sebuah pulau cantik dan indah bernama Pulau Gusung Toraja. Pulau cantik ini  berlokasi di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Pulau yang memiliki keindahan pemandangan memukau ini wajib kalian kunjungi saat kalian datang ke Polewali.

Pulau ini memiliki pasir putih yang begitu lembut. Hampir di seluruh area pulau ditanami oleh pepohonan hijau, sehingga tampak asri dan sejuk. Pemerintah juga telah membangun gazebo di area pulau untuk bersantai. Meskipun indah, untuk bisa menikmati pulau ini pengunjung harus mempersiapkan perbekalan yang matang.

Karena di sini tidak dijumpai warung atau tempat persewaan snorkeling. Oleh karena itu, jika ingin berenang, snorkeling, atau menikmati kuliner yang lezat, hendaknya membawa perbekalan tersendiri.

Baca Juga ya :

2. Air Terjun Limbong Kamandang

Air Terjun Limbong Kamandang

Air Terjun Limbong Kamandang. Sumber: satulensa.com

Tempat Wisata di Polewali Mandar selanjutnya adalah Air Terjun Limbong Kamandang. Air terjun indah ini berlokasi di Desa Kurra, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar. Air terjun ini begitu tinggi, dengan batuan berundak – undak. Airnya sangat jernih dan mengalir dengan deras. Area sekitar begitu asri, begitu juga dengan dinding air terjun yang banyak ditumbuhi semak dan lumut.

Di sini, pengunjung dapat bermain di air terjun, berfoto di sekitar batuan, serta berenang di kolam yang ada di bawah air terjun. Airnya begitu segar dan sangat jernih, sehingga asyik untuk berenang.

3. Pantai Gonda, Tempat Wisata di Polewali Mandar yang menggoda

Pantai Gonda Tempat Wisata di Polewali Mandar

Pantai Gonda. Tempat Wisata di Polewali Mandar – Sumber: jalanwisata.id

Jika ingin bermain di pantai sambil snorkeling, datanglah ke Pantai Gonda. Lokasinya berada di Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Di sini, aktivitas yang menjadi daya tarik adalah snorkeling. Karena terumbu karang di sini begitu indah, selain itu ada juga ikan – ikan kecil lucu serta ubur – ubur yang kerap berseliweran di perairannya.

Selain itu, kamu juga dapat menyusuri hutan bakau dengan perahu atau berjalan di jembatan kayunya. Pantai ini pun memiliki pasir yang lembut, meski berwarna hitam. Namun justru, kesan eksotis akan tampak di objek wisata ini. Pesona Pantai Gonda membuatnya menjadi salah satu Tempat Wisata di Polewali Mandar yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

4.Pantai Palippis

Pantai Palippis Tempat Wisata di Polewali Mandar

Pantai Palippis. Sumber: rupasulbar.blogspot.com

Berlokasi di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Polewali Mandar, terdapat sebuah pantai nan asri bernama Pantai Palippis. Di tempat Wisata di Polewali Mandar ini, kamu akan mendapatkan gambaran indah pantai. Dengan pasir putih, air laut yang biru jernih, serta banyaknya pohon kelapa di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau dengan batu karang yang tingginya mencapai 30 – 80 meter. Menambah keindahan pemandangan di pantai ini. Pantai ini masih tergolong sepi, kamu bisa puas bermain di sini tanpa gangguan. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang datang untuk berolahraga, seperti jogging, atau bersepeda di tepian pantai.

5. Air Terjun Indo Rannuang

Air Terjun Indo Rannuang Tempat Wisata di Polewali Mandar

Air Terjun Indo Rannuang. Tempat Wisata di Polewali Mandar – Sumber: ksmtour.com

Beralih ke Desa Kunyi, Kecamatan Areapi, Polewali Mandar, terdapat air terjun yang begitu indah dan asri. Inilah Air Terjun Indo Rannuang, yang jaraknya hanya 8 kilometer dari Kota Polewali Mandar. Di sini, kamu akan mendapatkan kesejukan karena area sekitar ditumbuhi dengan pepohonan yang cukup rimbun.

Air terjunnya pun begitu jernih. Batuannya tidak terlalu tinggi, cukup landai namun lebar. Kolam di bawah air terjun seringkali digunakan oleh pengunjung untuk berenang. Meskipun tidak terlalu tinggi, aliran airnya sangat deras. Air terjun Indo Rannung ini juga masuk kedalam daftar Tempat Wisata di Polewali Mandar yang biasa dikunjungi wisatawan bila akhir pekan.

Baca Juga ya :

6. Rawa Bangun

Rawa Bangun, Tempat Wisata di Polewali Manda

Rawa Bangun. Tempat Wisata di Polewali Mandar – Sumber: twitter.com

Tempat Wisata di Polewali Mandar yang terakhir adalah Rawa Bangun. Rawa Bangun sendiri adalah objek wisata yang berada di Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar. Objek wisata ini menyediakan kolam renang dengan konsep asri. Di sekitarnya, ditumbuhi pepohonan hijau dan berbagai jenis tanaman.

Yang membuat kolam renang di Rawa Bangun unik adalah, air kolamnya berasal dari aliran sungai, yaitu Sungai Biru. Airnya masuk melalui dua pancuran yang langsung menuju kolam. Sehingga, air di sini begitu segar dan jernih.

 

Polewali Mandar kaya akan objek wisata alam yang begitu mempesona. Alamnya pun masih sangat asri. Tak heran, kini kabupaten yang ada di Sulawesi Barat itu dilirik oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Leave a Reply