Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan

  • Dsc01310
  • unnamed
  • Tempat Wisata di Kuala Pembuang

    Tempat Wisata di Kuala Pembuang

  • 1496489985-20170603-164811-001-resized
  • download (1)
  • fisheye
  • download

Tempat Wisata di Kuala Pambuang – Kuala pambuang merupakan ibukota terletak di kabupaten seruyan, kalimantan tengah. Sejarah nama pembuang dari pangeran dipati anta-kasuma, beliau merupakan putera sultan banjar IV mustainbillah, pada saat itu semua tempat akan dijadikan ibukota kerajaan olehnya akan tetapi dibatalkan.

Pembuang merupakan permukiman tertua di Kabupaten Seruyan. Selain bersejarah ternyata di tempat ini anda bisa melihat berbagai wisata alam yang disugukan memanjakan mata anda, simak berikut ini:

1. Pantai Sungai Bakau

Tempat Wisata di Kuala Pembuang

Pantai Sungai Bakau, Tempat Wisata di Kuala Pembuang – Foto: rpkp.org

Pantai Sungai Bakau adalah salah satu Tempat Wisata di Kuala Pembuang  yang harus kalian kunjungi. Objek wisata terletak 11 km dari kota kuala pembuang ke arah timur. Tempat dengan hamparan pantai dilengkapi seribu cemara yang dikelilingi hamparan pasir putih luas membuat anda ingin berlama-lama disini menikmati keindahan pantai dengan seribu cemara.

Akses menuju objek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau mobil sekitar 20 menit dari kota kuala pembuang. Puncak wisatawan berkunjung pada hari libur seperti liburan hari raya idul fitri dan tahun baru yaitu jumlah mencapai 10.000 orang. Untuk biaya masuk objek wisata tidak terlalu mahal tergantung kondisi.

Baca Juga ya : 5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat Wisata di Kuala Pembuang

Taman Nasional Tanjung Puting, Foto: tntanjungputing.org

Tempat Wisata di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan yang paling populer adalah tentunya Taman Nasional Tanjung Puting. Sejarah awalnya taman nasional tanjung puting merupakan kawasan perlindungan flora dan fauna. Taman nasional tanjung puting memberikan sensasi berbeda dengan lain.

Untuk melihat berbagai satwa dan flora dapat menggunakan dua cara yang seru dan unik yaitu dengan susur sungai dan jalur tracking. Untuk susur sungai dilakukan di Sungai sekonyer terletak di Seksi pengelolaan taman nasional wilayah III tanjung harapan.

Dengan menggunakan klotok atau perahu untuk mengelilingi muara hingga ke hulu dan dimanjakan oleh berbagai satwa diatas, kiri-kanan anda yang dapat ditemukan diantara rimbun semak dan pepohonan.

Untuk jalur tracking terletak di Seksi pengelolaan taman nasional wilayah I resort pondok ambung, seksi pengelolaan taman nasional wilayah III resort pesalat dan resort camp leakey. Jalur tracking dapat dilakukan dengan dua cara yaitu jalur pendek dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan berjalan kaki, untuk jalur panjang dengan sampan jarak tempuhnya sekitar 3 – 5 jam perjalanan. Selama anda melakukan jalur tracking dapat melihat berbagai flora dan fauna yang ada di taman nasional ini.

Baca Juga yaInilah 5 Kuliner Khas Kalimantan Tengah

3. Taman Kota Sampit

Tempat Wisata di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan

Taman Kota Sampit, Foto: borneonews.co.id

Taman kota sampit merupakan bekas lapangan bola dulunya, kemudian diperbaiki, dipercantik menjadi taman. Salah satu tempat favorit warga sekitar untuk bersantai, berolahraga, disekeliling tersedia jenis kuliner.

Bukan sekedar untuk bersantai, taman kota ini sering digunakan sebagai tempat event – event tertentu. Bagian jalan luar taman kota sampit cukup luas, sehingga kerap dijadikan sebagai tempat penyelenggaran event disini. Lokasi di Kabupaten kotawaringin, kalimantan tengah.

4. Dermaga Kereng Bangkirai

Tempat Wisata di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan

Dermaga Kereng Bangkirai, Foto: rri.co.id

Dermaga kereng bangkirai merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan taman nasional sebangau, disini menawarkan beragam spot-spot unik. Terdapat tribun dan pondokan kecil disekitar pinggiran sungai sebangau.

Lokasi di Kota palangka raya, kalimantan tengah. Akses mudah, jam operasional dari pukul 08.00 – 18.00 sore. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Dermaga kereng bangkirai yaitu susur sungai, spot- spot unik foto, gerbang taman nasional sebangau.

5. Wisata Ikon Jelawat

fisheye

Wisata Ikon Jelawat, Foto: Matakota.id

Berlokasi sebelahan dengan pelabuhan kapal angkutan penumpang di Sampit. Salah satu tempat wisata terpopuler, terbukti setiap hari khususnya waktu sore hari selalu ramai dikunjungi wisatawan daerah maupun luar daerah.

Daya tarik wisata disini terdapat pada kotim patung jelawat yang terkenal sejak dulu. Karena di Sungai mentaya merupakan tempat terbanyak populasi ikan jelawat, bahkan banyak petani ikan keramba yang mencoba membudidayakan ikan ini.

Lokasinya di Mentawa baru hulu mentawa baru ketapang kabupaten kotawaringin timur, kalimantan tengah. Jam operasional buka setiap hari.

6. Pantai Tanjung Siamuk

Tempat Wisata di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan

Pantai Tanjung Siamuk, Foto: bisniswisata.co.id

Pantai tanjung siamuk merupakan sebuah tempat wisata baru di Desa sunga undang kecamatan seruyan hilir. Pengembangan objek wisata ini terus dilakukan mulai dari pra-saran yang disediakan dan hal lainnya mendukung sebelum resmi ditetapkan sebagai objek wisata.

Pemandangan pasir putih luas, matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) dalam satu tempat. Yang digunakan untuk memanjakan mata para pengujung serta fasilitas lainnya. Potensi alam yang bergitu indah, sehingga tempat wisata ini layak dikunjungi.

Leave a Reply