Cafe, Daftar Wisata, Harga Tiket, Pantai

6 Tempat Wisata di Kota Bontang Kalimantan Timur

Tempat Wisata di Kota Bontang

Tempat wisata di Bontang. Foto by pikniktoday.com

Tempat Wisata di Kota Bontang – Bontang merupakan sebuah kabupaten di Kalimantan Timur. Bontang terkenal sebagai kota industri yang dilengkapi dengan banyak fasilitas yang dibutuhkan warganya seperti bandara, hotel berbintang, dan lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, Bontang juga mengembangkan banyak tempat wisatanya sehingga menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi masyarakat Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Daftar tempat wisata di Kota Bontang

Terletak ratusan kilometer dari kota Samarinda, Bontang mencakup banyak hutan dan pantai. Hal ini membuat Bontang memiliki tempat wisata alam yang keren. Jika kamu sedang berkunjung ke Bontang, maka 6 tempat wisata di kota Bontang ini tidak boleh kamu lewatkan.

1. Bontang Mangrove Park

bontang mangrove park, Tempat Wisata di Kota Bontang

Bontang Mangrove Park, Tempat Wisata di Kota Bontang – Foto by pikniktoday.com

Buat kamu yang ingin mencari ketenangan, Bontang Mangrove Park (BMP) adalah Tempat Wisata di Kota Bontang yang sangat cocok. BMP merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai.

Disini terdapat jalan setapak sepanjang 1,3 kilometer yang diujungnya terdapat menara pandang dengan tinggi 20 meter. Kamu dapat melihat pemandangan Selat Makassar jika kamu menaikinya.

Selain menjadi objek wisata, BMP juga menjadi tujuan para pelajar untuk dapat mempelajari tentang keanekaragaman hayati yang ada di Kalimantan Timur. Meskipun kamu datang kesini saat siang hari, kamu tidak perlu khawatir kepanasan.

Hal ini dikarenakan Hutan BMP memiliki pepohonan yang cukup rindang terutama pohon bakau membuatnya juga menjadi lebih sejuk. Untuk dapat menikmati keindahan BMP, kamu hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang.

2. Café Singapore Kota Bontang

Cafe Singapore,Tempat Wisata di Kota Bontang

Cafe Singapore,Tempat Wisata di Kota Bontang – Foto by tripzila.id

Belum kesampaian untuk melihat langsung patung Merlion yang ikonik di Singapura? Kamu sekarang bisa loh melihat kloningan patung tersebut di Bontang. Café Singapore merupakan restoran yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Bontang karena adanya patung ini.

Selain itu, tempatnya yang luas dan pemandangan yang bagus juga menjadi pilihan yang tepat saat ingin makan malam bersama keluarga atau teman-teman. Tempat Wisata di Kota Bontang ini kini semakin ngehits dan menjadi kawasan wisata baru buatan yang terus mendatangkan wisatawan.

Kamu dapat berkunjung kesini pada sore hari jika ingin melihat matahari terbenam di balik pantai. Harga makanan yang disediakan disini cukup murah kok, yaitu mulai dari Rp. 30.000. Café Singapore buka mulai pukul 4 dini hari dan tutup pada pukul 10 malam.

Baca juga ya :

3. Taman Nasional Kutai Bontang

Taman Nasional Kutai, Tempat Wisata di Kota Bontang

Taman Nasional Kutai, Tempat Wisata di Kota Bontang- Foto by tripadvisor.co.id

Tempat Wisata di Kota Bontang yang satu ini terbilang sudah cukup populer baik di kalangan wisatawan lokal ataupun mancanegara. Terletak di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Taman Nasional Kutai Bontang memiliki luas 198.629 hektar yang terbentang dari Kota Bontang hingga Kabupaten Kutai Timur.

Selain menjadi tempat wisata, Taman Nasional Kutai Bontang ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian, perkemahan serta menjadi tempat perlindungan bagi flora dan fauna langka.

Apabila wisatawan berkunjung kesini pada hari biasa, maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 200.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur, maka biaya masuknya sebesar Rp. 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 300.000 untuk wisatawan mancanegara.

4. Pulau Segajah Bontang

Pulau Segajah Bontang

Pulau Segajah Bontang – foto viva.co.id

Jika berkunjung  ke Tempat Wisata di Kota Bontang, kamu wajib mengunjuni pulau yang satu ini. Pulau Segajah Bontang memiliki keindahan bawah laut yang sangat kaya. Rugi rasanya jika kamu tidak melakukan kegiatan snorkeling atau diving disini.

Kamu dapat melihat macam-macam terumbu karang beserta ikan-ikan dan bintang laut yang masih sangat terjaga. Uniknya lagi, Pulau Segajah ini hanya muncul di siang hari dan menghilang di malam hari.

Mulai penasaran kan? Jika kamu berkunjung kesini, pastikan kamu menggunakan pelindung kaki ya sebab disini banyak terdapat terumbu karang, bulu babi, dan lainnya yang mungkin bisa melukai kakimu.

Baca Juga ya :

5. Pulau Beras Basah, Tempat Wisata di Kota Bontang

Pulau Beras Basah, Tempat Wisata di Kota Bontang

Pulau Beras Basah, Tempat Wisata di Kota Bontang – Foto by travellink-indonesia.com

Ingin menghilangkan penat karena aktivitas sehari-hari? kamu dapat mengunjungi Pulau Beras Basah. Tempat Wisata di Kota Bontang ini berjarak sekitar 45 menit dari Tanjung Laut atau Bontang Kuala, kamu dapat berenang, snorkeling, atau menaiki banana boat yang tersedia di pulau ini.

Di salah satu sisi pulau ini, terdapat tumpukan batu beton lonjong yang berguna sebagai pemecah ombak dan digunakan juga untuk menambat perahu oleh para nelayan. Banyak pengunjung menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk berfoto.

Selain hamparan pantai pasir putih dan tumpukan batu beton, di beberapa titik di sekitaran pantai kamu dapat melihat gelembung-gelembung yang berasal dari dasar laut. Hal ini menandakan adanya sumber gas alam yang dapat dieksplorasi. Untuk sampai ke pulau ini, kamu harus menaiki speed boat ya dari pelabuhan Tanjung Laut.

6. Lembah Permai Adventure Park

Lembah Permai Adventure Park

Lembah Permai Adventure Park – foto jalanwisata.id

Tempat Wisata di Kota Bontang yang dibuka pada tahun 2018 ini sering dijadikan tempat gathering oleh berbagai komunitas lokal disini. Lembah Permai Adventure Park memiliki beragam area wisata seperti kolam renang, wahana outbound, bermain kayak, kolam ikan koi dan lain-lain.

Pada akhir pekan, tempat wisata ini akan ramai oleh muda-mudi yang ingin memadu kasih dan keluarga yang ingin berlibur. Kamu hanya perlu membayar Rp. 50.000 untuk masuk dan bersantai di Lembah Permai Adventure Park. Psstt.. harga tersebut sudah termasuk voucher makanan loh.

Leave a Reply