Daftar Wisata, Pantai

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 1

instagram/tanahkei

Mengeksplorasi keindahan alam Indonesia Timur merupakan keinginan bagi siapapun yang gemar traveling. Mengunjungi berbagai tempat wisata bahari yang tersebar di kepulauannya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk mengenal nusantara lebih dalam.

Mungkin dalam beberapa tahun terakhir, daya tarik wisatawan tentang Indonesia Timur tertuju pada Papua. Namun sebenarnya, Maluku sebagai sebuah provinsi serta pulau di Indonesia juga menawarkan keindahan alam yang tiada dua. Bagi Anda pecinta wisata alam bahari, seperti pantai atau aktivitas seperti diving dan snorkeling, tempat wisata di Maluku bisa masuk sebagai daftar surga dunia.

Jika Anda main-main ke Maluku, untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, ada baiknya untuk mengunjungi kota Tual. Menurut cerita dari para traveler yang sudah berkunjung, Tual merupakan destinasi wisata di Indonesia yang banyak menyimpan keindahan pesona bahari.

Namun sayang hingga saat ini masih belum tenar di mata masyarakat umum. Lokasi kota ini berada di pulau Kei Kecil yang berjajar dengan pulai Kei Besar dan termasuk ke dalam zona Kepulauan Kei di Maluku bagian Tenggara. Pesona alam di sini juga dapat hadir indah berkat letaknya yang diapit oleh laut Banda dan Arafura.

Daftar wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei

Meskpun berada di daerah kepulauan, kota Tual ternyata memiliki beragam tempat wisata sebagai alternatif bagi Anda yang ingin berlibur di sini. Berikut ada enam tempat wisata yang masuk ke dalam daftar rekomendasi Sering Jalan.

1. Gua Hawang

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 2

instagram.com/hanatsabitah

Jika di benak Anda saat berkunjung ke kota Tual di Kepulauan Kei hanya akan menemukan tempat wisata seperti pantai atau titik penyelaman, Anda akan terkejut dengan yang tempat wisata yang satu ini. Tempat ini bernama Gua Hawang. Berada di Desa Letvuan, saat memasuki gua ini, Anda bisa sekaligus untuk berenang di air tawarnya yang jernih. Kolam air tawar alami ini merupakan bagian dari mata air Evu.

2. Pasir Timbul Ngurtavur

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 3

azoyazzah.wordpress.com

Aktivitas wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di kota Tual adalah mengunjungi habitat burung Pelikan dan mengamatinya dari jarak dekat. Pantai Ngurtavur atau yang lebih dikenal dengan nama Pasir Timbul Ngurvatur merupakan tempat habitat dari burung Pelikan asal Australia yang sedang migrasi dari Maluku menuju Australia dan Papua Nugini.

Pantai ini memiliki pasir yang menjorok hingga ke lautan luas sepanjang 2 kilometer. Di saat sedang surut, seakan-akan pasir tersebut timbul ke permukaan untuk bisa digunakan sebagai jalan setapak menuju tengah lautan.

3. Kampung Merah Putih

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 4

tualkota.go.id

Kembali ke tengah kota, Tual juga memiliki destinasi wisata yang cukup menarik dan unik. Tempat wisata ini diberi nama Kampung Merah Putih. Berada di desa Kiom, kampung yang menjadi pintu masuk menuju Tual ini dulunya merupakan permukiman kumuh.

Agar memperbaiki citra kota, akhirnya pada tahun 2017 kampung ini direnovasi dan disematkan elemen-elemen keindahan yang dilengkapi dengan mural serta hiasan bertemakan persatuan Indonesia. Oleh karena itu nama kampung ini disebut dengan Kampung Merah Putih.

4. Pantai Ngurbloat

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 5

twitter.com/journesia

Kembali ke pantai, Tual ternyata memiliki pantai dengan pasir terhalus ke-2 di dunia, penasaran? Pantai ini terletak di sebelah utara Pulau Kei Kecil dan berjarak sejauh 16 kilometer dari kota Tual. Menurut para wisatawan yang menginjakkan kakinya di pantai ini, pasir yang membentang sepanjang tiga kilometer dari garis pantai ini memiliki tekstur yang lembut. Bahkan selembut tepung. Pemandangan laut pun tidak kalah menariknya, pantai ini memiliki air yang sangat jernih.

5. Pulau Bair

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 6

instagram.com/ilhamarch

Bagi Anda sang pecinta aktivitas snorkeling, Anda tida salah untuk mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Kei yang satu ini. Bernama Pulau Bair, pulau yang jaraknya berdekatan dengan kota Tual ini memiliki sebuah laguna besar dengan air yang sangat jernih. Jika Anda menyusuri laguna ini menggunakan kapal kecil, Anda akan dapat melihat kumpulan pasir yang bersih serta kehadiran ikan dan terumbu karang yang penuh warna. Orang-orang diperbolehkan untuk melakukan snorkeling untuk melihat lebih jelas mengenai biota indah yang tersimpan di laguna ini.

6. Pantai Ohoidertawun

6 Tempat Wisata di Kota Tual, Kepulauan Kei 7

instagram.com/amandapurba

Bagi Anda yang ingin berencana untuk melakukan bulan madu di waktu dekat, mungkin Pantai Ohoidertawun bisa jadi alternatif destinasi yang baik untuk Anda dan orang tercinta. Di pantai ini, terdapat sebuah homestay eksklusif yang berada di tepi pantai. Tentu denagn dapat menikmati waktu bersama dengan latar yang eksotis dan romantis merupakan impian bagi siapapun yang sedang merayakan kasih sayangnya.

Leave a Reply