Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Bontang yang Menggugah Selera

Sambal Gammi Bawis, Makanan Khas Kota Bontang

Sambal Gammi Bawis, Makanan Khas Kota Bontang - sumber: Akurasi.id

Makanan Khas Kota Bontang – Kota Bontang adalah kota pesisir yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Selain tempat wisatanya yang menarik, wisata kulinernya pun juga tidak kalah enak untuk dicicipi.

Letaknya yang berada di kawasan tepian laut, maka kita akan banyak menjumpai wisata kuliner olahan hasil laut.

Apalagi hasil tangkapan lautnya masih segar dan bisa dibeli di sekitar pelabuhan. Oleh karena itu apabila kalian jalan-jalan ke Kota Bontang, jangan lupa untuk mencicipi aneka kulinernya yang dijamin lezat dan bikin ketagihan.

Daftar Wisata Kuliner di Kota Bontang Kalimantan Timur

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan dan hal apa saja di wisata kuliner yang ada di Kota Bontang Kalimantan Timur yang wajib kalian cicipi.

1. Gammi Bawis Cumi dari Kota Bontang

Gammi bawis Cumi, Makanan Khas Kota Bontang

Gammi bawis Cumi, Makanan Khas Kota Bontang – sumber: Pinterest.com

Gami merupakan kuliner khas kota Bontang atau Makanan Khas Kota Bontang yang wajib kalain coba. Makanan ini bahan utamanya dari bawis (sejenis ikan yang hidup di daerah ini). Kemudian ada lagi hewan laut lainnya seperti kerang, udang dan cumi.

Proses pembuatan Gami cukup mudah. Semua bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, tomat ditumis dan diletakan di atas cobek. Gammi Bawis Cumi ini paling enak dinikmati dengan kerupuk dan nasi hangat. Untuk rasa sudah pasti terbayang kelezatannya.

2. Baronang Bakar dari Kota Bontang

Baronang Bakar, Makanan Khas Kota Bontang

Baronang Bakar, Makanan Khas Kota Bontang – sumber: Kaskus.co.id

Makanan Khas Kota Bontang selanjutnya adalah Baronang Bakar. Baronang merupakan jenis ikan yang berasal dari kota Bontang. Ikan ini bisa jadi kuliner yang lezat dengan cara dibakar hingga berwarna kecokelatan. Lalu jangan lupa saat dibakar, diolesi minyak khas dan juga bumbu lainnya.

Ketika disantap, kuliner Baronang bakar terasa nikmat dan gurih di gigitan pertama. Untuk satu porsi Baronang bakar ini dibanderol harga 65.000-90.000 rupiah. Pokoknya kalian bisa ketagihan deh mencicipi makanan kuliner khas Bontang ini.

3. Cumi dan Udang Bakar Khas Kota Bontang

Cumi Bakar, Makanan Khas Kota Bontang

Cumi Bakar, Makanan Khas Kota Bontang -sumber: pangkyaditya.blogspot.com

Selain ikan, kalian juga bisa menyantap wisata kuliner lain yaitu cumi dan udang segar. Cumi dan udang tersebut, dibakar dengan bumbu khas Bontang. Kelezatan seafooddenga olahan yang khas menjadikanya sebagai salah satu Makanan Khas Kota Bontang yang sayang untuk kalian lewatkan.

Perpaduan rasa asin dan pedas akan membuat kalian tak berhenti melahapnya.
Terlebih lagi tekstur dari daging udang dan cumi ini terasa empuk saat dikunyah. Untuk satu porsi Cumi dan Udang Bakar kuliner Bontang, seharga 45.000-100.000 rupiah.

Baca juga ya :

4. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor, Makanan Khas Kota Bontang

Nasi Bekepor, Makanan Khas Kota Bontang – sumber: Liputan6.com

Bontang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Timur dan ada kuliner khas Kalimantan Timur khusunya menjadi Makanan Khas Kota Bontang yaitu Nasi Bekepor. Nasi ini adalah nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah dan dimasak dengan alat masak khusus.

Nasi Bekepor ini, disajikan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur. Sayurnya sendiri diolah dengan ikan air tawar seperti ikan patin atau gabus dan ditambah juga ubi manis.

5. Kepiting Saos Merah, Makanan Khas Kota Bontang yang menggoda Selera

Kepiting Saos Merah, Makanan Khas Kota Bontang

Kepiting Saos Merah, Makanan Khas Kota Bontang – sumber: TripAdvisor.com

Wisata kuliner lainnya dari Kota Bontang dan menjadi Makanan Khas Kota Bontang adalah Kepiting Saos Merah. Makanan ini terbuat dari kepiting yang dibelah dan dilumuri dengan bumbu seperti cabai, tomat dan lainnya.

Apabila kalian mencicipi kuliner ini akan terasa perpaduan rasa asin, manis, asam dan juga pedas. Harganya sekitar 60.000-80.000 rupiah per porsinya. Harga ini sangat sepadan dengan kelezatan yang ditawarkan. Banyak wisatawan yang mencari keping saus merah ini untuk dicoba rasanya.

6. Sambal Gammi, Sambal Khas Kota Bontang

Sambal Gammi, Makanan Khas Kota Bontang

Sambal Gammi, Makanan Khas Kota Bontang – sumber: Tribunnews.com

Sambal Gammi adalah salah satu Makanan Khas Kota Bontang. Sambal Gammi ini terbuat dari gula merah, irisan bawang merah dan cabai yang disiram dengan minyak panas. Kemudian Sambal Gammi ini paling cocok disantap dengan nasi putih dan ikan bakar baronang atau pun ikan putih bakar khas Kota Bontang.

Penyajiannya yang unik di atas cobek dalam keadaan masih mendidih atau panas berasap. Alasan ditaruh di atas cobek untuk tetap mempertahankan panasnya. Jadi, jangan kaget apabila saat menikmati Sambal Gammi ini kalian melihat gelembung dan asap di atas hidangan ini.

Harga Satu Porsi Sambal Gammi Khas Kota Bontang

Untuk bisa mencicipi kuliner Sambal Gammi yang lezat ini, kalian harus merogoh kocek sebesar 15.000-25.000 rupiah per porsinya.

Lokasi Wisata Kuliner Khas Kota Bontang

Kota Bontang berada di Kalimantan Timur, tepatnya 120 KM dari Kota Samarinda. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 jam perjalanan dari Balikpapan dan 2,5 jam dari Samarinda. Untuk sampai di Kota Bontang, kalian harus melewati jalan berkelok dan pemandangan hutan asli di kiri-kanan jalan.

Sumber: belanga.id, bontangpost.id, pangkyaditya.blogspot.com

Leave a Reply